Pada Agustus 2021, KTM resmi menghadirkan motor sport RC generasi terbaru. Menampilkan gaya yang sepenuhnya didesain ulang dengan penyempurnaan kinerja, handling, seri RC baru yang terdiri dari 125, 200 dan 250 cc di beberapa pasar, dan 390 cc yang berbeda dari pendahulunya.
Autos.id – Walaupun gayanya yang polarisasi, tetapi kita tampaknya lebih menyukai tampilan sepeda motor generasi sebelumnya dan kemungkinan tidak bisa disangkal jika penyempurnaan membuat sportbike secara keseluruhan lebih bisa dikendarai. KTM mengawalinya dengan merilis RC 200 yang berkapasitas lebih kecil di seluruh Asia pada awal 2022. Bahkan kita bisa mencobanya di trik saat KTM Filipina saat mengadakan hari lintasan selama acara peluncuran sepeada motor bulan Maret 2022.
Yang berpikir itu hanya seberapa juah lebih baik dari RC 390 yang lebih besar setelah diluncurkan. Kita pun akan segera mengetahuinya karena KTM secara resmi merilis RC 390 di India.
Motor RC 390 akan dijual dengan harga $4,050 USD atau kisaran Rp 59,3 juta dan pemesanannya akan dimulai di India. Model 2022 ini menerima banyak peningkatan desain dan fungsionalitas daripada pendahulunya.
Dari mulai Headlamp LED single-pod, bodywork yang dirombak, tangki bahan bakar 13,7 liter, dan desain kursi yang dimodifikasi adalah bagian dari desain yang serba baru. Untuk pencahayaan LED penuh serta kemampuan Bluetooth adalah di antara fitur-fiturnya. Sementara itu, pengaturan untuk suspensi yang telah disesuaikan sudah hilang dari KTM RC 390 yang tidak seperti varian spesifikasi internasional.
Tentunya menyebabkan garpu depan upside-down yang bersumber dari WP dan mono-shock belakang yang bisa disesuaikan preload untuk RC 390 2022. Kemudian, rem cakram tunggal dengan ABS menikung digunakan pada kedua ujungnya. Selanjutnya, sistem kontrol traksi baru juga sudah dihadirkan agar lebih bisa beradaptasi jalan serta trek.
KTM Factory Racing Blue dan KTM Orange merupakan dua warna yang sudah tersedia. Pada mesinya adalah 373cc, berpendingin cairan, satu silinder dengan camshaft overhead ganda, empat katup, dan injeksi bahan bakar elektronik yang tentunya suda sesuai dengan peraturan emisi BS6/Euro 5. Motor ini juga mendapatkan kotak udara 40 persen lebih besar dan penyetelan mesinnya sudah dilakukan penyegaran yang nantinya bertujuan dalam meningkatkan torsi dan kemampuan untuk berkendara secara menyeluruh.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.