Tips

Anak Kecil Suka Naik Motor, Pengawasan Orang Tua Penting!

anak kecil suka naik motor

Belakangan beredar video anak kecil suka naik motor mini dan kena tilang polisi. Benarkah pengawasan orang tua di Indonesia masih minim?

Jakarta, Autos.id – Bagaimana aksi kawan Autos ketika melihat anak kecil suka naik motor di jalanan? Apakah gemas atau ngeri yang kawan Autos rasakan? Seperti yang diketahui, belakangan video dua anak kecil yang berboncengan menggunakan motor mini mendadak viral.

Sontak, video tersebut mendadak viral dan mendapat tanggapan yang beragam dari netizen. Dua bocah TK yang mengendarai motor mini tersebut terkena tilang polisi saat berada di jalan. Kejadian lucu sekaligus memprihatikan tersebut terjadi di Sampang, Madura pada hari Kamis, 5 April 2018.

Dalam video tersebut nampak dua bocah yang ketakutan saat ditilang oleh polisi. Bahkan, dalam video singkat tersebut bocah yang berada di depan tidak menggunakan perangkat keselamatan yaitu helm. Tentu saja, hal ini perlu menjadi pembelajaran bagi semua pihak termasuk orang tua.

anak kecil naik motor di Sampang Madura mendapatkan hadiah

anak kecil naik motor di Sampang Madura mendapatkan hadiah (source: mediamadura.com)

Tidak seharusnya, anak kecil suka naik motor tetap dibiarkan mengendarai motor di jalanan tanpa pengawasan orang tua. Apalagi, anak kecil tersebut masih berusia dini yang tidak memiliki pengetahuan yang memadai dalam berkendara.

Pada akhirnya, polisi yang menilang kedua bocah yang naik motor dijalanan tersebut mengantarkan Restu dan Arkan ke rumahnya. Menurut kabarnya, kedua bocah tersebut masih memiliki ikatan saudara. Bahkan setelah diantar ke rumah, kedua anak tersebut mendapatkan hadiah spesial kejutan dari Kasatlantas Polres Sampang, AKP Musa Bahtiar.

Dikutip dari laman Otosia (11/04), polisi pun akhirnya memberikan pertanyaan yang menggelitik kepada anak tersebut. Pertanyaan yang diajukan kepada anak kecil suka naik motor tersebut masih berkaitan dengan cita-cita ketika anak tersebut sudah besar.

“Kalo masih TK, berati mainannya apa?” tanya AKP Musa sambil memberikan hadiah mobil-mobilan.

Sambil bertanya, AKP Musa rupanya juga menjelaskan kepada kedua anak kecil suka naik motor tersebut bahwa apabila masih TK, mainannya yang tepat adalah mobil-mobilan. Sementara untuk mini moto yang dikendarai oleh anak tersebut bisa ditungganingnya saat sudah besar.

Ia juga menayangkan apakah ketika sudah besar cita-cita anak tersebut adalah menjadi pembalap. Menjawab pertanyaan tersebut, anak kecil dalam video memberikan isyarat berupa anggukan. Terakhir, ia menghimbau kepada orang tua yang memiliki anak suka naik motor untuk memberikan pengawasan yang baik.

Tidak salah bila anak ingin menjadi pembalap namun perlu ada bimbingan dan pengawasan dari pelatih dan orang tua sehingga anak tidak lepas kendali dan berkeliaran di jalanan dengan menggunakan kendaraan. Anak suka naik motor sah-sah saja, namun berikan arahan dan pengawasan yang terbaik ya!

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top