Connect with us

Hi, what are you looking for?

Scomadi

Scomadi Scooter Klasik Inggris yang Bakal Jegal Vespa

Sebuah scooter legendaris Inggris, Scomadi, telah memasuki pasar Asia Tenggara, bukan tidak mungkin Scomadi bakal masuk juga ke Indonesia dan menjegal popularitas Vespa.

Kuala Lumpur, Autos.id – Sebuah skuter legendaris asal Inggris, Scomadi melakukan ekspansi pasar ke Kuala Lumpur, Malaysia dengan membuka showroom 3S di sebuah kota bernama Setapak. Showroom ini tidak hanya menjual unit Scomadi tetapi dilengkapi pusat layanan dan aksesoris.

Dilansir Paultan, Rabu (20/4/2016) Scomadi bekerjasama dengan Under the auspices of V Power Motor, sebuah perusahaan rekanan di Malaysia, untuk pemasaran motor scooter asal Inggris ini yang didirikan oleh Frank Sanderson dan Paul Melici pada tahun 2006, dua pakar scooter berprestasi tinggi sejak 30 tahun lalu.

Ada dua model yang akan pamer di Kuala Lumpur yakni Turismo Leggera TL125 standar dan SE. Kedua model ini didukung mesin 25 cc berpendingin udara silinder tunggal, dua katup. Mesinnya memiliki power 9,39 hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 8,90 Nm yang tersedia pada 7.200 rpm untuk mendorong beban 100 kg tubuhnya.

“Scomadi merupakan karya apik dua konseptor yang ingin mengembalikan era kegemilangan skuter Inggris pada era 60’an yang telah memilki cerita dan kesan tersendiri untuk masyarakat di Asia Tenggara”

Dua konseptor Scomadi, Frank Sanderson and Paul Melici membangun motor ini dengan mengusung style dan citra berkelas khas produk-produk Italia. Frank Sanderson, konseptor Scomadi mengatakan motor ini bukan sekedar konsep tetapi soal kekuatannya membawa orang menyatu dalam komunitas. Desainnya yang menarik dengan desain klasik dan teknologi modern khas Eropa,” kata Sanderson.

Kini sebuah fasilitas produksi baru di Thailand telah dibangun untuk menggenjot produksi yang diharapkan akan menghasilkan antara 400 sampai 500 skuter  per minggu. Tidak hanya membangun skuter standar fasilitas ini juga akan mengembangkan skuter berstandar emisi gas buang Euro4 yang menyandang mesin berkapasitas 250 cc, dengan enam percepatan, dilengkapi manual twist-shift performance pada tahun 2015 dan akan tampil di pameran otomotif Cologne, Jerman akhir tahun ini.

Didsain Sebagai Scooter Klasik era 1960-an

Didsain Sebagai Scooter Klasik era 1960-an

 

Tim ini juga berencana akan membangun sebuah berkapasitas 400 cc yang diperkirakan siap dikenalkan tahun 2018 termasuk skuter bermesin liquid-cooled 200 cc yang disiapkan untuk pengujian dalam waktu dekat.

Skuter Inggris untuk pasar Malaysia ini akan dibangun di pabrik Cina dan Taiwan tapi dirakit di Tompoi, Johor, Malaysia. Scomadi skuter juga punya rencana ekspansi yang agresif, dengan berfokus pada Asia Tenggara sebagai pasar terbesar skuter di dunia. Hal ini terlihat dengan sambutan hangat konsumen pada Turismo Leggera TL125.

Di Inggris model ini cukup populer karena dalam hitungan 6 bulan sudah 1.000 unit skuter terjual. Sampai saat ini jumlah populasi Scomadi antara 5.000 hingga 6.000 unit di seluruh dunia. Scomadi Turismo Leggera TL125 hadir dalam pilihan warna Magma Red, Onyx Black, Ocean Blue dan Ocean Blue/Magma Red. Sementara model SE menghadirkan warna Matte Grey dan edisi terbatas Chrome.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Vespa

Vespa meluncurkan warna terbaru untuk dua jenis skuter, yakni Primavera dan Sprint di tahun 2022. Jakarta, Autos.id –  vespa merupakan salah satu merek yang...

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Reviews

Piaggio memang sudah cukup lama dalam menjual skuter MP3 500, begitu pula Yamaha dengan Tricity-nya dan Peugeot yang sudah mempunyai skuter roda tiganya. Autos.id...

Aksesoris

Ada beberapa banyak kubu setiap kali berbicara mengenai Vespa, tetapi baik pria dan wanita sangat menyukai desain klasik, gaya hidup, dan warisan yang datang...