Reviews

Kymco XCT 200i, Biar Bongsor Lincah di Jalanan

Sebagai anggota keluarga terkecil dari big skubek Kymco, XCT 200i juga patut diperhitungkan performanya

Jakarta, Autos.id  –   Kymco XCT 200i pertama kali diluncurkan di perhelatan IIMS 2017 lalu bersama dengan keluarga big skubek Kymco. K-XCT 200i merupakan berkapasitas mesin paling kecil, K-XCT patut dipilih bagi mereka yang menginginkan motor harian yang mewah, tapi tetap nyaman meskipun di tengah kemacetan.

Tampilan K-XCT sekilas mirip dengan keluarga big skubek Kymco, terlebih dari pengaplikasian headlamp yang runcing ke bawah memperkental aura sporty. Dan dilengkapi dengan windshield model gelap dengan desain yang lebih minimalis yang membuatnya terlihat lebih sporty.

XCT 200i menjadi anggota terkecil dari keluarga big skubek Kymco

Posisi lampu sein sendiri ada di bawah disisi kiri dan kanan bodi depan, yang sudah menggunakan LED. Di bodi tempat lampu sein berada, Kymco membuat bentuk bodinya semacam fairing bertumpuk, yang membuatnya terlihat sporty. Sementara bodi belakang punya garis bodi tegas, yang mengarah naik hingga kebagian buritan.

Lampu belakang LED pun terlihat besar dan agak mengotak, sementara behel model terpisah yang punya bentuk meruncing. Dan knalpot yang terbungkus cover plastic yang terlihat besar.  Secara keseluruhan, motor ini punya postur 2.121 mm x 785 mm x 1.280 mm (PxLxT), dengan bobot mencapai 168 kg.

Lampu depan yang masih DRL dan runcing ke gawah

Fitur & Teknologi

Kelengkapan dari motor ini sebenarnya enggak terlalu banyak, mulai dari handel rem adjustable, lalu speedometer yang sudah digital dengan latar warna putih dengan informasi, speedometer, takometer, fuel meter, suhu mesin, trip A dan B serta bisa diubah dari satuan km/jam menjadi mill/jam.

Lampu-lampu indikator berada di sisi kiri dan kanannya, mulai dari check engine, oil presssure, voltmeter, indikator bensin ketika sudah tiris, dan peringatan oil service. Kemudian di bawah setang ada 1 ruang penyimpanan yang bisa menampung smartphone, sekaligus mengisi daya karena ada port USB disitu.

Lampu belakang LED pun terlihat besar dan agak mengotak

Bagian tengah terdapat gantungan barang yang bisa dilipat, dan yang unik kunci kontak berada di area kanan. Meski motor ini masih menggunakan kunci konvesional tapi sudah dibekali penutup magnet.

Rumah kuncinya juga untuk membuka jok dalam 3 kondisi, yakni posisi saat motor dikunci setang, motor mati tanpa dikunci setang dan saat motor hidup. Bagasi di balik joknya berkapasitas 40,7 liter yang dapat menampung sebuah helm dan beberapa barang seperti jas hujan atau perlengkapan lainnya. Bagasi juga sudah dilengkapi dengan lampu, yang dapat menerangi bagasi saat berada di kegelapan.

speedometer yang sudah digital dengan latar warna putih dengan informasi, speedometer, takometer, fuel meter, suhu mesin, trip A dan B serta bisa diubah dari satuan km/jam menjadi mill/jam.

Riding Position & Handling

Posisi jok cukup tinggi dengan ketinggian 810 mm memaksa pengendara berpostur 172 cm harus sedikit jinjit saat mendudukinya. Terlebih lagi redaksi Autos.id yang hanya memiliki postur tubuh 168 cm, sedikit kesulitan menapakan kaki di aspal saat Kymco yang dikendarai berhenti di tengah jalan.

Walaupn terlihat bongsor, namun saat diajak berkendara bermanuver di jalan raya, K-XCT 200i cukup lincah. Tetapi juga sedikit was- was saat berada di kemacetan, karena bodi yang sedikit besar takut tersenggol dengan kendaraan lainnya yang berada di samping kiri dan kanan maupun belakang.

Kymco XCT 200i memiliki ketinggian k 810 mm

Performa

Dengan mesin 1 silincer 199 cc 4 klep, SOHC, dan injeksi, tenaganya sampai 19,2 dk di 8.000 rpm, dengan torsi maksimal 18,14 Nm di 6.000 rpm. CVT bekerja baik saat menyalurkan tenaga menuju roda belakang tidak ada kedutan ataupun hentakan yang kasar. K-XCT juga mampu menanjak dengan ketinggian 40 derajat, tanpa kendor gas XCT dibejek langsung ngacir saat melibas jalur tanjakan tersebut.

Sayangnya, K-XCT belum dilengkapi ABS (anti-lock braking system), hanya mengaplikasikan rem cakram di depan (260mm) dan belakang (240 mm), masing-masing dengan kaliper 3 piston dan 2 piston. Dua tuas remnya dapat disesuaikan jaraknya ke handle grip.

Biar bongsor, namun XCT 200i lincah untuk jalan perkotaan

Kymco K-XCT 200i hadir dengan empat pilihan warna yaitu Vivid Red, Pearly White, Light Blue, Matt Black dan ditawarkan dengan harga Rp58 juta On The Road Jakarta.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top