Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Hujan Mendadak Turun Saat Naik Motor, Ini Yang Perlu Anda Lakukan

Hujan Mendadak Turun Saat Naik Motor, Ini Yang Perlu Anda Lakukan

Ketika saat berkendara dengan motor dan mendadak hujan turun, tentu Anda harus menyiapkan beberapa hal agar perjalanan Anda tetap aman dan lancar.

Autos.id – Memasuki musim penghujan, kondisi cuaca menjadi tidak menentu. Terlebih ketika berkendara dengan sepeda motor, Anda mungkin tidak tahu kapan hujan mendadak turun. Karena bisa saja selama berkendara kondisi cuaca cerah, namun dalam sekejap hujan deras turun ditengah perjalanan. Tentu ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan.

Untuk itulah sangat penting untuk Anda memperhatikan segala kemungkinan yang terjadi apabila tiba-tiba hujan turun saat berkendara dengan sepeda motor.

Ketika Anda sedang asyik berkendara dengan sepeda motor dan tiba-tiba hujan turun, jangan langsung panik. Kali ini Autos.id akan memberikan Anda beberapa tips yang perlu dilakukan ketika di tengah perjalan dengan sepeda motor, hujan mendadak turun.

Hujan Mendadak Turun Saat Naik Motor, Ini Yang Perlu Anda Lakukan

1. Menepi Ke Area Yang Aman

Ketika hujan tiba-tiba turun saat berkendara, tentunya Anda akan segera menepi ke pinggir jalan untuk melakukan berbagai hal. Misalnya seperti memakai jas hujan atau berteduh menunggu hingga hujan reda atau berhenti.

Pastikan Anda menepi di tempat yang aman dan tidak menggangu kelancaran lalu lintas. Misalnya jangan menepi ditengah terowongan atau bawah jembatan, karena akan menghambat lalu lintas kendaraan. Anda bisa menepi ke beberapa tempat seperti Minimarket atau ruko yang sekiranya aman untuk menepi sementara.

2. Jangan Berkendara Saat Hujan Badai

Untuk hujan dengan intesitas rendah hingga sedang, pasti masih aman untuk Anda berkendara dengan sepeda motor. Tetapi ketika hujan turun dengan intensitas hingga bahkan hujan badai atau hujan es, sebaiknya Anda jangan nekad untuk melanjutkan perjalanan.

Saat hujan badai hingga hujan es, tentu visibilitas menjadi lebih rendah serta membahayakan bagi Anda. Bahkan potensi adanya pohon hingga papan reklame bisa runtuh sewaktu-waktu juga menjadi pertanda untuk tidak melanjutkan perjalanan sejenak.

3. Menggunakan Jas Hujan Yang Aman

Ketika hujan turun, tentu Anda sudah mempersiapkan jas hujan agar pakaian yang Anda kenakan tidak basah. Meskipun begitu, tidak semua model jas hujan bisa digunakan denga naman saat berkendara ditengah hujan.

Misalnya penggunaan jas hujan model menyambung atau jas hujan ponco tidak disarankan digunakan ketika berkendara. Setidaknya Anda menggunakan jas hujan model baju dan celana yang anan digunakan ketika berkendara di cuaca hujan.

4. Berkendara Dengan Kecepatan Rendah

Saat hujan turun, tentu permukaan jalan akan menjadi lebih licin yang berpengaruh pada kemampuan rem yang tentu tidak sebagus saat jalanan kering. Sehingga penting bagi Anda untuk tidak berkendara dengan kecepatan tinggi ketika hujan turun.

Selain permukaan yang licin, tentu jarak pandang yang rendah akan berpengaruh ketika berkendara saat hujan. Sehingga tidak disarankan berkendara dengan kecepatan tinggi saat berkendara di kondisi hujan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Untuk Anda yang berkendara dengan sepeda motor dan terpaksa tetap melanjutkan perjalanan ditengah hujan badai, tips dibawah ini bisa menjadi pedoman untuk Anda. Autos.id...