Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Jangan Sampai Jadi Korban Pencurian Spion Mobil, Begini Tipsnya

Spion mobil.
Spion mobil. (Sumber: Pixabay)

Last updated on 6 Juli, 2023

Bagi para pemilik mobil, salah satu hal yang perlu dihindari adalah jadi korban pencurian spion.

Autos.id – Pencurian spion mobil masih sering terjadi di negara ini. Beberapa pencuri memiliki alasan nekat mengambil spion mobil karena mudah didapatkan dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Sebenarnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah tindakan pencurian spion. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat merasa lebih tenang ketika meninggalkan mobil Anda di tempat parkir.

Ilustrasi spion mobil.

Ilustrasi spion mobil. (Sumber: Pixabay)

Posisi Parkir

Salah satu hal yang menjadi perhatian utama bagi para pencuri spion mobil adalah lokasi parkir mobil Anda. Jika mobil Anda diparkir di dalam garasi yang tertutup, kemungkinan para pencuri akan memilih target lain karena risikonya lebih tinggi. Namun, jika Anda harus memarkirkan mobil di tempat parkir umum yang terbuka, kemungkinan mobil Anda menjadi sasaran pencurian spion lebih tinggi.

Jika memang harus memarkirkan mobil di tempat parkir umum, carilah tempat parkir resmi yang dijaga oleh pihak penyedia layanan parkir. Meskipun biayanya sedikit lebih mahal, namun biasanya mobil akan lebih aman dari tindakan jahat. Atau Anda juga dapat memberikan mobil Anda secara khusus kepada penjaga parkir, tetapi jangan lupa memberikan tip.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Cek Ranmor DKI Jakarta

Pasang Penutup Mobil dan CCTV

Masih terkait dengan parkir, jika Anda terpaksa harus selalu memarkirkan mobil di depan rumah, sebaiknya Anda membeli penutup atau sarung mobil dan juga memasang kamera pengawas atau CCTV. Penutup mobil tidak hanya melindungi cat mobil dari hujan dan panas, tetapi juga membuat pencuri spion menjadi lebih sulit saat beraksi.

Sementara itu, CCTV tidak hanya berfungsi untuk mengawasi mobil, tetapi juga berguna untuk mengintimidasi pencuri spion. Jika seorang pencuri melihat ada CCTV yang dipasang, ia pasti akan berpikir dua kali untuk mencuri spion mobil Anda.

Baca juga: Trik Hemat Ganti Kaca Spion

Melipat Spion Mobil saat Parkir

Ketika memarkirkan mobil, jangan lupa untuk melipat kedua kaca spion. Meskipun beberapa mobil terbaru dilengkapi dengan fitur otomatis yang melipat kaca spion saat mobil dikunci, tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa kaca spion sudah terlipat sebelum meninggalkan tempat parkir.

Dengan kaca spion terlipat, pencuri spion akan menghadapi kesulitan dalam merusaknya secara paksa. Selain itu, ruang gerak pencuri juga akan terbatas jika kaca spion dalam keadaan terlipat ke dalam.

 

Menggrafir Kaca Spion Mobil

Cara lain untuk mencegah pencurian spion mobil Anda adalah dengan menggrafir kaca spion dengan nomor pelat mobil Anda. Kaca spion yang telah digrafir memiliki nilai jual yang rendah atau bahkan tidak laku dijual, sehingga pencuri akan kurang tertarik untuk mencurinya.

Ilustrasi pencurian spion mobil.

Ilustrasi pencurian spion mobil. (Sumber: Jurnal Security)

Atur Sensitivitas Alarm Mobil

Cara kelima adalah dengan mengatur sensitivitas alarm mobil Anda. Beberapa mobil dilengkapi dengan fitur keamanan seperti alarm yang dapat diatur tingkat sensitivitasnya.

Coba atur tingkat sensitivitas alarm pada tingkat tertinggi saat mobil diparkir di luar atau di tempat umum, sehingga ketika ada getaran sedikit saja, alarm mobil akan berbunyi dengan keras.

Baca juga: Tips Merawat Kaca Spion Mobil

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!