Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Jangan Panasin Motor Dalam Ruangan!

Ilustrasi starter sepeda motor.
Ilustrasi starter sepeda motor. (Sumber: Envato Elements-DragonImages).

Memanaskan sepeda motor sebelum digunakan adalah hal yang biasa dilakukan, namun ada pula hal yang perlu dihindari.

Autos.id – Memanaskan mesin sepeda motor masih menjadi sebuah upaya rutin yang masih dilakukan oleh sebagian masyarakat. Hal ini penting untuk dilakukan agar minyak pelumas dapat bekerja sesuai fungsi yaitu untuk melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memanaskan mesin sepeda motor. Salah satunya adalah tempat atau lokasi. Pilihlah lokasi yang lapang dan jangan terlalu dekat dengan tembok.

Hal tersebut, khusus untuk kendaraan roda dua yang produksi pada masa kini. Kenyataannya, saat pemanasan, lampu utama akan secara otomatis menyala begitu mesin dihidupkan.

Ilustrasi memanaskan mesin sepeda motor.

Ilustrasi memanaskan mesin sepeda motor. (Sumber: AHM)

Alasannya

Diambil dari berbagai sumber, pantulan cahaya pada dinding tembok dapat merusak atau menyebabkan bagian mika pada lampu depan motor meleleh karena terlalu panas.

Jika motor ditempatkan terlalu dekat dengan temboknya, tingkat panasnya akan memantul kembali ke reflektor dari lampu itu.

Komponen motor modern sudah cukup siap untuk bekerja setelah mesin hidup. Oleh karena itu, jangan terlalu lama dalam hidupkan mesin motor karena dapat mengakibatkan reflektor meleleh dan bohlam putus. Durasi yang direkomendasikan hanya 3-5 menit saja.

Ilustrasi emisi dari knalpot sepeda motor.

Ilustrasi emisi dari knalpot sepeda motor. (Sumber: Shutterstock)

Jangan di Dalam Ruangan

Sepeda motor perlu dipanaskan sebelum digunakan, tetapi tidak disarankan untuk dilakukan di dalam ruangan. Hal ini karena gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan umumnya mengandung berbagai bahan berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan, seperti gas karbon monoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan timbal.

Panas yang dihasilkan tidak terbuang ke luar ruangan, melainkan mengumpul di dalamnya. Tentu saja hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, terutama anak-anak.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Motor

Salah satu merek sepeda motor yang familiar di Indonesia adalah Suzuki, yang mana produk-produknya memiliki pelanggan loyal tersendiri. Autos.id – Suzuki adalah perusahaan Jepang...

Tips

Banyak masyarakat yang menikmati libur panjang saat Imlek karena cuti bersama, namun ada tips meninggalkan sepeda motor yang tidak boleh dilewatkan. Autos.id – Cuti...

Motor

Honda adalah salah satu produsen sepeda motor yang berbagai modelnya laris di pasar Indonesia. Autos.id – 2022 akan segera berakhir, dimana berbagai merek atau...

Aksesoris

Cruise control memang dianggap oleh beberapa orang sebagai fitur mewah pada tur high-end, sport-touring, dan sepeda motor petualangan. Autos.id – Tentunya ini juga bagi sebagian orang...