Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Jangan Sembarangan Parkir, Begini Tips Parkir Mobil Yang Benar!

tips parkir mobil

Tips parkir mobil rupanya masih sering disepelekan terutama bagi pengemudi pemula. Salah satunya ialah memperhatikan ruang parkir dan posisi mobil.

Jakarta, Autos.id – Memarkir mobil adalah hal mutlak yang dilakukan oleh semua pemilik mobil. Sayangnya, sebagian pengemudi mobil mengalami kesulitan dalam hal ini. Penyebabnya pun beragam satu diantaranya karena tak mengindahkan tips parkir mobil yang benar.

Selain itu, tak sedikit pengemudi yang sembarangan memarkir mobil dan akibatnya justru membahayakan pemilik kendaraan dan pengemudi lain. Oleh karena itu, setiap pengemudi setidaknya harus menguasai satu elemen dasar dalam memarkir mobil.

Lebih dari itu seorang pengemudi pemula harus ekstra hati-hati saat pertama kali belajar memarikir mobil. Hal ini perlu diperhatikan bila tidak ingin mendapati goresan pada mobil kesayangan.

parkir mobil yang benar

Lantas, bagaimana caranya memarkir mobil yang benar agar tidak menimbulkan hal-hal yang merugikan? Berikut ada beberapa tips parkir mobil paling tepat seperti yang dilansir dalam laman Viva.co.id (10/10/2017).

Tips pertama yang sebaiknya diperhatikan oleh setiap pengemudi pemula ialah menilai jarak tempat parkir mobil. Dalam hal ini setiap pengemudi harus mampu memprediksi lebar area pakir yang dibutuhkan mobil.

“Bila sudah, mundurlah perlahan-lahan. Pastikan Anda memberi jarak pada sisi belakang dan samping mobil agar tak mengalami kesulitasn saat keluar dari dalam mobil”

Tips kedua untuk pengemudi pemula sebaiknya amati keadaan sekitar area parkir. Anda dapat mengamati hal ini lewat spion dan area bahu. Pastikan pula keadaan bagian belakang mobil pada saat memarkirnya.

Tips parkir mobil ketiga, saat memarkir jangan terlalu mengandalkan sensor parkir yang memandu parkir Anda. Pasalnya, sensor tersebut bisa saja tidak akurat sehingga justru membingungkan Anda. Lebih dari itu, sebaiknya hindari mengerem mobil mendadak saat mencari tempat parkir.

Para pengemudi pemula juga harus senantiasa berhati-hati saat mencari tempat parkir mobil yang lebih aman dan luas. Sehingga mobil yang kita parkir tidak berhimpitan dengan mobil lain yang mengakibatkan mobil susah keluar dari area parkir.

Tips lain yang bisa Anda terapkan ialah memperhatikan posisi mobil yang sedang diparkir. Posisi parkir mobil yang tepat ialah tegak lurus dengan tetap menyamakan posisi kaca spion mobil dengan mobil yang berada di samping.

Tips parkir mobil terakhir ialah pastikan bumper bagian depan mobil berada dekat dengan pembatas area parkir. Dengan cara ini, mobil akan lebih mudah keluar dari area parkir. Anda juga lebih mudah keluar dari dalam mobil. Bila Anda ingin parkir dengan posisi mobil miring perhatikan arah kemiringan mobil. Parkir dengan posisi miring mengharuskan pengemudi menyerongkan mobil hingga 45 derajat

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 3 Juni, 2024 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!