Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Ini Yang Harus Anda Lakukan Saat Tekanan Ban Mobil Turun!

Last updated on 10 Maret, 2022

Mobil Anda memiliki beberapa sinyal peringatan, dan Anda tidak boleh mengabaikan satu pun dari mereka.

Jakarta, Autos.id  –  Simbol TPMS adalah sinyal peringatan untuk tekanan ban, dan seperti namanya, sinyal atau lampu peringatan ini memberi tahu Anda jika tekanan ban Anda menurun. Ikon tekanan ban biasanya berupa huruf TPMS, atau bisa juga berupa tanda seru di dalam ban.

Segera setelah lampu mulai menunjukkan simbol ini, itu berarti tekanan ban rendah pada satu atau lebih ban.

Kisaran optimal untuk tekanan ban adalah antara 30 dan 35 pon per inci persegi. Lampu peringatan tekanan ban umumnya menyala ketika tekanan ban 10% lebih rendah dari kisaran yang direkomendasikan. Dimana memang sulit bagi kita untuk mengecek tekanan ban dengan mata telanjang.

Apakah Penurunan Tekanan Ban Normal?

Penurunan tekanan ban adalah normal, dan Anda tidak perlu khawatir jika itu terjadi. Umumnya, ban mobil secara alami kehilangan tekanan udara hingga satu pon setiap bulannya. Namun, di musim dingin, Anda akan menemukan bahwa tekanan ban lebih rendah di musim dingin atau hujan daripada di musim lainnya.

Alasan di balik ini adalah bahwa cuaca dingin berpengaruh pada tekanan ban, dan ban kehilangan satu pon tekanan udara untuk setiap penurunan suhu 10 derajat.

Jika Anda secara teratur mengisi udara di ban Anda, namun sensor tetap menyala mungkin saja terjadi salah satu dari dua hal berikut: Sensor TPMS Anda tidak berfungsi dengan baik, atau Kebocoran terjadi pada ban Anda karena kerusakan.

TPMS

Dalam skenario seperti itu, Anda harus pergi ke bengkel dan menyelesaikan problem diatas.

Bisakah Anda mengemudi dengan tekanan ban rendah?

Tidak disarankan mengemudi dengan tekanan ban rendah. Jika Anda mengemudi saat tekanan ban sangat rendah, Anda berisiko mengalami ban pecah dan menyebabkan kecelakaan. Sehingga, usahakan untuk selalu mengisi angin ban secara teratur.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Tekanan Ban Rendah?

Banyak mobil modern dilengkapi dengan teknologi yang memberi tahu Anda ban mana yang memiliki tekanan rendah atau bahkan tekanan setiap ban. Namun, ada juga mobil yang hanya akan memberi tahu Anda ketika satu atau lebih ban Anda memiliki tekanan rendah. Untuk mengetahui ban mana yang memiliki tekanan rendah, Anda perlu memiliki alat pengukur tekanan ban, yang dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran.

Pengukur tekanan ban adalah alat yang sangat efektif dan membantu dan sangat mudah digunakan. Anda cukup memasukkannya ke dalam katup udara ban, dan pengukur akan menunjukkan tekanan setiap ban kepada Anda.

Akibat-Tekanan-Ban-Terlalu-Rendah-Dapat-Berujung-Pada-Kerusakan-

Kesimpulan

Disarankan agar Anda memeriksa semua tekanan ban dan memastikannya berada dalam kisaran optimal. Jika ada ban yang tekanannya rendah, segera isi dengan udara. Indikator akan mati segera setelah Anda memperbaiki situasi tekanan ban.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga