Last updated on 3 Juni, 2024
Bagi pemilik Yamaha Mio keluaran lama yang masih menggunakan karburator, tips kali ini akan membuat motor Mio karbu bisa jauh lebih irit lagi.
Autos.id – Apakah masih ada yang memiliki Yamaha Mio keluaran lama, terutama yang masih menggunakan mesin karburator? Bisa dibilang Yamaha Mio karbu merupakan salah satu motor dengan mesin yang tergolong awet dan tahan banting. Tetapi salah satu problem dari Yamaha Mio karbu adalah tidak bisa seirit ketika masih dalam kondisi baru dulu. Konsumsi BBM Mio karbu memang tergolong boros dibandingkan motor matic modern, yaitu sekitar 20 km / liter, apalagi kalau digunakan dalam kondisi macet, bisa makin boros. Jadi, bagaimana caranya supaya irit? Simak tips berikut.
simak artikel menarik lain tentang karburator yang cocok buat mio sporty
Tips Agar Yamaha Mio Karbu Bisa Irit
1. Menggunakan BBM Minimal Oktan 92
Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah memilih bahan bakar yang tepat. Untuk Yamaha Mio karburator ini sebenarnya menggunakan BBM Oktan 90 seperti Pertalite atau yang sekarang sedang populer Vivo 90 sebenarnya masih aman.
Tetapi agar memberikan pembakaran yang optimal serta konsumsi BBM yang irit, penggunaan BBM dengan oktan 92 seperti Pertamax adalah pilihan yang tepat. Karena dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas juga akan menjaga keawetan karburator dari Yamaha Mio karbu.
Baca juga: Perbedaan Yamaha Mio Z dan Mio M3 Secara Lengkap
2. Cek Kondisi Filter Udara
Motor yang masih menggunakan karburator seperti halnya Mio keluaran lama memiliki komponen yang penting untuk diperhatikan, yaitu filter udara. Sangat penting untuk selalu merawat dan membersihkan filter udara di Mio karbu.
Karena bisa dibilang peran filter udara, terutama pada motor dengan teknologi karburator seperti Mio ini sangat penting dalam memberikan konsumsi BBM yang lebih irit lagi.
3. Perhatikan Waktu Untuk Memanaskan Motor
Hal berikutnya yang perlu diketahui adalah waktu untuk memanaskan motor Mio karbu. Motor dengan teknologi karburator seperti Mio ini jangan terlalu lama-lama untuk dipanaskan ketika mesin baru dinyalakan.
Paling tidak waktu maskimal untuk memanaskan motor Yamaha Mio karbu adalah tidak lebih dari 5 menit. Karena kalau memanaskan motor lebih dari 5 menit, maka bensin yang terbuang lebih banyak dan cenderung boros karena getaran mesin pada mesin karburator sangat memperngaruhi konsumsi BBM motor.
Baca juga: Penyebab Motor Matic Gredek dan Solusinya
4. Perhatikan Sistem Pengapian
Hal berikutnya yang tidak kalah penting bagi pengguna Yamaha Mio karbu adalah mengecek sistem pengapian atau pembakaran motor. Karena apabila sistem pengapian atau pembakaran tidak bekerja secara prima, akan berpengaruh pada konsumsi BBM yang jauh lebih boros.
baca artikel menarik lain tentang mio pakai karbu grand
Serta dengan sistem pengapian atau pembakaran yang tidak prima juga akan berpengaruh pada sistem karburator Mio. Jadi saat melakukan servis, selain menyetel karburator, sistem pengapian motor Mio anda juga perlu diperhatikan.
5. Mengganti Karburator Bila Diperlukan
Dan yang terakhir yang mungkin perlu dilakukan dengan mengganti karburator standar bawaan pabrikan dengan karburator aftermarket. Terlebih ketika sudah digunakan dalam waktu yang lama, penting untuk mengganti karburator pada Mio.
simak artikel menarik lain tentang kelebihan karburator karisma
Karena apabila kondisi karburator tidak prima, akan sangat berpengaruh pada keiritan BBM. Serta mengganti karburator dengan kualitas yang lebih baik juga akan memberikan pembakaran yang jauh lebih optimal.
6. Ganti Oli Tepat Waktu
Oli berguna sebagai pelumas bagian mesin. Bila telat ganti oli, mesin akan bekerja lebih berat dan membuat konsumsi BBM makin boros. Coba pelajari berapa kilometer motor Anda harus ganti oli dengan memeriksa odometer di dashboard dan spesifikasi oli yang digunakan.
Pastikan mencatat angka di odometer saat penggantian oli terakhir. Baca juga panduan dan rekomendasi dari pabrikan tentang interval penggantian oli. Bila ragu, tanyakan pada mekanik di bengkel resmi Yamaha.
Baca juga: 6 Rekomendasi Motor Matic yang Irit BBM di Tahun 2023
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.