Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Inilah Honda CL500 Yang Akan Meramaikan Segmen Motor Scrambler

Inilah Honda CL500 Yang Akan Meramaikan Segmen Motor Scrambler

Honda CL500 ini nantinya akan mulai dipasarkan secara global pada kuartal pertama tahun 2023 dan akan hadir di beberapa negara termasuk di Asia.

Autos.id – Segmen motor Scrambler atau motor naked dengan desain ala-ala retro nampaknya mulai naik daun lagi. Dan baru-baru ini pada ajang EICMA 2022 di Milan, Italia, Honda secara resmi meluncurkan CL500 yang akan meramaikan pasar segmen motor scrambler.

Honda CL500 ini nantinya akan menantang beberapa motor Scrambler lainnya seperti Ducati Scrambler Sixty2.

Inilah Honda CL500 Yang Akan Meramaikan Segmen Motor Scrambler

Berbasis Honda Rebel

Dilansir dari Visordown, Honda CL500 ini mengambil basis dari Honda Rebel atau yang dikenal juga dengan CMX500. Yang membedakan adalah apabila Honda Rebel merupakan motor cruiser dengan konfigurasi jok yang renda, Honda CL500 menggunakan konfigurasi jok yang lebih tinggi agar bisa digunakan ke segala medan.

Desain dari Honda CL500 ini bisa dibilang cukup mirip dengan Honda CL yang pernah populer di era 80-an hingga 90-an. Mulai dari penggunaan knalpot yang tinggi di bagian samping dengan dua lubang di bagian ujung dan sudah dilengkapi pelindung panas. Untuk menguatkan kesan yang tangguh, motor ini menggunakan rangka model tubular.

Pada dasarnya rangka yang digunakan CL500 mirip dengan Honda Rebel, tetapi rangka tubular motor ini berada di bagian belakang. Lalu penggunaan subframe pada Honda CL500 ini lebih pendek untuk memberikan rasa berkendara yang lebih nikmat dan nyaman, terutama untuk perjalanan jarak jauh.

Inilah Honda CL500 Yang Akan Meramaikan Segmen Motor Scrambler

Rangka dari Honda CL500 ini juga dilengkapi dengan sudut rake sebanyak 27 derajat yang membuat kestabilan motor ini tetap terjaga dengan baik. Dari segi dimensi, Honda CL500 ini memiliki wheelbase 1.485 m atau lebih pendek hingga 6 mm dibandingakn Honda Rebel. Serta pada bagian suspensi, motor ini menggunakan suspensi depan teleskopik dari Showa 41 mm dan suspensi belakang model ganda dengan 5 pengaturan kekerasan.

Pada bagian kaki-kaki, sistem pengereman ABS juga sudah menjadi standar di motor ini. Tidak ketinggalan penggunaan rem cakram depan dengan diameter 310 mm model tunggal yang digabungkan dengan rem cakram belakang model tugal dengan diameter 240 mm. Serta motor ini menggunakan ban berukuran 19 inch dengan profil 110/80 R19. Sedangkan ban belakang menggunakan ukuran 17 inch dengan profil 150/70 R17.

Beralih ke bagian mesin, Honda CL500 mengandalkan mesin berkapasitas 471 cc, 2 silinder, 4 tak yang sudahDOHC dan berpendingin udara. Untuk tenaga dan torsi bisa dibilang cukup ok untuk sekelasnya dengan 45,9 Hp dan 43,4 Nm yang artinya tenaganya sedikit lebih kecil dari Rebel 500 namun memiliki torsi yang sama.

Honda sendiri belum memberikan harga resmi dari CL500. Namun, Honda akan menjual motor ini secara global pada kuartal pertama tahun 2023 mendatang. Belum diketahui apakah CL500 akan masuk ke pasar Indonesia atau tidak meskipun motor ini nantinya akan diproduksi di Thailand.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga