Last updated on 5 Juni, 2024
Pada masanya, motor Honda Karisma merupakan salah satu tulang punggung bagi Astra Honda Motor untuk segmen motor bebek selain Honda Supra X.
Autos.id – Pada medio 2000an awal dulu, nama Honda Karisma merupakan salah satu motor yang cukup populer pada masanya. Bisa dibilang pada awal 2000an dulu, sebelum tren motor skutik matic yang sekarang menjadi motor yang banyak dijalan, jenis motor bebek saat itu merupakan salah satu jenis motor yang sangat populer dan laris dipasaran. Salah satunya adalah Honda Karisma.
Meskipun saat ini Honda Karisma sudah tidak lagi diproduksi lagi dalam kondisi baru, tapi motor bebek yang satu ini tetap menjadi barang buruan bagi orang-orang yang masih senang dengan motor bebek ditengah tren motor skutik matic yang sekarang lebih populer.
Saat ini keberadaan motor bebek ini bisa dibilang cukup langka, tapi masih ada saja yang tetap mengincar motor bebek yang satu ini. Terlebih bila masih dalam kondisi original, maka harga jualnya juga cendrung cukup tinggi dan bisa jadi bahan untuk investasi. Nah, sebelum sobat Autos mencari Honda Karisma dalam kondisi second pastinya, berikut ulasan kelebihan dan kelemahan dari motor bebek ini.
Baca juga: Honda NSR 150: Sejarah, Spesifikasi, dan Harga di Indonesia
Kelebihan Honda Karisma
Kelebihan pertama dari motor ini adalah dari segi kapasitas mesinnya. Di masanya Honda Karisma menggunakan mesin 125cc 4 tak SOHC yang termasuk cukup besar. Mesin ini memiliki tenaga sekitar 9,3 PS dan torsi 10,1 Nm. Tenaga dan torsi tersebut bisa dibilang sudah lebih dari cukup meskipun dari sisi mesin ini juga memiliki kelemahan yang nanti akan kami jelaskan dibagian kelemahannya nanti.
baca artikel menarik lain tentang karisma x
Kelebihan yang kedua adalah pada bagian kaki-kakinya. Karena suspensi Honda Karisma dalam kondisi yang standar tergolong cukup nyaman. Terlebih dengan penggunaan velg jari-jari yang memang lebih ditujukan untuk memberikan bantingan yang lebih empuk dan mampu melibas berbagai kondisi jalanan di Indonesia yang memang kurang rata aspalnya. Serta penggunaan rem cakram depan yang setidaknya memberikan rasa aman ketika akan melakukan pengereman.
Baca juga: Sejarah dan Generasi Honda Supra Bapak
Kemudian dari sisi ergonomis ketika sedang berkendara, Honda Karisma juga memiliki posisi berkendara yang cukup ergonomis untuk sebuah motor bebek. Apalagi dengan posisi tempat duduk yang mendatar, membuat pengendara serta penumpangnya akan tetap merasa nyaman. Meskipun bukan model yang mengarah ke sporty dengan desain body yang cukup besar, paling tidak masih bisa memberikan kenyamanan yang cukup menyenangkan ketika berkendara.
baca artikel menarik lain tentang karisma 125d
simak artikel menarik lain tentang honda karisma x
Kelemahan Motor Honda Karisma
Meskipun mesin motor ini memiliki kapasitas mesin yang cukup besar di masanya, tapi memang mesin ini tidaklah hemat bahan bakar. Karena mesin 125 cc Honda Karisma ini masih menggunakan teknologi karburator bukan injeksi seperti pada motor-motor kekinian. Selain konsumsi BBM yang boros, penggunaan mesin karburator juga sangat terasa pada getaran mesin. Getaran lebih terasa bila dibandingkan motor-motor modern yang sudah menggunakan sistem injeksi.
Kelemahan berikutnya ada pada bagian perseneling yang tergolong cukup keras. Karena persneling yang cukup keras ini membuat pengendara harus membutuhkan tenaga lebih ketika akan sedang berganti gigi. Persneling yang cukup keras juga membuat pengendalian serta handling motor ini jadi kurang luwes. Pengendara harus lebih berhati-hati bila ingin menikung atau berkendara pada kecepatan yang tinggi.
Baca juga: Kawasaki Luncurkan KLX110R. Bagaimana Spesifikasi dan Harganya?
Kelemahan lainnya adalah dari sisi fitur. Wajar memang karena motor ini sejatinya lahir pertama kali di tahun 2003 dan belum banyak fitur-fitur yang bisa memanjakan pengendara. Meskipun pada kenyataanya banyak yang tidak mempermasalahkan minimnya fitur pada motor Honda Karisma yang satu ini. Terlebih bagi orang-orang yang old school dan suka dengan desain yang old school seperti ini.
Nah itulah beberapa kelebihan serta kelemahan dari motor legendaris ini. Di pasar motor second harga Honda Karisma bervariasi dari 3 hingga 5 juta Rupiah tergantung kondisi. Bila menemukan Karisma yang masih orisinal serta terawat dengan baik, bisa jadi harganya akan lebih tinggi dari itu. Semoga bisa membantu anda yang memang mau mengincar motor ini.
Baca juga: Bodi Honda Karisma Bergetar? ini Solusi-nya
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.