Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

10 Motor Tiruan China Ini Menjiplak Merek-Merek Terkenal

Ilustrasi motor China.
Ilustrasi motor China. (Sumber: Pixabay)

Last updated on 30 Mei, 2024

Autos.id – Ada beberapa sepeda motor yang memiliki penampilan serupa dengan motor lainnya. Namun, ada juga yang didesain dengan sangat mirip, bahkan bisa dibilang meniru. Mayoritas motor tiruan ini diproduksi oleh pabrikan China.

Ada berbagai jenis, mulai dari skuter matik (skutik) hingga motor sport dengan kapasitas mesin besar atau motor gede (moge). Dan berikut adalah 10 motor buatan China yang meniru model beberapa merek terkenal di dunia otomotif.

1.Motrac Unicorn – MV Agusta Superveloce 800

Motrac Unicorn dan MV Agusta Superveloce 800.

Motrac Unicorn dan MV Agusta Superveloce 800. (Sumber: Visordown)

Sebuah motor buatan China yang dikenal dengan nama Motrac Unicon memiliki kemiripan yang sangat besar dengan sepeda motor buatan Italia, yaitu MV Agusta Superveloce 800. Tidak hanya dalam desainnya saja, tetapi bahkan warnanya yang dipilih pun sama persis, yaitu merah.

simak artikel menarik lain tentang perbedaan vario 125 gen 1 dan 2

Tiruan MV Agusta Superveloce 800 yang berasal dari China ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas lebih kecil, hanya 800 cc. Berdasarkan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan juga lebih rendah, dengan daya sebesar 61 PS pada 7.500 Rpm dan torsi 70 Nm pada 5.000 Rpm. Jika dibandingkan dengan Superveloce 800 yang memiliki mesin 798cc 3-silinder dan menghasilkan daya 149 PS serta torsi maksimum 88 Nm, terdapat perbedaan yang cukup besar.

2.Tairong T400 – Ducati Panigale V4

Tairong T400.

Tairong T400. (Sumber: Detik)

Masih dalam konteks motor tiruan yang dibuat oleh China, kali ini mereka mencoba menjiplak Ducati Panigale V4, dan mengaplikasikannya pada skuter matik (skutik) yang dikenal dengan nama Tairong T400.

Secara tampilan, bagian depan skutik Tairong ini memiliki desain yang mirip dengan superbike asal Italia tersebut. Hal ini sangat terlihat jelas karena mengadopsi bentuk lampu depan dan fairing sporty yang serupa.

Skutik Tairong T400 buatan China ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 500 cc. Menurut spesifikasi resmi, mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 47,6 PS. Pabrikan juga mengklaim bahwa produk ini dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 160 km/jam.

Baca juga: Daftar Harga Motor Ducati 2023 Terbaru yang Beredar di Indonesia

3.Skyteam YCF Urban – Honda Grom

Skyteam YCF Urban.

Skyteam YCF Urban. (Sumber: Bikersnote)

Tidak hanya motor besar (moge) saja yang ditiru, pabrikan China lainnya juga memiliki produk tiruan sepeda motor kecil yang mengambil desain dari Honda Grom.

Dari segi desain, produk tersebut memang sangat mirip dengan Honda Grom asli. Namun, perlu diketahui bahwa bahan bodinya menggunakan plastik yang kualitasnya tentu berbeda dengan produk Honda tersebut.

4.Moto S450RR – BMW S 1000 RR

Moto S450RR dan BMW S 1000 RR.

Moto S450RR dan BMW S 1000 RR. (Sumber: Visordown)

Ada pula sepeda motor bernama Moto S450RR. Pada pandangan pertama, jelas terlihat bahwa motor ini meniru gaya BMW S 1000 RR. Jika melihat desain bodi, skema warna, lampu depan, dan penempatan logo di fairing, sangat jelas kesamaannya.

Bahkan baynak yang berpendapat bahwa motir tiruan China ini kemiripannya mendekati 80%. Ditambah lagi, motor ini juga menggunakan garis-garis dengan tulisan “RR” yang merupakan identitas dari BMW Motorrad.

Moto S450RR menggunakan mesin parallel-twin cylinder berkapasitas 450 cc. Mesin dengan sistem injeksi bahan bakar ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 24,3 PS pada 6.500 rpm dan torsi 22 Nm pada 7.000 rpm.

5.Moxiao 500 RR – Ducati Panigale 959

Moxiao 500 RR, motor tiruan Ducati Panigale 959.

Moxiao 500 RR dan Ducati Panigale 959. (Sumber: Visordown)

Motor berikutnya yang berhasil ditiru adalah Ducati Panigale 959. Mereka menciptakan versi tiruannya dengan nama Moxiao 500 RR. Kesamaan antara kedua motor ini terlihat dari desain lampu depan yang menyipit, penutup peredam kejut, dan lengan ayun satu sisi. Semuanya mirip dengan milik Ducati pada model Panigale 959.

Moxiao 500 RR buatan China dilengkapi dengan mesin twin-cylinder berpendingin cairan berkapasitas 471 cc. Kabarnya, mesin motor ini mampu menghasilkan tenaga hingga 47,6 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 43 Nm pada 7.000 rpm.

Baca juga: Spesifikasi Ducati Panigale V2 vs Panigale V4, Mana yang Lebih Baik?

6.Yayama R6 – Yamaha R6

Yayama R6.

Yayama R6. (Sumber: Otorider)

Salah satu motor China yang meniru sepeda motor yang telah ada sebelumnya adalah Yayama R6. Dari namanya saja, sudah jelas merujuk kepada Yamaha R6.

Namun, ada perbedaan yang signifikan antara Yayama R6 dengan Yamaha R6 asli yang memiliki mesin 600 cc. Motor tiruan ini hanya dilengkapi dengan mesin 150 cc.

Tidak hanya perbedaan kapasitas mesin, secara konsep dan penyelesaian juga terlihat sangat berbeda dengan Yamaha R6. Fairing-nya tampak seperti fairing bekas, meskipun beberapa aspek seperti double disc cukup baik. Sayangnya, tidak ada informasi rinci mengenai spesifikasi motor kloningan yang dibuat oleh Yamaha ini.

7.Veracruz – Vespa Primavera

Veracruz, motor tiruan Vespa Primavera.

Veracruz dan Vespa Primavera. (Sumber: Visordown)

Skuter matik bergaya klasik ini diproduksi oleh pabrikan China bernama Zhejiang Zhongneng dan diberi nama Veracruz. Konsepnya diketahui meniru desain ikonik skuter matik Vespa, terutama Vespa Primavera.

Karena hal ini, Piaggio bahkan telah mengajukan gugatan terhadap pabrikan China tersebut, mengklaim bahwa mereka dengan sengaja menjiplak produk buatan mereka. Upaya hukum yang dilakukan oleh Piaggio ini berhasil sebagian. Motor tiruan tersebut tidak pernah dapat dijual di pasar Eropa.

Baca juga: Harga Motor Vespa Matic 2023 Paling Lengkap!

8.Hanway G30 – Royal Enfield Himalayan

Hanway G30 dan Royal Enfield Himalayan.

Hanway G30 dan Royal Enfield Himalayan. (Sumber: Visordown)

Motor bernama Hanway G30 sempat menjadi sorotan netizen. Hal ini karena Hanway G30, yang berasal dari China, meniru desain dari Royal Enfield Himalayan.

Yang unik, meskipun meniru gaya motor petualangan buatan India tersebut, Hanway G30 mungkin menjadi pilihan bagi para pengendara di Tiongkok. Dari segi fitur, Hanway G30 lebih lengkap dibandingkan Royal Enfield Himalayan.

Contohnya, pada suspensi depan, Hanway G30 menggunakan garpu tipe Up Side Down (USD). Meskipun lampu depan keduanya memiliki bentuk bulat, motor China ini sudah menggunakan lampu LED dan dilengkapi dengan lampu siang hari (DRL) yang hemat energi.

Namun, dalam hal mesin, tentu tidak sebanding dengan Royal Enfield Himalayan. Hanway G30 mengusung mesin berkapasitas 249 cc yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 26,3 PS dan torsi puncak 22 Nm.

9.Yiben YB250 – Piaggio MP3

Yiben YB250, motor tiruan Piaggio MP3.

Yiben YB250 dan Piaggio MP3. (Sumber: Visordown)

Skuter roda tiga ini memiliki desain yang sangat mirip dengan Piaggio MP3. Melihat tampilannya, dapat mengecoh siapa pun sehingga menganggap motor ini adalah Piaggio MP3. Namun, harga jualnya dikatakan jauh lebih murah dari produk Piaggio Group.

Mungkin tindakan menjiplak ini bisa aman jika dilakukan di China. Namun, di Uni Eropa yang menghormati hak kekayaan intelektual, Yiben mendapatkan hukuman. Pada acara EICMA 2011, motor tiruan China ini tidak diizinkan untuk tampil karena disita oleh pihak kepolisian Italia atas tuduhan plagiarisme.

10.Xinshiji Finja 500 – Kawasaki ZX-10 R

Xinshiji Finja 500

Xinshiji Finja 500. (Sumber: Gempak)

Xinshiji Finja 500 sangat mirip dengan Motorsport Kawasaki ZX-10R dalam hal tampilan. Gaya agresif superbike Kawasaki hijau telah dicontek secara menyeluruh. Desain lampu dan fairing juga tidak luput dari penjiplakan. Bahkan, corak stripe pun tak lepas dari penjiplakan yang dilakukan oleh pembuat Xinshiji Finja 500.

Nama Finja itu sendiri bisa diartikan sebagai Ninja Palsu. Ya, bisa dikatakan begitu. Bukan hanya desain dan warna bodinya saja yang disalin, tetapi panel meter Finja 500 juga dibuat serupa dengan Kawasaki Ninja ZX-10R.

Namun, jika melihat ke sektor mesin, ceritanya berbeda. Finja 500 hanya dilengkapi dengan mesin dua silinder paralel berkapasitas 500 cc. Dalam hal daya keluaran, motor kloningan China ini hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 49,6 PS. Jelas, tidak bisa dibandingkan dengan Kawasaki Ninja ZX-10R.

Baca juga: YBHoonda PCX, Motor Buatan China yang Tiru Honda PCX

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Autos.id – Honda merilis motor skuter matik (skutik) terbarunya bernama New Honda Giornio+. Tetapi, motor skutik tersebut merilisnya di Thailand, belum ke Indonesia. Melansir...

Komparasi

Last updated on 6 Juni, 2024 Autos.id – Di tengah gemuruh jalan raya, motor cruiser telah mengukir namanya sebagai simbol kebebasan dan petualangan. Dengan...

Motor

Autos.id – Sebagai negara yang berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih, Indonesia semakin memperhatikan penggunaan kendaraan listrik....

Mobil

Last updated on 25 Mei, 2024 Autos.id – Dengan bangga, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya, yakni Honda BR-V N7X Edition. Terdapat 3 varian tipe...

error: Content is protected !!