Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

3 Cara Merawat Standar Tengah Pada Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Autos.id – Standar tengah pada motor memang begitu jarang digunakan penggunanya. Tetapi pada komponen yang satu ini memang sangat penting untuk tetap dirawat agar selalu awet dan tidak berkarat.

Standar tengah ini memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsi yang paling penting adalah untuk menopang keseluruhan badan sepeda motor agar tetap seimbang dan dengan motor roda ban belakang terangkat.

Oleh karena itu, untuk melakukan perawatan standar tengah pada sepeda motor ini tidak boleh acuhkan. Kalau sampai tidak terawat, maka secara tidak sengaja standar tersebut akan berkarat bahkan sampai sulit turunkan maupun naikkan.

Berikut ini cara merawat standar tengah motor yang dikutip dari dealer Yamaha Thamrin Brother. Yuk disimak!

1. Pelumasan

Bagi sepeda motor yang pemakaiannya tiap hari, terutama saat motor tengah melewati kondisi jalan yang basah atau kering. Standar tengah pada motor wajib dirawat.

As standar tengah motor merupakan bagian yang rentan berkarat. Jika as berkarat, bengkok ataupun berkerak, maka as akan susah dilepas. Lalu terjadi kerusakan dan malah harus dibawa ke bengkel bubut.

Untuk merawatnya, jika sepeda motor terkena air hujan ataupun debu. Bersihkan motor menggunakan air bersih bertekanan atau dengan cara di lap. Kemudian semprot standar motor dengan menggunakan pelumas khusus.

2. Cek Bantalan Karet

Perlu kalian lihat, terdapat bantalan karet yang tidak terlalu besar pada bagian standar tengah motor. Bantalan karet ini berfungsi untuk meredam benturan antara standar tengah dengan rangka pada sepeda motor.

Setelah melewati jalanan becek, sebaiknya cek bantalan karet pada sepeda motor agar standar tengah awet.

3. Perhatian Cara Berkendara

Dalam berkendara yang lalai dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Tidak hanya membahayakan pengguna jalan, berkendara yang lalai bisa mengakibatkan kerusakan pada motor termasuk standar tengah.

Sebaiknya pengguna kendaraan harus berhati-hati dalam memacu kecepatan berkendara. Jangan sampai ada suatu kejadian yang tidak inginkan terjadi. Bukan hanya standar tengah saja yang rusak, bahkan bagian lain pada sepeda motor tersebut akan mengalami kerusakan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Berkendara pada malam hari saat mudik perlu ekstra hati-hati dan ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Autos.id – Menuju liburan Lebaran, banyak orang yang...

Tips

Berkendara menggunakan sepeda motor saat musim hujan perlu ekstra hati-hati agar tidak terjatuh. Autos.id – Musim hujan tahun 2023 di Indonesia masih berlangsung. Genangan...

Berita Otomotif

Penggunaan BBM bersubsidi Pertalite akan dibatasi, dimana ada beberapa jenis motor yang dilarang menggunakannya. Autos.id – Selain mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.400...

Daftar Harga Motor

Salah satu merek sepeda motor yang familiar di Indonesia adalah Suzuki, yang mana produk-produknya memiliki pelanggan loyal tersendiri. Autos.id – Suzuki adalah perusahaan Jepang...