Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Ini Cara Memilih Pelumas Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda!

Dalam memilih pelumas untuk kendaraan, sebaiknya memperhatikan anjuran dari buku manual dari pabrikan

Jakarta, Autos.id – Sebagai salah satu komponen wajib penunjang performa kendaraan, oli mesin hadir dalam beragam pilihan jenis dan tipe. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menghadirkan oli dengan merek global Suzuki ECSTAR untuk kendaraan Suzuki dengan standar internasional. Suzuki ECSTAR pun hadir dengan beragam pilihan jenis dan tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan.

Walaupun ada beragam pilihan jenis dan tipe oli mesin, menurut Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIS, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan, yaitu:

  1. Perhatikan Spesifikasi Kendaraan

Untuk mengetahui spesifikasi oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan, pemilik kendaraan dapat melihat pada buku manual kendaraan terkait rekomendasi penggunaan pelumas. Di buku manual serta konsultasi dengan bengkel resmi, pemilik kendaraan dapat mengetahui jenis dan spesifikasi pelumas dengan standar rekomendasi pabrik yang paling sesuai.

  1. Perhatikan Sertifikasi Pelumas yang Dipilih

Setiap merek yang menawarkan produk oli mesin harus mengantongi izin atau sertifikasi dengan standar terbaik. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi pelumas kendaraan antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO. Untuk ECSTAR, Suzuki mengantongi sertifikasi API Service hingga “SN”, yang merupakan standar kualitas pelumas yang diakui oleh API (American Petroleum Standard).

  1. Perhatikan Tingkat Kekentalan Pelumas

Kekentalan oli mesin dapat menunjukkan seberapa mudah oli mengalir hingga melapisi bagian komponen mesin. Kekentalan pelumas diidentifikasi oleh SAE (Society of Automotive Engineer), dan biasanya kode yang diakhiri dengan huruf W pada nama oli dengan angka yang berbeda-beda menunjukkan tingkat kekentalan pelumas. Kode huruf W sendiri adalah singkatan dari Winter, yang digunakan sebagai acuan bahwa oli mengalir dari kondisi dingin.

Sedangkan perbedaan angka menunjukkan perbedaan spesifikasi dan peruntukan mesinnya. Tingkat kekentalan oli mesin pun terbagi menjadi encer, sedang, dan kental. Kekentalan oli yang rendah atau encer membuat oli lebih mudah mengalir untuk melumasi sehingga dapat melindungi komponen mesin pada saat suhu rendah, sedangkan kekentalan oli yang tinggi biasanya akan lebih baik dalam mempertahankan kinerja pelumas pada saat suhu mesin tinggi.

Menurut Christiana Yuwantie, pemilihan oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kendaraan dapat membantu mengoptimalkan kinerja kendaraan itu sendiri dan menjaga usia komponen dalam mesin agar lebih lama.“Oli mesin berfungsi untuk melumasi permukaan komponen mesin, mengurangi gesekan antar komponen dan mempengaruhi usia pakai kendaraan sehingga harus benar-benar memilih yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin kendaraan,” tutup Christiana Yuwantie.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Harga mobil terbaru dari Suzuki yang di jual di Indonesia ini merupakan harga resmi dari ATPM PT Suzuki Indomobil Sales dan berlaku harga On...

Berita Otomotif

Last updated on 29 Januari, 2023 Pelatihan ini diberikan saat seremoni pencapaian 3 juta unit mobil Suzuki Bekasi, Autos.id  – Sebagai salah satu perusahaan...

Berita Otomotif

Produk lokal tetap menjadi kontribusi utama penjualan Suzuki sepanjang tahun 2022 Jakarta, Autos.id  – Tahun 2022 PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mencatat penjualan...

Berita Otomotif

Last updated on 10 Januari, 2023 Fitur Engine Auto Start-Stop dapat mengurangi penggunaan bahan bakar dikala tidak diperlukan selama perjalanan. Jakarta, Autos.id  – Penggunaan...