Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Motor Piaggio Akan Dilengkapi Fitur Airbag

Motor-Motor Dari Piaggio Akan Memiliki Fitur Airbag

Last updated on 22 Maret, 2022

Untuk meningkatkan keselamatan berkendara dikendaraan roda dua, Piaggio bersama dengan perusahaan peranti keselamatan asal Swedia, Autoliv memberikan perangkat safety airbag untuk motor-motor terbaru Piaggio.

Autos.id – Baru-baru ini, salah satu produsen motor eksotis asal Italia, Piaggio, akan menambahkan fitur safety airbag pada semua motor yang diijualnya. Dan pemberian fitur safety airbag ini tidak hanya berlaku untuk Piaggio, karena Vespa yang masih dalam satu grupnya  juga akan diberikan fitur airbag tersebut. Rencanan penggunaan airbag ini dilakukan Piaggio sebagai salah satu langkah untuk mencegah pengendara mengalami cedera parah ketika terjadi kecelakaan.

Seperti yang dikutip dari Ride Apart, kepastian Piaggio untuk menambahkan fitur airbag ini terungkap setelah adanya Kerjasama dengan Autoliv. Autoliv sendiri merupakan salah satu pemasok teknologi keselamatan berkendara terkemuka didunia otomotif.

Sudah Menekan Kerja Sama

Bahkan Autoliv sudah mendatangani kontrak kerja sama  dengan Piaggio untuk pengembangan fitur safety airbag pada motor yang akan diproduksi selanjutnya. Nantinya, kedua perusahaan ini akan bersama-sama mengembangkan penggunaan airbag untuk produksi motor dari Piaggio selanjutnya. Fitur airbag didalam motor Piaggio nanti juga akan didesain sesuai kebutuhan safety untuk kendaraan roda dua.

Baca juga: Daftar Harga Motor Piaggio November 2021

Piaggio MP3

Meski begitu, pihak Piaggio sendiri belum mau menjelaskan secara rinci mengenai produk motor mana saja yang nantinya akan dipasang dengan fitur airbag ini. Tapi menurut beberapa prediksi menyebutkan bahwa penggunaan airbag ini akan diterapkan dibeberapa motor dari Piaggio yang memiliki performa tinggi dan juga beberapa motor sport.

Piaggio sendiri sedikit memberi bocoran soal detail fitur airbag yang akan dihadir dimotor produksi mereka. Nantinya airbag tersebut akan terpasang dibagian rangka motor yang akan mengembangkan dalam hitungan milidetik apabila terjadi benturan atau kecelakaan dalam kecepatan tinggi. Autoliv sendiri sudah membuat konsep pertama airbag yang akan dipasang dimotor-motor Piaggio ini.

Perusahaan peranti keselamatan asal Swedia ini bahkan juga sudah melakukan pengembangan serta beberapa pengetesan dalam skala penuh. Dan dalam pengetaesan yang sudah dilakukan Autoliv, juga sudah disesuaikan dengan berbagai jenis motor. Yang artinya memang sudah didesain secara matang serta bisa disesuaikan dengan ukuran motor yang akan diproduksi dan nantinya dapat berfungsi secara optimal.

Menghindari Resiko Fatalitas Lebih Kecil

CEO dan Presiden dari Autoliv, Mikael Bratt menyebutkan dengan kehadiran airbag ini pada sepeda motor akan semakin membantu mengurangi resiko keparahan dan fatal ketika terjadi kecelakaan. Dan juga penggunaan airbag juga akan jauh lebih menyelamatkan banyak nyawa pengendara dijalan raya. Kemudian perusahaan juga memastikan agar keselamatan berkandara menjadi tujuan utama dalam menghadirkan fitur airbag ini.

Baca juga: Perayaan 100 Tahun Moto Guzzi, Persembahan dari PT Piaggio Indonesia

Motor-Motor Dari Piaggio Akan Memiliki Fitur Airbag

“Pengembangan dari produk ini merupakan salah satu langkah bagian integra dari keberlanjutan agenda serta langkah penting menuju tujuan kami untuk menyelamatkan kurang lebih 100.000 nyawa setiap tahunnya mulai 2030 mendatang.” Ujar Mikael. Ia juga mengharapkan bahwa kedepannya fitur airbag juga sudah jadi standar safety untuk roda dua seperti yang sudah lama diterapkan dikendaraan roda empat.

Hingga saat ini, untuk kendaraan roda dua, baru Honda Goldwing yang menjadi sepeda motor satu-satunya yang dilengkapi dengan airbag. Tapi kabarnya dalam beberapa tahun kedepan, Honda tidak menutup kemungkinan juga akan memberikan fitur airbagnya pada produk motor lainnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

MP3 300 hpe Sport kini hadir di Indonesia setelah diluncurkan oleh pihak Piaggio. Autos.id – Piaggio Indonesia secara resmi meluncurkan motor roda tiga MP3...

Aksesoris

Untuk performa skuter Anda, perusahaan Polini mempunyai banyak pilihan dalam katalognya dan yang terbaru yang dihadirkannya adalah Engine Control Module (ECM) atau Unit Kontrol...

Reviews

Piaggio memang sudah cukup lama dalam menjual skuter MP3 500, begitu pula Yamaha dengan Tricity-nya dan Peugeot yang sudah mempunyai skuter roda tiganya. Autos.id...

Motor

Last updated on 22 Maret, 2022 Airbag ini nantinya juga akan disematkan pada kendaraan skuter Jakarta, Autos.id – Autoliv, inc. , pemimpin dalam sistem...