Tips

Buru-buru Mudik Tapi Mesin Kendaraan Susah Menyala, Tengok Ini!

mesin kendaraan tidak menyala

Mau pulang kampung tapi tiba-tiba mesin kendaraan susah menyala?Apa yang akan Anda lakukan? Eits, ternyata tak perlu terburu-buru ke bengkel lho!

Jakarta, Autos.id – Sebelum pulang kampung salah satu kegiatan yang disarankan banyak orang adalah mengecek kondisi kendaraan. Hal ini memang benar adanya. Mengingat perjalanan mudik terkadang membutuhkan waktu lama dan jarak tempuh yang panjang. Tapi, bagaimana bila kita sudah melakukan pengecekan namun masih ada yang terlewat. Apalagi bila kita buru-buru mau pulang kampung, tiba-tiba pada saat menyalankan kendaraan justru yang terjadi mesin kendaraan susah menyala.

Panik barangkali adalah yang pertama kali Anda rasakan ketika sedang terburu-buru namun kendaraan susah distarter. Bila sudah begini, kendaraan bisa dipastikan mengalami mogok. Memang selain mengganggu agenda pulang kampung Anda, kejadian tersebut juga membuat resah sebagian besar orang.

Biasanya, pemilik kendaraan akan mencurigai kondisi aki sebagai penyebab mesin kendaraan susah menyala. Sayangnya, tanpa memastikan dahulu banyak orang yang kemudian terburu-buru memanggil jasa service kendaraan. Bahkan ada pula yang langsung mencopot bagian aki kemudian membawanya ke tempat charge aki terdekat.

mesin kendaraan tidak menyala bisa jadi bukan karena akinya

mesin kendaraan tidak menyala bisa jadi bukan karena akinya

Bila Anda berada di posisi tersebut, sebaiknya jangan panik dan jangan terburu-buru untuk memanggil tukang service bahkan langsung mencopot aki. Hal ini mengingat Anda belum mengetahui secara pasti penyebabnya adalah aki.

Meski kebanyakan yang terjadi di lapangan mesin kendaraan susah menyala lantaran aki yang soak, namun Anda harus benar-benar memeriksanya. Pasalnya juga tidak semua permasalahan starter kendaraan dikarenakan aki.

Hal ini senada dengan penjelasan dari Technical Operational Fast Pancoran yaitu Muksin. Dikutip dari laman Liputan6 (24/05), Muksin menjelaskan bahwa penyebab mesin tidak dapat menyala bisa jadi dikarenakan sejumlah hal.

“Mesin kendaraan yang tidak menyala bukan terjadi karena aki saja melainkan bisa juga karena penyebab lainnya misalnya dinamo atau sistemnya”

Lebih lanjut Muksin menjelaskan perihal mesin kendaraan yang distarter tetap berbunyi namun tersendat-sendat, masalah ini bisa diakibatkan oleh aki. Akan tetapi, bila distarter tetap tidak ada tanda kontak listrik sama sekali, maka permasalahan utamanya bisa jadi bukan pada kondisi aki kendaraan.

Dua tanda tersebut menurutnya bisa dijadikan sebagai indikasi awal dalam melakukan pengecekan kendaraan. Nah, apabila permasalahannya karena tidak ada kontak listrik yang terjadi maka pengecekan kemudian bisa dilanjutkan ke sebab lainnya.

Muksin juga menyebutkan bahwa pemilik kendaraan dapat mencurigasi permasalahan komponen lainnya misalnya dinamo. Atau bisa juga permasalahannya berkaitan dengan sistem kendaraan yang sedang bermasalah. Apalagi bila pemiliki mobil mencoba mengontak, dan semua indikatornya tidak berfungsi.

Jadi, dari penjelasan tersebut penyebab mesin kendaraan tidak menyala bukan berasal dari kondisi aki yang soak saja. Sederet permasalahan lainnya juga harus dicurigai sebelum memanggil tukang service bahkan melepas aki kendaraan.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top