Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Alami Ban Motor Bocor Pada Bagian Pentil? Begini Solusinya

Pentil ban.
Pentil ban. (Sumber: MSN)

Bukan hanya karena terkena benda tajam, ban motor bisa bocor pada bagian pentil.

Autos.id – Kebocoran pada bagian pentil ban biasanya disebabkan oleh ban yang kurang angin sehingga posisi ban dalam menjadi kendor. Ketika roda berputar, ban dalam yang kendor akan menarik pentil berulang-ulang, sehingga pentil bisa tertarik dan sobek seperti pada ban mobil.

Selain itu, beban pelek yang berat juga dapat menyebabkan pentil yang tertarik menjadi sobek atau jebol. Jika hal ini terjadi, udara akan keluar dan Anda harus melakukan perbaikan atau penggantian pada ban dalam.

Kebocoran pada pentil juga sering terjadi akibat adanya kebocoran pada bagian lain dari ban yang membuat pentil jebol. Hal ini biasanya terdeteksi setelah Anda melakukan perbaikan pada ban dan ternyata ban masih bocor.

Setelah diperiksa, ternyata bagian pentil robek akibat kebocoran sebelumnya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki ban dalam yang pentilnya jebol.

Ilustrasi pentil ban rusak.

Ilustrasi pentil ban rusak. (Sumber: YouTube)

  1. Rapikan area yang terkena kebocoran dengan menggunakan gunting atau pisau.
  2. Bersihkan area dekat pentil yang jebol menggunakan pengerok ban seperti amplas kasa, gergaji besi, atau patar kayu, seperti ketika Anda menambal kebocoran di area lain.
  3. Jika Anda memiliki ban dalam motor bekas yang tidak terpakai, gunting bagian pentilnya untuk digunakan sebagai pengganti pentil yang jebol. Pastikan untuk menyisakan karet pada pengganti pentil.
  4. Masukkan pentil yang baru ke dalam ban dan beri lem secukupnya agar merekat. Tambahkan karet kompon untuk menutup area tersebut.
  5. Jika Anda menggunakan karet kompon dengan ketebalan 3 mm, gunakan satu lembar saja. Jika ketebalan karet kompon hanya 2 mm, sebaiknya gunakan 2 lembar karet kompon agar lebih kuat.
  6. Siapkan alat pres dan letakkan bagian yang akan ditambal di dalam alat pres. Panaskan alat pres sehingga karet kompon matang dan benar-benar melekat pada permukaan ban.
  7. Menambal bagian pentil memerlukan kesabaran dan tidak bisa dilakukan terburu-buru seperti menambal area lainnya. Anda harus menunggu alat pres agak dingin sebelum mengangkatnya.
  8. Untuk mendinginkan bagian yang baru saja ditambal, celupkan bagian tersebut ke dalam air.
  9. Tempatkan pengganti pentil di bagian yang baru saja ditambal dan beri lubang dengan memukul area tersebut menggunakan sendok ban.
  10. Keluarkan pentil dari lubang yang telah dibuat dan pasang mur dan ring.
  11. Kencangkan mur hingga benar-benar kencang, lalu beri angin.
  12. Periksa kembali kekuatan sambungan pentil dengan cara memutar-mutar dan menekan bagian pentil saat merambang ban dalam.
  13. Jika Anda melihat masih ada gelembung udara yang keluar ketika pentil ditekan dan diputar, artinya Anda harus menambal ulang atau mengencangkan mur.
  14. Jika tidak ada gelembung udara yang keluar, itu berarti tambalan sudah baik dan tidak bocor, dan ban dalam bisa dikempiskan kembali untuk dipasang pada ban luar.
  15. Setelah ban dalam dan ban luar terpasang, beri angin sesuai tekanan ban yang dianjurkan.
  16. Periksa kembali bagian pentil dengan memberikan air sabun di sekitar area pentil pada velg untuk memastikan tambalan pentil sudah baik.

Memperbaiki pentil ban.

Memperbaiki pentil ban. (Sumber: YouTube)

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 1 Maret, 2024 Salah satu tingkat kenyamanan dari mengemudikan mobil adalah tidak ada suara berisik dari ban saat melaju, alias senyap....

Aksesoris

Autos.id – Jika Anda memiliki mobil, pastikan memilih ban dari merek terbaik agar perjalanan selalu nyaman dan aman. Dengan memilih merek ban yang tepat,...

Tips

Cairan anti bocor ban bisa jadi solusi dan memberi rasa aman bagi para pengendara, tapi apakah sudah tahu kelebihan dan kekurangan dari produk ini?...

Berita Otomotif

Last updated on 14 Agustus, 2023 Autos.id – Ingin membeli ban mobil penumpang? Gajah Tunggal adalah pilihan tepat. Kami akan memberikan daftar harga ban...

error: Content is protected !!