Connect with us

Hi, what are you looking for?

Modifikasi

Tips Modifikasi Honda Tiger 2000, Ikuti Trennya Ini

Honda Tiger 2000.
Honda Tiger 2000. (Sumber: Motor Tuo)

Last updated on 20 Maret, 2024

Pada masanya, Honda Tiger 2000 merupakan salah satu sepeda motor favorit masyarakat Indonesia.

Autos.id – Motor Tiger adalah salah satu motor sport legendaris di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika modifikasi Honda Tiger 2000 juga banyak diminati.

Honda Tiger terkenal sebagai motor yang tangguh dan cocok untuk melakukan perjalanan touring ke luar kota. Posisi berkendara yang nyaman dan kapasitas tangki bahan bakar yang besar menjadi alasan utamanya.

Motor Honda ini telah hadir di pasar Indonesia sejak awal kemunculannya pada tahun 1993 hingga seri terakhirnya pada tahun 2013. Selama bertahun-tahun, Honda Tiger mengalami beberapa perubahan desain yang cukup signifikan. Namun, tidak ada perubahan pada mesin atau mesinnya. Mesinnya memiliki kapasitas yang cukup diakui pada saat itu, yaitu 200cc, yang sangat besar untuk ukuran motor pada tahun 1990-an.

Sesuai dengan julukannya sebagai “super cruiser”, motor ini banyak digunakan oleh penggunanya untuk melakukan touring atau sekadar berkendara di perkotaan. Namun, julukan tersebut sedikit berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini karena banyak pengguna yang melakukan modifikasi pada Honda Tiger 2000 ini, baik dari segi desain maupun mesin. Tujuannya tentu saja untuk membuatnya lebih nyaman dan sesuai dengan gaya pemiliknya. Lalu, model modifikasi apa yang sedang tren untuk Honda Tiger 2000?

Dan berikut adalah beberapa referensi untuk modifikasi Honda Tiger 2000. Simak selengkapnya.

 

Modifikasi dengan Sentuhan Sederhana

Honda Tiger 2000 modifikasi sederhana.

Honda Tiger 2000 modifikasi sederhana. (Sumber: Madenginer)

Pada umumnya, modifikasi sederhana pada Honda Tiger tidak mengubah banyak bagian asli dari motor tersebut. Contohnya, modifikasi dapat dilakukan pada komponen-komponen seperti kaki-kaki, lampu, knalpot, atau stang.

Pada dasarnya, modifikasi ini hanya mengubah beberapa komponen agar lebih sesuai dengan gaya berkendara pemiliknya. Dalam hal kaki-kaki, seringkali pemilik melakukan perubahan dari rem tromol Tiger menjadi rem cakram (disc brake). Selain itu, velg asli yang berukuran 18 inci juga dapat diganti dengan ukuran 17 inci.

Dalam hal lampu, banyak pemilik yang menambahkan lampu kabut atau menggantinya dengan lampu LED untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih terang. Selanjutnya, pada sektor knalpot. Meskipun knalpot asli Tiger sudah terdengar kuat dan memiliki suara yang bulat, tak jarang pemilik menggantinya dengan knalpot aftermarket.

Terakhir, modifikasi dapat dilakukan pada bagian stang. Umumnya, semakin tinggi ukuran stang, pengendara akan merasa lebih nyaman dalam melakukan manuver karena posisi berkendara yang lebih santai.

 

Gaya Cafe Racer

Honda Tiger 2000 modifikasi cafe racer.

Honda Tiger 2000 modifikasi cafe racer. (Sumber: Madenginer)

Selanjutnya, ada modifikasi Honda Tiger yang terinspirasi dari motor balap klasik, yaitu modifikasi dengan gaya cafe racer.
Modifikasi ini cukup diminati oleh para penggemar motor retro klasik. Perlu diingat bahwa pada modifikasi ini, banyak komponen yang perlu diganti. Hal ini sama seperti pada modifikasi japstyle.

Baca juga: Honda Tiger vs Yamaha Scorpio, Pilih Mana Untuk Dimodifikasi?

Gaya Chopper

Honda Tiger 2000 modifikasi chopper.

Honda Tiger 2000 modifikasi chopper. (Sumber: Madenginer)

Ingin memiliki motor Harley atau motor dengan gaya chopper? Jika Anda memiliki Honda Tiger di rumah, Anda bisa memodifikasinya menjadi gaya chopper.

Desain chopper ditandai dengan postur motor yang rendah dan tangki serta stang yang tinggi. Namun, modifikasi gaya chopper ini tentu membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan hampir 70% komponen Honda Tiger perlu diubah untuk mencapai hasil modifikasi chopper yang maksimal.

Baca juga: 7 Langkah Modifikasi Motor Yang Tidak Melanggar Hukum, Namun No 5 & 7 Paling Sering Dilanggar

Gaya Touring

Honda Tiger 2000 modifikasi touring.

Honda Tiger 2000 modifikasi touring. (Sumber: Madenginer)

Berikutnya, ada modifikasi Honda Tiger 2000 dengan gaya touring atau petualangan. Modifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara jarak jauh. Selain kenyamanan, modifikasi gaya touring juga menitikberatkan kemampuan motor Tiger untuk melewati berbagai medan dan kondisi jalan.

Karena fokusnya pada touring, modifikasi ini tidak membutuhkan banyak perubahan. Biasanya, modifikasi gaya touring melibatkan penambahan aksesori.

Aksesori yang umumnya digunakan antara lain tambahan bagasi, pelindung rangka motor, stang yang lebih tinggi, penggantian kaki-kaki, dan spakbor. Tak jarang juga dilakukan penggantian ban dengan ban all-terrain agar motor dapat melintasi berbagai kondisi jalan dengan mudah.

Baca juga: Inilah Modifikasi Honda CB150X Hasil Kreasi Tiga Modifikator

Gaya Sport

Honda Tiger 2000 modifikasi sport.

Honda Tiger 2000 modifikasi sport. (Sumber: Madenginer)

Bagi Anda yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda, mungkin modifikasi dengan aliran Tiger sport bisa menjadi pilihan. Modifikasi ini akan membuat Honda Tiger Anda terlihat seperti motor sport dengan fairing.

Untuk melakukan modifikasi sport pada Honda Tiger 2000, Anda perlu memasang bodi kustom untuk menutupi bagian depan motor Tiger yang biasanya terbuka pada motor sport naked. Selain itu, Anda juga dapat mengganti bagian kaki-kaki dengan ban yang lebih besar dan menambahkan dekorasi decal khas motor sport.

Baca juga: Honda Megapro Primus, Motor Sport Legendaris yang Sering di Kustom

Gaya Thailook

Honda Tiger 2000 modifikasi thailook.

Honda Tiger 2000 modifikasi thailook. (Sumber: Madenginer)

Aliran modifikasi berikutnya yang dapat Anda coba adalah modifikasi Tiger Thailook. Sesuai dengan namanya, modifikasi ini menekankan penggunaan ban cacing dan beberapa komponen Honda Tiger yang dihilangkan.

Beberapa komponen yang dihilangkan tersebut kemudian dapat diganti dengan komponen aftermarket yang berasal dari Thailand.
Namun, perlu diingat bahwa Anda harus berhati-hati saat melakukan modifikasi ini.

Karena Honda Tiger memiliki bobot yang cukup berat, maka ban yang digunakan tidak boleh terlalu kecil. Untuk tampilan yang lebih mencolok, Anda juga dapat mengganti beberapa komponen dengan warna yang lebih mencolok. Dijamin, motor Anda akan menjadi sorotan di jalan.

Baca juga: Mau Modifikasi Sepeda Motor Tapi Masih Pemula? Simak Tipsnya

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 25 Mei, 2024 Autos.id – Dengan bangga, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya, yakni Honda BR-V N7X Edition. Terdapat 3 varian tipe...

Yadea

Autos.id – Dalam era di mana kesadaran akan dampak lingkungan semakin meningkat, transportasi berkelanjutan menjadi lebih dari sekadar tren, tetapi sebuah kebutuhan mendesak. Kendaraan...

Motor

Last updated on 8 Mei, 2024 Autos.id – Dalam era di mana keberlanjutan dan efisiensi energi semakin menjadi perhatian utama, motor listrik telah muncul...

Mobil

Last updated on 3 Mei, 2024 Autos.id – Setelah sukses merancang konsep bersama dengan pabrikan otomotif asal Tiongkok, Dongfeng, Honda luncurkan produk terbaru mereka,...

error: Content is protected !!