Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Kabel Kopling Motor Putus Saat Perjalanan? Begini Trik Daruratnya

Kopling motor.
Kopling motor. (Sumber: Evalube)

Kabel kopling merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor.

Autos.id – Ketika sedang dalam perjalanan dengan sepeda motor, situasi darurat dapat terjadi, termasuk kejadian di mana kabel kopling putus. Kabel kopling adalah komponen penting yang menghubungkan tuas kopling dengan kopling motor, memungkinkan pengendara untuk mengoperasikan kopling dengan baik.

Trik Tanpa Ganti Kabel Kopling

Ketika kabel kopling putus, hal itu dapat menyebabkan kesulitan dalam mengoperasikan kopling dan menjaga kontrol atas kendaraan. Namun, ada beberapa trik darurat yang dapat dilakukan jika menghadapi masalah ini saat dalam perjalanan. Berikut adalah triknya:

Kabel kopling motor.

Kabel kopling motor. (Sumber: Trial Game 76)

1. Menyesuaikan Posisi Tuas Kopling

Jika kabel kopling putus, cobalah untuk menyesuaikan posisi tuas kopling agar tetap terhubung dengan kopling motor. Caranya, putar tuas kopling ke posisi tertentu yang membuat kopling tetap terkunci atau terhubung. Ini akan memungkinkan Anda untuk tetap menjalankan kendaraan tanpa harus menggunakan kopling saat mengganti gigi.

2. Menggunakan Teknik Penggantian Gigi Tanpa Kopling

Dalam situasi darurat di mana kabel kopling putus, teknik penggantian gigi tanpa kopling bisa menjadi solusi sementara. Teknik ini melibatkan penyesuaian putaran mesin dan tekanan gigi untuk mengganti gigi tanpa menggunakan kopling.

Untuk naik gigi, turunkan akselerasi, lepaskan sedikit gas, dan secara perlahan geser tuas persneling ke gigi yang diinginkan. Untuk turun gigi, kurangi gas, dan secara perlahan geser tuas persneling ke gigi yang diinginkan. Teknik ini membutuhkan latihan dan keahlian untuk dilakukan dengan lancar, jadi berlatihlah dengan baik sebelum menghadapi situasi darurat.

Baca juga: Tips Menyetel Kopling Motor Biar Lebih Nyaman

Bagaimana jika keadaan malah memburuk?

Penting untuk diingat bahwa trik darurat ini hanya untuk situasi darurat sementara. Dan jika keadaan belum membaik, sebaiknya pengendara melakukan dua hal berikut:

1. Menggunakan Kabel Kopling Darurat Cadangan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, selalu disarankan untuk membawa kabel kopling darurat cadangan sebagai persiapan darurat. Kabel kopling cadangan dapat dibeli di toko suku cadang motor atau bengkel. Jika kabel kopling putus, Anda dapat mengganti kabel yang rusak dengan kabel kopling darurat cadangan ini. Penting untuk mempelajari cara mengganti kabel kopling dengan benar atau mendapatkan bantuan dari mekanik terampil jika diperlukan.

2. Menghubungi Bantuan Darurat atau Mekanik

Jika tidak memiliki keterampilan atau peralatan yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini sendiri, penting untuk tidak mengambil risiko yang berbahaya. Dalam situasi seperti ini, yang terbaik adalah menghubungi bantuan darurat seperti layanan derek atau memanggil mekanik terdekat. Mereka akan dapat membantu dalam menangani masalah kabel kopling yang putus dengan aman dan efisien.

Baca juga: Tips Merawat Lampu Projector Motor

Ciri-ciri kabel kopling motor akan putus.

Ciri-ciri kabel kopling motor akan putus. (Sumber: Kompas)

Penyebab Kabel Kopling Motor Putus

Kabel kopling motor dapat mengalami kegagalan atau putus karena beberapa alasan. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum kabel kopling motor putus:

1. Keausan atau Kerusakan Kabel

Seiring waktu, kabel kopling dapat mengalami keausan atau kerusakan karena penggunaan yang berulang. Kabel yang aus atau rusak dapat menjadi rapuh dan rentan putus saat diberikan tekanan atau tegangan.

2. Kekencangan yang Salah

Jika kabel kopling terlalu kencang atau terlalu longgar, dapat menyebabkan kelelahan pada kabel yang akhirnya menyebabkan putus. Kekencangan yang tidak tepat juga dapat mempengaruhi kinerja kopling secara keseluruhan.

3. Kontak dengan Bagian-Bagian Tertentu

Kadang-kadang kabel kopling dapat bersentuhan atau tergesek dengan bagian-bagian lain di sepeda motor, seperti rangka atau bagian mesin yang tajam. Gesekan yang berulang ini dapat menyebabkan keausan dan kerusakan pada kabel, akhirnya menyebabkan putus.

Baca juga: Alami Ban Motor Bocor Pada Bagian Pentil? Begini Solusinya

4. Ketegangan Eksternal yang Berlebihan

Terkadang, ketegangan eksternal yang berlebihan dapat menyebabkan kabel kopling putus. Hal ini bisa terjadi jika kabel terjepit atau terkena tekanan yang kuat secara tiba-tiba, misalnya ketika sepeda motor terjatuh atau terlibat dalam kecelakaan.

5. Kualitas Kabel yang Buruk

Kualitas kabel kopling yang buruk atau tidak berkualitas rendah juga dapat menjadi penyebab kabel putus. Kabel yang tidak memenuhi standar atau terbuat dari bahan yang lemah cenderung lebih rentan terhadap kegagalan.

6. Kurangnya Perawatan

Kurangnya perawatan atau pemeliharaan yang baik terhadap kabel kopling juga dapat menyebabkan putusnya kabel. Periksa secara berkala keadaan kabel kopling dan pastikan untuk membersihkannya dari kotoran atau pelumas yang berlebihan.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Autos.id – Honda merilis motor skuter matik (skutik) terbarunya bernama New Honda Giornio+. Tetapi, motor skutik tersebut merilisnya di Thailand, belum ke Indonesia. Melansir...

Komparasi

Last updated on 6 Juni, 2024 Autos.id – Di tengah gemuruh jalan raya, motor cruiser telah mengukir namanya sebagai simbol kebebasan dan petualangan. Dengan...

Motor

Autos.id – Sebagai negara yang berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih, Indonesia semakin memperhatikan penggunaan kendaraan listrik....

Yadea

Autos.id – Dalam era di mana kesadaran akan dampak lingkungan semakin meningkat, transportasi berkelanjutan menjadi lebih dari sekadar tren, tetapi sebuah kebutuhan mendesak. Kendaraan...

error: Content is protected !!