Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Servis Mobil Mudik Kapan Waktu yang Tepat?

Ilustrasi mudik menggunakan mobil.
Ilustrasi mudik menggunakan mobil. (Sumber: Cekaja)

Servis mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah hal yang penting agar lancar di perjalanan.

Autos.id – Bulan Ramadan sudah di depan mata. Ini adalah waktu yang tepat bagi para pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi untuk mempersiapkan kendaraan mereka.

Mobil pribadi masih menjadi alternatif yang populer untuk perjalanan mudik, dan banyak orang bahkan membeli mobil baru untuk digunakan pada musim mudik tahun ini. Namun, sebelum memulai perjalanan, sangat penting untuk melakukan servis kendaraan terlebih dahulu.

Pastikan untuk melakukan servis kendaraan jauh-jauh hari sebelum perjalanan, terutama untuk mobil yang usianya di atas lima tahun. Mengapa? Karena perjalanan mudik yang jauh membutuhkan mobil yang prima untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Ilustrasi servis mobil untuk mudik.

Ilustrasi servis mobil untuk mudik. (Sumber: Cintamobil)

Kapan Waktu Servis Terbaik Jelang Lebaran?

Berdasarkan beberapa sumber, waktu yang ideal untuk mempersiapkan mobil Anda adalah minimal dua minggu sebelum hari-H, terutama jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan mudik. Hal ini bertujuan untuk menghindari antrean panjang di bengkel, karena semakin dekat dengan hari raya, semakin banyak orang yang melakukan servis mobil untuk perjalanan mudik.

Dengan memiliki waktu yang cukup, Anda dapat memastikan bahwa persiapan servis mobil dilakukan dengan baik dan tidak ada hal yang terlupa atau terlewat. Lalu, apa saja yang perlu lakukan untuk memastikan mesin mobil siap untuk perjalanan mudik?

Perlu ingat bahwa selain situasi lalu lintas yang cenderung padat dan terkadang menyebabkan kemacetan, kondisi mesin mobil yang prima dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya masalah teknis dan kerusakan selama perjalanan.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan servis kendaraan tepat waktu dan memastikan bahwa mobil Anda siap untuk menempuh perjalanan mudik dengan aman dan nyaman.

Ilustrasi cek servis mobil untuk mudik.

Ilustrasi cek servis mobil untuk mudik. (Sumber: Autofun)

Apa Saja yang Perlu Cek?

Salah satu hal yang paling penting untuk diperiksa adalah kondisi mesin mobil. Pastikan bahwa mesin tidak mengalami kerusakan atau masalah teknis apa pun sebelum melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, bagian kaki-kaki mobil juga perlu diperiksa. Kondisi kaki-kaki yang prima dan kuat sangat penting untuk menempuh jalur mudik yang tidak bisa diprediksi.

Cek oli mesin, minyak rem, cairan radiator dan berbagai cairan dan oli lainnya. Pastikan semua masih sesuai takaran dan isi ulang apabila berkurang.

Pengecekan ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk mobil bekas, tetapi juga untuk mobil baru sebelum melakukan perjalanan jauh. Dengan melakukan pemeriksaan yang teliti, harapannya perjalanan mudik menjadi lebih aman dan menyenangkan, serta bisa tiba di kampung halaman dengan selamat.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

Daftar Harga Mobil

Perkembangan industri otomotif, khususnya mobil, di Tiongkok turut berimbas ke Indonesia, bagaimana dengan harganya saat ini? Autos.id – Industri otomotif di Indonesia semakin ramai...

Mobil

Last updated on 6 Desember, 2023 Mazda2 merupakan salah satu mobil yang menarik, dan mobil bekasnya masih banyak dicari. Autos.id – Mazda2 lahir sebagai...

error: Content is protected !!