Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Velg Mobil

Memilih Velg Mobil

Last updated on 28 November, 2021

Memilih velg mobil untuk menggantikan velg standar perlu perhatian khusus. Selain model ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengganti velg.

Jakarta, Autos.id – Banyak pengguna mobil memiliki pemahaman terbatas terkait velg misalnya fungi velg, batas makimum beban untuk velg, atau penggantian ukuran velg yang melampaui ukuran standar sehingga membuat kendaraan tidak stabil.

Untuk mengetahui secara komprehensif tentang velg, pemilik kendaraan perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut tips memilih velg mobil hasil rangkuman Autos dari pabrik velg Pako Group pemilik merk velg mobil Advantech dan Fortis.

Baca juga: Teknologi Michelin Acorus Bisa Buat Velg Lebih Lentur

Memilih Velg Mobil

Beragam velg Aftermarket Tersedia

Pertama, setiap velg memiliki batas maksimum beban (Load Maximum) karena itu perlu penyesuaian beban kendaraan dengan load maximum pada velg.

Kedua, jangan mengganti velg dengan diameter terlalu besar, maksimum 2 step atau dua inci lebih besar dari velg standar. Karena penggantian velg dengan diameter lebih besar akan membuat kendaraan lebih tinggi dan menyebabkan ban berhimpitan dengan fender/spakbor.

Ketiga, perhatikan spesifikasi baut yang diperlukan untuk velg bersangkutan. Ada mobil menggunakan velg dengan empat baut, ada yang lima baut. Ukuran baut ini biasanya menggunakan istilah PCD (Pitch Circle Diameter) yang mempunyai arti jarak lubang baut pada velg. PCD biasanya tertulis 4×100, 4×114,3, 5×114,3, atau 5×112. Angka “4” atau “5” berarti jumlah lobang baut, sementara angka “100”, “114,3, atau “112” menunjukkan jarak diameter antar baut dengan satuan milimeter (mm).

Baca juga: Ini Tren Velg OEM Yang Bakal Booming

Memilih Velg Mobil

Perhatikan Spesifikasi PCD Velg

Keempat, berat atau ringan sebuah velg tidak menentukan produk tersebut baik atau tidak karena pabrikan sudah menghitung keseimbangan tiap fungsi pada mobil, termasuk velg.

Kelima, dalam memilih velg mobil, sebaiknya mempertimbangkan lebar dari velg supaya tidak berpengaruh terhadap kaki-kaki. Jika lebar velg terlalu ekstrim maka beresiko bibir velg atau ban menyentuh bagian dalam fender.

Baca juga: Tips Membeli Velg Asli Tapi Bekas Yang Aman

Memilih Velg Mobil

Perlu Teliti Memilih Velg Polish

Keenam, jika memilih velg mobil dengan cat berfinishing Polish, perhatikan bagian ujung pertemuan antara cat dan polish. Jika ada garis halus putih, berarti sudah ada bagian cat yang terkelupas.

Ketujuh, untuk mengetahui kualitas velg, dalam memilih velg mobil bisa menguji dengan cara menggantungnya dengan karet dan memukulnya dengan obeng untuk mengetahui bunyi (dengung), velg yang bagus memiliki bunyi halus tapi bertahan lama, sedangkan velg dengan material dan pemrosesan yang buruk akan berbunyi keras tapi dengungnya sangat singkat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Jakarta, Autos.id- Di tengah kondisi wabah covid-19 ini banyak pemilik mobil yang ingin menjual mobilnya. Mengganti mobil ke kasta yang lebih rendah merupakan salah...

Mobil

Jakarta- Autos.id, Pandemi yang masih di ambang-ambang ini sangat membuat berbagai bidang kehidupan tidak dapat berjalan normal seperti biasanya. Salah satu yang terkena dampaknya...

Tips

Tingginya tingkat mobilitas mengemudi kendaraan bermotor maupun mobil menjadi salah satu kebutuhan penting dalam keseharian kita. Apalagi untuk masyarakat kota-kota besar seperti Jakarta, tak...

Modifikasi

Kontes penampilan “Turtle Wax Shine Award 2018” digelar bersamaan dengan pameran modifikasi IMX (Indonesia Modification Expo) 2018 pada 17 – 18 November 2018 di Balai...