Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Berkendara di Tengah Hujan Badai? Ini Tipsnya

Inilah Tips Berkendara Dengan Sepeda Motor Ditengah Hujan Badai

Untuk Anda yang berkendara dengan sepeda motor dan terpaksa tetap melanjutkan perjalanan ditengah hujan badai, tips dibawah ini bisa menjadi pedoman untuk Anda.

Autos.id – Berkendara di tengah hujan badai? sudah seharusnya perhatikan beberapa hal.

Menjelang akhir tahun 2022 ini, kondisi cuaca sebagian wilayah Indonesia memang sedang tidak baik. Terlebih dengan ramalan adanya hujan badai menjelang pergantian tahun, membuat Anda tentu harus selalu waspada. Khususnya bagi Anda yang melakukan rutinitas dengan berkendara sepeda motor, tentu menjadi alarm penting sebelum berkendara.

Karena ketika berkendara dengan sepeda motor ditengah hujan badai, akan banyak resiko yang akan mengintai Anda selama perjalanan.

Meskipun Anda memiliki opsi untuk menepi sejenak ketika di tengah hujan badai, tetapi ada yang tetap meneruskan perjalanan dengan sepeda motor ketika terjadi hujan badai. Kali ini Autos.id akan memberi Anda beberapa tips ketika harus berkendara dengan sepeda di tengah hujan badai berikut ini.

Inilah Tips Berkendara Dengan Sepeda Motor Ditengah Hujan Badai

1. Kurangi Kecepatan saat berkendara di tengah hujan badai

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat berkendara di tengah hujan badai terutama dengan sepeda motor adalah mengurangi kecepatan motor Anda. Kecepatan ideal yang kami sarankan saat berkendara dalam kondisi hujan badai adalah sekitar 15 hingga 20 km/jam.

Ketika hujan badai tiba, praktis akan ada angin yang akan menyulitkan Anda saat berkendara dengan sepeda motor. Apabila melaju kencang ditengah hujan badai, akan beresiko terjadinya aquaplaning/hydroplaning yang membuat ban kehilangan traksi. Akibatnya, Anda bisa saja terjatuh dari motor Anda dan sangat berbahaya bagi keselamatan.

2. Nyalakan Lampu Utama

Saat terjadi hujan badai, praktis jarak pandang akan menjadi sangat terbatas. Meskipun sepeda motor modern akan otomatis menyalakan lampu depan, namun penting untuk langsung menyalakan ke lamp besar atau lampu utama motor Anda.

Dengan menyalakan lampu utama di motor Anda, selain mengurangi resiko terjadinya kecelakaan, juga akan memudahkan pengendara sekitar untuk melihat apa yang ada dari sekitar jalan tersebut.

3. Jangan Melakukan Manuver Mendadak

Kunci untuk berkendara saat hujan adalah tetap tenang dan tidak panik. Karena ketika Anda panik, terjadinya maneuver mendadak akan terjadi. Dan maneuver mendadak dalam kondisi hujan badai akan beresiko menimbulkan kecelakaan yang tentu sangat membahayakan.

Untuk hindari manuver mendadak ini, pastikan sepeda motor Anda dalam kondisi yang prima. Misalnya ban yang masih bagus serta tekanan angin yang memadai. Serta berkendara dengan kecepatan rendah untuk meminimalisir manuver mendadak tersebut.

4. Jaga Jarak Kendaraan saat di tengah hujan badai

Saat terjadi hujan badai, usahakan motor yang Anda kendarai memiliki jarak yang aman dengan kendaraan lainnya. Idelanya jarak aman dengan kendaraan lain berada 2 hingga 4 meter.

Tujuan dari menjaga jarak aman dengan kendaraan lain tidak lain bukan untuk hindari mengerem mendadak. Karena jalanan yang licin, serta jarak pandang terbatas, sangat berbahaya untuk melakukan pengereman mendadak.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Ketika saat berkendara dengan motor dan mendadak hujan turun, tentu Anda harus menyiapkan beberapa hal agar perjalanan Anda tetap aman dan lancar. Autos.id –...