Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Kapan Waktu yang Cocok untuk Ganti Ban Motor?

 

Saat salah satu atau kedua ban rusak, maka tentunya ini akan mempengaruhi kinerja sepda motor Anda dengan sangat signigikan.

Autos.id  –  Karena, ban motor adalah satu-satunya titik di mana kendaraan melakukan kontak langsung dengan tanah. Sehingga, jika ban rusak mungkin pengalaman berkendara anda jadi tidak nyaman, atau malah harus berhenti sepenuhnya.

Bahkan, jika Anda memiliki motor terbaikpun, jika ban motor rusak atau sudah mulai menunjukkan gejala rusak, maka harus langsung diganti.

Jika Anda awalnya masih awam tentang gejala ban yang sudah rusak, beriku kami berikan lima tanda-tanda ban motor yang harus diganti.

Keausan

Salah satu cara untuk mengetahui apakah ban sepeda Anda perlu diganti adalah dengan melihat keausannya. Jika Anda menggunakan sepeda motor di tempat-tempat yang kasar misal di jalan tanpa aspal atau kubangan terlalu sering, maka ban Anda akan cepat aus.

Keausan adalah salah satu indikator paling umum bahwa ban Anda tidak lagi tepat untuk digunakan. Untuk membantu Anda memahami hal ini, cari tanda Indikator Keausan Ban di bagian samping ban. Anda bisa melihat adalah tanda panah segitiga yang mengelilingi ban, jika tanda ini sudah hilang maka ban sudah benar-benar aus.

Tapak Ban dengan Aus Tidak Merata

Keausan tapak yang tidak rata juga adalah salah satu yang Anda harus waspadai. Ada kalanya ban dengan tapak seperti ini mungkin tidak benar-benar aus tetapi mungkin masih perlu perhatian khusus dari Anda. Bentuk ban memainkan peran besar dalam menentukan apakah ban masih cocok untuk digunakan atau tidak. Jika Anda melihat aus berbentuk kotak pada ban Anda, maka itulah yang disebut keausan yang tidak merata.

Ban Bergelumbung

Indikator lain yang perlu Anda waspadai adalah ban yang bergelembung, yang terutama terjadi pada ban depan. Jika kondisi seperti ini, kerusakan pada tapak ban seperti ini biasanya sudah akan terasa langsung. Bahkan, Masalah ini bisa berbahaya dan menyebabkan masalah pada stabilitas dan kontrol dari motor. Jadi, jika Anda melihat ban bergelembung dari samping, inilah saatnya untuk menggantinya dengan ban baru.

Terlalu Banyak Luka dan Tusukan

Jika ban sepeda Anda terlalu banyak bocor atau sobek, jangan hanya terus menerus menambalnya saja. Anda perlu mencari set ban baru. Akan lebih baik untuk segera mengganti roda tersebut karena kerusakan dapat membuat roda tidak layak untuk digunakan. Selain itu, mengemudi dengan ban tersebut akan mempengaruhi kinerja kendaraan dan kualitas berkendara serta membahayakan keselamatan.

Usia Ban

Meskipun Anda tidak melihat kerusakan yang terlihat pada kendaraan Anda, bukan berarti ban tersebut layak untuk digunakan. Jika Anda ingin ban dapat digunakan untuk masa depan, pertimbangkan usianya. Sebagian besar merek ban menyarankan penggantian ban setiap lima tahun. Karena pada periode tertentu, Minyak dalam karet menguap, menyebabkan karet mengeras seiring waktu.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Aksesoris

Memiliki kualitas jempolan, pihak Michelin memastikan bahwa tidak akan menjual ban dengan harga murah di Indonesia. Autos.id – Dikenal dengan kualitas top dunia, ban...

Aksesoris

Tak hanya prototipe Lunar Rover Tire, Bridgestone Indonesia juga pamerkan line-up terbaik di GIIAS 2022. Autos.id – Bridgestone Indonesia (PT Bridgestone Tire Indonesia) yang...

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Tips

Tidak peduli seberapa terampil Anda berkendara, pasti tetap ada saja kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan orang lain. Autos.id  – Umumnya, kesalahan-kesalahan terjadi lebih...