Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Perbedaan Honda Karisma 125D dengan X 125

Last updated on 5 Juni, 2024

Perbedaan Karisma 125D dengan X 125 cukup banyak meskipun dari mesin sendiri tidak berbeda

Autos.id – Honda Karisma 125D dengan X 125  sendiri hadir untuk berikan model baru dengan mesin lebih besar dari rival terdekatnya, Yamaha Jupiter Z. Karena motor honda Karisma sendiri berbeda dengan motor lainnya, otomatis banyak yang suka. Namun, pertama kali hadir pun motor ini ada dua pilihan, yaitu tromol dan disc brake.

Pasalnya, motor ini keluar saat era motor matik belum jaya bahkan inilah cikal bakal motor bebek berkapasitas 125 cc dari Honda. Sebenarnya, era tersebut masih banyak produsen bermain di kapasitas mesin 100cc – 110cc saja.

simak artikel menarik lain tentang motor karisma

Karisma 125D dengan X 125

baca artikel menarik lain tentang kelebihan honda karisma 125d

Karena itu, masuknya sepeda motor karisma sendiri beri warna baru sekaligus upaya maksimal buat pengenalan produk bermesin 125cc ke masyarakat Indonesia saat itu. Kehadiran pertama motor bebek ini ada pada dua model. Yaitu, Karisma 125 dan Karisma 125D.

Selanjutnya hadir kembali dengan nama Karisma X 125D. Lantas, apa perbedaan dari kedua motor tersebut?

Baca juga: Bodi Honda Karisma Bergetar? ini Solusi-nya

Karisma 125 Lebih Gemuk

Bicara model awal dari Karisma, memang bodi-nya sendiri lebih gemuk daripada motor bebek lainnya. Selain itu, tersedia dua varian tersendiri. Yaitu 125 dengan rem tromol dan 125D untuk varian dengan disk brake depan.

Model ini sendiri punya keunikan pada zamannya. Mulai dari spidometer sudah gunakan model digital terus bagasi Karisma 125D sendiri lebih besar dan bisa masuk helm pada masanya. Hal seperti ini bisa terjadi karena banyak sekali pembaruan yang tak pernah ada yang adopsi sebelumnya.

baca artikel menarik lain tentang motor kharisma

Sedangkan Karisma X 125D sendiri bodinya lebih ramping dan bagasinya turut mengecil karena bodi yang semakin ramping tersebut. Namun, keuntungan dari Karisma X sendiri adalah bodinya lebih ramping jadinya lebih nyaman buat bermanuver.

Belum lagi cover rantai pada Karisma sebelumnya hilang di generasi ini. Sehingga terlihat lebih sporty dan maskulin bukan. Namun, untuk varian X sendiri masa edarnya tidak lama seperti model Karisma 125D atau 125 itu sendiri. Bahkan peredaran model ini langsung berganti dengan Supra X 125 terbaru.

Baca Juga: Kelemahan dan Kelebihan Honda Karisma 125

Mesin sendiri bagaimana untuk Seri Karisma?

Buat mesin sendiri, sebenarnya Karisma 125 maupun X 125 sendiri memang masih gunakan basis mesin 125 cc karburator dengan CDI DC dan tenaga mesin 9,3 PS dan torsi 10.1 Nm. Mesin ini memang terbilang badak sampai sekarang. Tidak pernah rewel bahkan spare part melimpah semua.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 25 Mei, 2024 Autos.id – Dengan bangga, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya, yakni Honda BR-V N7X Edition. Terdapat 3 varian tipe...

Mobil

Last updated on 3 Mei, 2024 Autos.id – Setelah sukses merancang konsep bersama dengan pabrikan otomotif asal Tiongkok, Dongfeng, Honda luncurkan produk terbaru mereka,...

Mobil

Autos.id – Di tengah merebaknya kendaraan elektrik, Honda turut memperkenalkan mobil listrik keluaran terbaru mereka. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Jepang itu langsung mengeluarkan tiga...

Mobil

Last updated on 2 Mei, 2024 Autos.id – Di tengah gempuran mobil listrik kompak dengan harga terjangkau, Honda menghadirkan produk baru dengan harga yang...

error: Content is protected !!