Tips

5 Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Mobil bekas tak selamanya butut. Jika Sobat Autos mengunjungi showroom yang menjual mobil bekas, hampir semuanya terlihat bagus dan baik. Beberapa bahkan masih sangat baru. Jadi, mobil bekas bisa menjadi pilihan bagi Sobat Autos yang membutuhkan kendaraan tapi tetap harus hemat. Jika Sobat Autos berutung, kamu bisa menemukan mobil yang masih sangat baru dengan harga miring. Memilih mobil bekas juga dibutuhkan kehati-hatian ekstra. Walaupun jarang, kerugian bisa saja terjadi kalau Sobat Autos tidak hati-hati dan teliti. Berikut beberapa tips untuk Sobat Autos yang berencana membeli mobil bekas.

Tanyakan Catatan Servis

Mobil bisa saja menjadi aset atau beban, tergantung bagaimana kita memfungsikannya. Mempertanyakan tentang catatan servis yang lengkap akan mengurangi beban kita akan mobil tersebut. Pastikan kamu memilih mobil yang selalu servis di bengkel resmi.

Waspadai Harga Miring

Mobil bekas memang cenderung jauh lebih murah daripada mobil baru, bahkan walaupun kondisinya masih sangat baru sekali pun. Namun, kalau harganya terlalu murah meskipun mobilnya terlihat baru, Sobat Autos harus waspada. Selidiki terus, sebab siapa tahu ada sesuatu yang tidak benar yang tak bisa tidak terlihat jelas. Kalau tidak hati-hati, ini bisa menimbulkan kerugian di masa depan.

Periksa kondisi mobil

Semuanya harus dipastikan dengan baik. Interior, eksterior, mesin. Pastikan semua yang ada di dalam lengkap, yang diluar terlihat seperti seharusnya, dan mesinnya berjalan dengan baik.

Dokumen Lengkap

Dokumen harus lengkap. Pastikan STNK, BPKB, dan Faktur ada serta sesuai dengan nama pemilik. Kalaupun mobil tersebut built-up, tanyakan Form A dari mobil itu. Cocokkan nomor rangka dan mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan yang tertulis di surat-surat.

Bawa teman yang paham mekanik

Ingat, tujuan utama membeli mobil adalah untuk menunjang kebutuhan Sobat Autos. Membawa teman yang ahli mekanik adalah supaya Sobat Autos tidak rugi. Apa yang Sobat Autos beli, diharapkan memberi keuntungan atau sesuai dengan uang yang dikeluarkan, bukan sebaliknya.

Membeli mobil bukanlah perkara murah. Uang yang tak sedikit akan dihabiskan untuk alat transportasi ini. Jadi, entah itu mobil baru atau murah, usahakan tak ada kerugian yang akan ditanggung oleh Sobat Autos selaku pembeli, apalagi menjadi bom waktu yang bisa meledak setiap saat. Satu yang penting, tambah wawasanmu soal mobil dan jangan takut bertanya. [cel/ech]

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top