Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Ternyata Motor Untuk MotoGP Pernah Dijual Untuk Umum, Harganya Fantastis!

Ternyata Motor MotoGP KTM RC16 Pernah Dijual Untuk Umum, Segini Harganya
Pemenang MotoGP Mandalika, Miguel Oliveira

Motor KTM RC16 sendiri selain digunakan untuk tim Red Bull KTM di ajang MotoGP, juga menjadi tim pabrikan, yang digunakan oleh tim satelit KTM yaitu Tech3 KTM.

Autos.id – MotoGP Mandalika memang baru saja berakhir pada hari Minggu kemarin (20/3/2022). Dalam balapan tersebut, pembalap Red Bull KTM asal Portugal, Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang GP Mandalika untuk pertama kalinya yang berlangsung dalam kondisi basah tersebut. Diketahui tim Red Bull KTM sendiri mengandalkan motor KTM RC16 sebagai motor tungganannya baik bagi Oliveira maupun rekan setimnya asal Afrika Selatan, Brad Binder.

Tapi ternyata motor KTM RC16 yang dipakai untuk balapan MotoGP ini pernah dijual untuk umum dengan harga yang tergolong fantastis dan dijual secara terbatas.

Ternyata Motor MotoGP KTM RC16 Pernah Dijual Untuk Umum, Segini Harganya

Motor KTM RC16 Untuk Balapan MotoGP Musim 2022

Harga Yang Fantastis

Mengutip dari berbagai sumber, pada tahun 2019 dan 2020, motor KTM RC16 pernah dijual secara terbatas untuk masyarakat umum. Bahkan motor yang dijual untuk umum ini benar-benar pernah digunakan untuk balapan MotoGP tanpa perbedaan spek sama sekali. Motor KTM RC16 yang dijual ke umum tersebut pernah digunakan oleh Pol Espargaro saat pembalap Spanyol tersebut masih membela tim tersebut.

Kurang lebih ada 2 unit motor KTM RC16 yang pernah digunakan balapan MotoGP oleh Pol Espargaro yang dijual secara terbatas ke masyarakat umum saat itu. Untuk harga yang dipatok sendiri juga tergolong sangat fantastis yaitu mencapai 288.000 Euro atau sekitar Rp 4,5 Miliyar per unitnya. Selain mendapatkan motornya, pemilik yang membeli motor ini juga mendapat beberapa hadiah menarik dari KTM.

Untuk pembeli yang beruntung mendapatkan motor ini mendapat hadiah wearpack atau baju balap serta Helm yang sudah ditandatangani langsung oleh Pol Espargaro. Selain itu pembeli dari motor ini juga mendapat tiket nonton VIP MotoGP secara gratis untuk beberapa event balapan MotoGP.

Ternyata Motor MotoGP KTM RC16 Pernah Dijual Untuk Umum, Segini Harganya

Motor KTM RC16 Milik Pol Espargaro Yang Dijual Ke Masyarakat Umum

Spek Yang Sama Ketika Digunakan Balap

Bila berbicara spesifikasi motor KTM RC16 ini, motor yang pernah dijual ke masyarakat umum dengan apa yang digunakan untuk balapan MotoGP ini sama persis. Motor ini dilengkapi dengan mesin V4 berkapasitas 1.000 cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 265 Hp. KTM sendiri menyebut bahwa top speed dari KTM RC16 ini mencapai 340 km/jam.

Beberapa perangkat elektronik yang digunakan untuk balapan MotoGP ini juga masih dipertahankan saat motor ini dijual untuk umum. Misalnya seperti Drive By Wire, Engine Braking, Quickshifter, Traction Control, Wheelie Contral, Pit Lane Limiter hingga Launch Control juga masih disematkan saat motor ini dijual ke umum, sangat menarik pastinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Yamaha YZF500 yang dilelang ini merupakan motor yang pernah dipakai balap Kenny Roberts Jr balapan debut di kelas GP500 tahun 1996 silam. Autos.id –...

Motor

Tanpa adanya tim satelit membuat Yamaha hanya akan menurunkan 1 tim dengan 2 motor saja untuk MotoGP musim 2023 mendatang. Autos.id – Sejak keikutsertaan...

MV Agusta

Meskipun tertarik kembali ke ajang MotoGP, MV Agusta belum akan kembali ke ajang balap motor bergengsi ini setidaknya dalam beberapa tahun kedepan. Autos.id –...

Motor

Meskipun akan memudahkan pembalap dalam mengendalikan motornya, nyatanya perangkat Ride Height pada motor MotoGP modern justru mengurangi keterlibatan pembalap dalam melajukan motor yang dikendarainya...