Connect with us

Hi, what are you looking for?

Subaru

Subaru WRX STI Secara Resmi Sudah Tamat

Seri WRX STI dari Subaru merupakan salah satu mobil balap rally yang paling ikonik. Namun, bagi Anda yang dengan sabar menunggu Subaru WRX STI generasi berikutnya lebih baik duduk, karena itu tidak akan datang dalam waktu dekat atau mungkin tidak muncul sama sekali.

Autos.id  –  Dalam pengumuman yang mengejutkan, Subaru menegaskan bahwa STI tidak akan kembali dengan WRX baru. Dalam hal ini, produsen mobil juga agak tidak jelas tentang masa depan STI, yang menyatakan bahwa “Subaru Corporation sedang mempertimbangkan peluang untuk Subaru WRX STI generasi berikutnya, termasuk peluang untuk dielektrifikasi. Pernyataan itu selanjutnya mengatakan, dengan tegas, bahwa STI generasi berikutnya dengan mesin pembakaran internal “tidak akan diproduksi berdasarkan platform WRX baru.”

Ini sangat mengejutkan karena beberapa rumor telah beredar tentang STI generasi berikutnya yang katanya akan rilis untuk beberapa waktu dari sekarang. Juli lalu,  rumor beredar soal STI yang memiliki 345-tenaga kuda (257-kilowatt) sedang dipertimbangkan.

Namun, selain dari rumor tersebut. pada Januari 2022, Subaru meluncur ke Tokyo Auto Salon dengan konsep S4 STI Performance yang semuanya dihiasi dengan sayap, trim merah, dan lencana STI. Dengan konsep tersebut, banyak yang mengira itu berarti bahwa WRX STI akan benar-benar akan segera dilanjutkan dengan konsep yang hampir mirip seperti pada Januari lalu.

Pernyataan STI Subaru hanya tiga paragraf, tetapi dibuka dengan bagian yang cukup nenohok perihal elektrifikasi dan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah. Antara rumor yang beredar soal STI dan juga konsep dari beberapa bulan lalu, memang dirasa bahwa hal ini sangat bertentangan. Terlebih lagi. Subaru sendiri masih belum memberi statement lengkap soal latar belakang dari perubahan drastis dari brand STI ini.

Terlepas dari niat ataupun rencana lain, kenyataannya WRX STI yang sudah dikenal sudah resmi taman. Versi pertama dari WRX STI muncul pada tahun 1994 dengan mengemas 247 tenaga kuda dan langsung melambungkan seri mobil Impreza tersebut lewat status superstar di Kejuaraan Rally Dunia. Lalu, Subaru kemudia memisahkan seri Impreza dan WRX pada tahun 2014. Sampai akhirnya, Subaru WRX STI tahun 2021 adalah versi pembakaran internal terakhir dari Subaru.

Akankah WRX STI dihidupkan kembali dengan sistem listrik dalam paket generasi berikutnya? Subaru membiarkan pintu terbuka, tanpa konfirmasi resmi. Namun, yang pasti kita tahu untuk sementara Subaru WRX STI tidak akan meluncur dalam waktu dekat.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Subaru

Subaru WRX STI S208 kembali dikeluarkan hanya untuk pasar Jepang. Jumlahnya pun terbatas 450 unit saja demi menjaga ekslusifitas mobil ini. Tokyo, Autos.id –...