Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

7 Tips Bawa Motor Dengan Barang Segudang saat Mudik

Tips mudik pakai motor dengan banyak barang bawaan
Tips mudik pakai motor dengan banyak barang bawaan

Autos.id  Mudik menggunakan motor akan diprediksi menjadi moda transportasi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia. Selain menggunakan mobil pribadi, membawa motor saat mudik juga jadi kendaraan alternatif karena biayanya yang irit.

Namun, salah satu masalah menggunakan motor saat mudik yaitu hanya tersedia sedikit ruang membawa barang. Sehingga pemudik menggunakan motor perlu tips yang ampuh untuk mengantisipasinya.

Sebagai pemudik, dianjurkan lebih bijak untuk mengemas barang bawaan yang disertakan selama masa perjalanan. Hal ini, untuk mencegah pengendara motor kesulitan dalam mengontrol motor akibat keseimbangan terganggu yang dapat memicu kecelakaan.

Berikut ini 7 tips mudik sambil membawa banyak barang saat menggunakan kendaraan sepeda motor. Yuk simak!

Baca Lagi: 3 Rekomendasi Helm Perempuan Nyaman Dipakai, Cantik Dan Trendi

1. Standar Tengah saat Menempatkan Barang

Saat ingin menempatkan barang yang memiliki ukuran cukup besar, dipastikan motor sedang dalam keadaan parkir standar tengah. Hal tersebut akan membuat motor lebih rata dan seimbang, sehingga barang yang akan dibawa lebih mudah untuk ditempatkan dan diikat.

2. Menggantung Barang

Menggantungkan barang bisa juga dipertimbangkan yaitu dengan cara memanfaatkan pengait yang tersedia di motor. Seperti menggunakan bagian dek motor bebek ataupun matic.

Namun, perlu diperhatikan kembali. Hindari beban yang berlebih karena akan mengurangi keseimbangan dalam berkendara.

3. Barang Jangan Sampai Mengganggu Pergerakan Stang

Pengendara harus menempatkan barang yang sesuai. Jangan sampai dimensi barang yang digantung malah mengganggu pergerakan tangan di stang dan kaki di footstep. Hal tersebut bertujuan, ketika pengendara sedang mengendalikan motor tidak terjadi masalah selama diperjalanan.

4. Tinggi Barang Jangan Melebihi Bahu

Tinggi barang yang dibawa jangan melebihi bahu pengendara. Karena jika hal itu terjadi, bisa mengurangi keseimbangan bagi pengendara.

5. Panjang Barang Tidak Menutupi Lampu

Pastikan barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang pada motor. Hal ini sangat penting, karena lampu belakang motor adalah cara berkomunikasi dengan pengendara lainnya.

6. Barang Bisa Diletakkan Di Bagasi

Barang yang akan dibawa juga bisa diletakkan di bagasi motor. Dengan catatan, hindari menaruh barang berlebihan. Hal tersebut membuat jok motor akan sulit ditutup dan bisa merusak barang bawaan.

7. Kirim Barang Lewat Jasa Ekspedisi

Jika barang yang dibawa ke kampung halaman sangat banyak. Gunakanlah opsi pengiriman barang terlebih dulu dengan via jasa ekspedisi. Hal ini menghindari padatnya bawaan saat mudik menggunakan motor.

Secara keseluruhan, motor tidak memiliki banyak ruang yang bisa dimanfaatkan untuk mengangkut bawaan barang saat mudik. Pastikan pengendara tidak melakukan modifikasi ilegal demi mengangkut lebih banyak barang saat mudik tiba.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Rasa aman saat mudik merupakan hal mutlak dan harus kita jaga Autos.id – Rasa aman saat mudik itu jadi hal penting. Karena itu, adanya...

Motor

Autos.id –Memilih oli motor dengan SAE yang tepat, juga perlu berbagai pertimbangan, yaitu jarak tempuh dan daya tahannya dalam menjamin suhu mesin. Hal itu...

Tips

Autos.id – Libur lebaran tinggal menghitung hari. Pemerintah telah menetapkan cuti libur lebaran mulai dari 19 April – 25 April 2023. Pemberian hari libur...

Tips

Melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan membawa anak perlu kehati-hatian. Autos.id – Menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, banyak orang mulai mempertimbangkan alternatif transportasi...

error: Content is protected !!