Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Hindari Kebakaran Mobil Perhatikan Ini

Kebakaran mobil akhir-akhir ini menjadi momok manakutkan. Untuk mencegah hal tersebut, periksa dengan sistem kelistrikan yang ada pada mobil Anda.

Jakarta, Autos.id – Mobil tidak hanya bisa terbakar karena kerusuhan atau huru-hara di jalan raya. Namun sebagai unit yang memiliki sistem eletrikal, kesalahan perakitan dapat menimbulkan kebakaran pada mobil.

Untuk itu pera pengguna mobil sebaiknya memperhatikan dengan serius sistem kelistrikan mobil sehingga tidak menimbulkan hal yang mengerikan tersebut.

“Salah satu penyebab kebakaran adalah lompatan bunga api akibat kebocoran kabel busi yang kurang baik kondisinya, untuk itu pengguna perlu sering memeriksa komponen ini”

Berikut beberapa tips mencegah mobil agar terhindar dari kebakaran :

Salah satu penyebab kebakaran adalah lompatan bunga api akibat kebocoran kabel busi yang kurang baik kondisinya, untuk itu pengguna perlu sering memeriksa kompnen ini. Hindari sambungan (jumper) sekering dengan kawat atau kabel biasa karena ukuran kekuatan tidak akurat sehingga bisa menimbulkan panas pada kabel listrik.

Perhatikasn sistem kelistrikan mobil

Jangan lupa merawat bantalan-bantalan (bearing) yang terbuka seperti bearing untuk penyetelan ketegangan V-belt, karena jika bearing tidak bekerja dengan sempurna dapat menimbulkan panas, bahkan bisa pula timbul bunga api, akibat gesekan. Isolasikan dengan baik sambungan-sambungan kabel listrik.

Sambungan-sambungan seperti slang atau pipa bisa menjadi titik rawan. Karena itu, periksalah selalu dan segera ganti apabila ditemukan kerusakan atau kebocoran. Periksa juga klem-klem pada ujung slang atau pipa bensin, di tangki, di fuel filter, fuel pump, terutama klem slang atau pipa setelah mendapat tekanan dari fuel pump.

Hindari juga kebiasaan yang berisiko, seperti menggunakan korek api sebagai penerang sewaktu terjadi kerusakan kendaraan. Pada buku petunjuk (manual) kendaraan biasanya dianjurkan menggunakan lampu darurat portable atau flash light (lampu baterai) untuk menghindari sumber api.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Kondisi mesin yang mengalami overheat seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil. Terlebih lagi jika masalah overheat ini terjadi pada saat sedang melakukan...

Tips

Memilih helm untuk dipakai dalam aktivitas harian tidak mudah tapi juga tidak sulit, dan tipsnya ada di artikel ini. Autos.id – Dalam memilih helm...

Tips

Last updated on 15 Oktober, 2022 Asap yang keluar berlebihan pada motor adalah tanda adanya kerusakan di bagian dalam mesin dan masalah ini harus...

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...