Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk Motor

Tips Beli Honda Tiger Bekas, Kekurangan dan Kelebihan

Honda Tiger 2000 modifikasi sederhana.
Honda Tiger 2000 modifikasi sederhana. (Sumber: Madenginer)

Last updated on 2 Juni, 2024

Autos.id – Honda Tiger telah menjadi pilihan utama bagi para pecinta touring sebelum Honda CB150X Streetfire atau rangkaian moge touring Honda lainnya hadir. Motor ini telah menjadi legenda di Indonesia dengan masa produksinya dari tahun 1993 hingga 2013.

Pada awalnya, Honda Tiger 2000 memiliki kode produksi GL-200 dan dikenal sebagai Honda Tiger 2000 Super Cruiser. Generasi pertama Honda Tiger ini memiliki desain neo-klasik dengan garis-garis yang dinamis, memberikan kesan modern.

Generasi kedua Honda Tiger muncul pada tahun 2006 dengan sebutan Honda Tiger Revo atau yang sering disebut Tirev. Motor ini mengalami perombakan total pada tampilan yang menjadi lebih agresif dan tajam dengan tangki berukuran besar.

baca artikel menarik lain tentang tiger vs scorpio

Generasi ketiga Honda Tiger muncul pada tahun 2008 dengan perubahan yang signifikan dan dikenal sebagai Honda Tiger New Revolution Cruiser.

Honda Tiger 2000.

Pada tahun 2010, generasi ketiga mengalami pembaruan dengan dua pilihan lampu depan, yaitu bulat (GL-200RA1) dan asimetris yang juga dikenal sebagai Tiger Picek (GL-200R1).

Generasi ketiga ini beberapa kali mengalami pembaruan minor dalam bentuk pilihan warna, dan terakhir kali diupdate pada tahun 2012 sebelum akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 2013.

Harga Honda Tiger Bekas

Menariknya, harga motor bekas Honda Tiger 2000 saat ini mengalami kenaikan karena banyak yang mencari model awal. Warna kuning menjadi yang paling mahal karena jumlahnya yang terbatas.

Jika melihat harga di situs jual-beli online, Honda Tiger dijual mulai dari Rp 9 jutaan hingga Rp 27 jutaan. Namun, perlu diingat bahwa ada yang masih dalam kondisi asli, ada juga yang dimodifikasi menjadi gaya touring atau bahkan sepenuhnya dimodifikasi sesuai keinginan.

Kelebihan Honda Tiger

Dengan masa produksi yang panjang, tentu ada banyak cerita menarik yang terkait dengan motor ini. Salah satu pemilik sekaligus anggota komunitas Honda Tiger, Toha, menceritakan pengalamannya.

1. Posisi Berkendara Ergonomis

Motor naked sport seperti Honda Tiger memang sederhana namun memiliki kenyamanan dalam berkendara. Posisi berkendara yang nyaman dengan setang yang tinggi dan jok yang rendah cocok untuk postur rata-rata orang Indonesia, serta pijakan kaki yang pas, membuat pengendara betah dalam berkendara jarak jauh.

2. Kapasitas Tanki Besar

Dengan kapasitas tangki yang mencapai 13 liter, pengendara touring tidak perlu sering-sering mampir ke pompa bensin untuk mengisi ulang. “Juga tidak perlu khawatir mogok ketika melewati daerah yang jarang terdapat SPBU,” katanya.

3. Mesin Bertenaga

Toha mengatakan bahwa mesin standar 200 cc pada Honda Tiger sudah cukup mumpuni meskipun banyak yang melakukan peningkatan performa.

Dalam kondisi standar, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 17,4 PS pada 8.500 rpm dengan torsi hingga 15,89 Nm pada 6.500 rpm.

4. Mudah dimodifikasi

Honda Tiger adalah salah satu motor favorit untuk urusan modifikasi. Berbagai gaya bisa diterapkan di motor satu ini. Banyak penggemar modifikasi motor memang memburu Honda Tiger 2000 khusus untuk dimodifikasi.

Baca juga: Harga Motor Jupiter Z bekas Berapa Ya?

Kekurangan Honda Tiger

Meski motor ini banyak sekali peminatnya, bahkan hingga sekarang, bukan berarti Honda Tiger tidak punya kelemahan. Inilah beberapa kekurangan, atau penyakit yang sering terjadi:

1. Rantai Berisik

Suara berisik rantai Honda Tiger adalah salah satu ciri khas sejak awal hingga akhir produksinya. Suara tersebut semakin terdengar nyaring jika gir belakang mulai goyang. Tidak heran banyak yang mencari substitusi, terutama mengingat harga set gir asli yang cukup mahal.

2. Tangki Rawan Bocor

Selain itu, tangki Honda Tiger sering mengalami kebocoran seiring bertambahnya usia penggunaan. “Terlebih jika pemiliknya jarang melakukan pengurasan tangki,” ungkap Toha yang merawat Honda Tiger biru bertipe Tirev.

Harga tangki yang saat ini sudah sangat mahal juga menjadi masalah. “Terakhir kali membeli seharga Rp 600 ribu, sekarang harganya sudah mencapai Rp 14 juta. Untungnya saat membeli, tangki tersebut langsung dilapisi resin di bagian dalamnya sehingga tahan lama hingga sekarang,” ujarnya.

Kesimpulan

Honda Tiger memang menjadi salah satu motor legendaris di Indonesia dengan jumlah pengguna yang sangat banyak dan komunitas yang berkembang pesat di berbagai wilayah Indonesia.

Motor ini nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan performa mesin yang memuaskan. Namun, perlu juga diperhatikan kelemahan-kelemahan yang telah disebutkan sebelumnya agar tidak terjebak membeli motor tanpa mampu merawatnya dengan baik.

Baca juga: Mau Beli RX-King Bekas? Beginilah Tips-nya

Sumber: dari berbagai sumber.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Komparasi

Last updated on 9 Juni, 2023 Autos.id – Di Indonesia, motor modifikasi dengan gaya cafe racer, scrambler, atau tracker kini semakin populer. Setelah rilisnya...

Motor

Last updated on 2 Juni, 2024 Autos.id – Bunyi rantai yang berisik pada Honda Tiger sering menjadi masalah bagi para pengguna ketika mereka mengendarainya...

Modifikasi

Last updated on 20 Maret, 2024 Pada masanya, Honda Tiger 2000 merupakan salah satu sepeda motor favorit masyarakat Indonesia. Autos.id – Motor Tiger adalah...

Motor

Last updated on 4 Mei, 2023 Salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum mudik lebaran adalah kendaraan, dan Honda PCX bisa jadi pilihan. Autos.id –...

error: Content is protected !!