Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Inilah Yamaha Neo, Skutik Mini Listrik Untuk Pasar Eropa

Inilah Yamaha Neo, Skutik Mini Listrik Untuk Pasar Eropa

Yamaha Neo nantinya selain akan dijual untuk pasar juga berpotensi bisa masuk ke pasar negara ASEAN seperti Indonesia dengan sistem sewa alias rental

Autos.id  – Baru-baru ini, Yamaha meluncurkan sebuah motor skutik mini listrik terbaru untuk pasar Eropa. Motor ini diberi nama Yamaha Neo yaitu sebuah skutik mini dengan motor listrik yang didesain untuk pengendara dengan katagori SIM AM atau motor yang bisa digunakan untuk para pemula. Motor ini menyasar pasar pemula yang mudah digunakan oleh semua orang termasuk para pemula sekalipun.

Yamaha Neo mengusung motor listrik yang diklaim bisa setara dengan skutik bermesin konvensional 50 cc yang menyasar ramah lingkungan dan hemat energi

Spesfikasi Yamaha Neo

Yamaha Neo sendiri dibekali dengan motor listrik bertenaga 2,25 Kw. Tenaga tersebut berasal dari motor listrik yang dipasang dibagian penggerak dengan sebuah baterai Lithium-Ion. Baterai Lithium-Ion yang ada di motor ini memiliki kapasitas 50,4 V atau setara 19,2 Ah kepadatan energi tinggi dari Yamaha. Baterai motor ini sendiri memiliki berat sekitar 8 kg dengan kapasitas 1 kwh.

Baca juga: Yamaha Luncurkan Desain Sepeda Motor Hybrid yang Inovatif

Inilah Yamaha Neo, Skutik Mini Listrik Untuk Pasar Eropa

Yamaha sendiri mengkalim bahwa Yamaha Neo ini bisa berjalan sejauh 37 km hanya dalam sekali pengisian daya. Bila dikombinasikan dengan baterai kedua yang dijual terpisah, Yamaha Neo diklaim bisa berjalan sejauh 68 km dalam sekali pengisian daya. Dalam keterangan resminya, Yamaha menyebut bahwa baterai yang digunakan akan dialihkan secara otomatis saat motor ini berjalan dengan 2 baterai aktif.

Baterai motor ini berada dibawah jok tepat dibawah ruang penyimpanan barang berukuran 27 liter. Ruang penyimpanan atau bagasi dari Yamaha Neo ini diklaim bisa memuat 1 helm berukuran half face. Untuk memberikan rasa berkendara yang baik, Yamaha membekai motor ini dengan 2 mode berkendara yaitu Standard dan Eco.

Mode Standard pada motor ini akan membuat motor ini memiliki data listtik mencapai 2,06 kw. Sedangkan mode Eco pada motor ini akan membat motor hanya dibatasi hingga 1,58 kw dikecepatan 30 hingga 35 km/jam. Klaim Yamaha sendiri menyebut bahwa Yamaha Neo ini bisa berjalan sejauh 38,5 km/jam saat mode Eco diaktifkan.

Sebagai sebuah motor listrik, Yamaha Neo diklaim bisa menyingkirkan berbagai suara bising yang berasal dari mesin, roda gigig, serta rantai yang membuat motor ini senyap ketika dikendarakan. Dalam pengujian yang dilakukan Yamaha, mereka mengklaim bahwa moyor ini memiliki tingkat kekedapan diangak 55 dB dari karak 7 meter. Artinya jauh lebih senyap bila dibandingkan motor bermesin konvensional yang menghasilkan 71 dB pada jarak yang sama.

Baca juga: Mesin Hidrogen Terbaru Yamaha Membuka Jalan Bagi Motor Generasi Baru

Motor Listrik Yamaha Neo

Desain Skutik Retro

Bila berkaca pada desain, Yamaha Neo sendiri memiliki Bahasa desain yang kurang lebih menyerupai beberapa skutik retro yang mencoba futuristis. Mulai dari 2 lampu LED yang cukup futuristis serta tampilan yang mengesankan sebuah skutik berdesain retro dan futuristis.

Beberapa fitur yang dihadirkan pada motor ini diantaranya panel instrument digital yang memuat berbagai informasi seputar motor. Mulai dari status pengisian daya, speedometer, serta panel instrument ini terintegrasi dengan aplikasi smartphone yang dinamakan Yamaha MyRide. Pada aplikasi ini, bebrabagi informasi seputar motor anda bisa terlihat secara jelas hanya dari smartphone anda.

Yamaha menyebut bahwa Yamaha Neo ini akan segera diproduksi dan juga segera dijual kekonsumen di Eropa pada bulan ini. Meskipun begitu, Yamaha menyebut bahwa motor ini nantinya juga akan berpotensi dijual dipasar ASEAN termasuk Indonesia dengan skala sedang menggunakan sistem sewa alias rental. Menarik untuk ditunggu apakah motor ini nantinya apakah benar-benar masuk Indonesia atau tidak.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motor

Setelah dipamerkan di acara IIMS Hybrid 2022 beberapa waktu lalu, Yamaha E01 rencananya masuk ke segmen ‘mid range’. Autos.id – Pihak Yamaha kabarnya akan...

Motor

Volta yang merupakan salah satu produsen motor listrik asli Indonesia, meluncurkan produk baru saat acara IEMS 2022. Autos.id – Volta yang merupakan anak perusahaan...

Berita Otomotif

Pihak kepolisian sudah siap untuk mengawal jalannya KTT G20 di Bali dengan kendaraan yang ramah lingkungan. Autos.id – KTT G20 dijadwalkan digelar pada tanggal...

Gesits

Gesits yang dikenal sebagai produsen motor listrik murah di Indonesia menambahkan produk dengan harga yang lebih murah lagi. Autos.id – Gesits dikabarkan akan memperkenalkan...