Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Gejala Buruk Penggunaan Oli Palsu Pada Motor Anda

Inilah Gejala Buruk Penggunaan Oli Palsu Pada Motor Anda

Penggunaan oli palsu pada motor Anda tentu akan sangat membahayakan motor Anda. Sehingga Anda perlu mengetahui beberapa gejala atau efek buruk dari penggunaan oli palsu ini.

Autos.id – Dalam beberapa km sekali, sepeda motor yang Anda miliki tentu perlu dilakukan pergantian oli. Selain untuk menjaga komponen mesin, pergantian oli secara rutin juga berpengaruh pada efisiensi bahan bakar yang tetap terjaga. Terkadang di pasaran, Anda akan menemukan berbagai oli palsu yang berpotensi bakalan merusak motor Anda.

Biasanya oli palsu dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan oli motor asli yang justru banyak menjebak para pemilik motor.

Penggunaan oli palsu tentu akan berikan berbagai efek buruk yang justru akan membahayakan dan merusak motor Anda. Kali ini Autos.id akan memberikan beberapa tanda-tanda atau gejala buruk dari kehadiran oli palsu pada motor Anda yang perlu ketahui berikut ini.

Inilah Gejala Buruk Penggunaan Oli Palsu Pada Motor Anda

1. Mesin Yang Mudah Rusak

Tentu hal pertama dari dampak buruk penggunaan oli palsu pada motor Anda adalah bisa menimbulkan kerusakan pada beberapa bagian mesin. Misalnya seperti daerah piston atau sistem pembakaran yang akan terhambat dan mudah terkena korosi.

Apabila terus biarkan maka efek yang lebih buruk bisa saja terjadi. Dan yang paling parah adalah menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen mesin yang penting. Dan ketika terjadi kerusakan, harga perbaikannya juga tergolong mahal.

2. Suara Mesin Lebih Kasar

Bila efek jangka panjang dari oli palsu adalah kerusakan mesin, maka efek jangka pendeknya adalah suara mesinnya menjadi kasar. Misalnya saat melakukan starter atau saat berjalan, maka motor tidak sehalus apabila menggunakan oli yang asli.

Tentu apabila biarkan terus menerus, suara yang kasar ini tentu sangat tidak nyaman untuk kalian kendarai. Terlebih bila berkendara dikecepatan yang tinggi, maka raungan mesin yang kasar tersebut akan lebih terasa lagi.

3. Tenaga Yang Mudah Turun

Efek negatif lainnya dari penggunaan oli palsu di motor Anda adalah tenaga yang mudah turun atau nge-drop. Normalnya ketika menggunakan oli asli yang berkualitas, maka tenaga-nya keluar lebih konsisten bahkan vibrasi mesin lebih halus.

Sedangkan penggunaan oli palsu akan memberikan tenaga dan torsi yang tidak konsisten. Serta yang paling fatal, mesin tiba-tiba tidak memiliki tenaga alias ngempos, karena sistem pembakaran yang buruk akibat penggunaan oli palsu tersebut.

4. Konsumsi BBM Yang Lebih Besar

Dan dampak lainnya dari penggunaan oli palus pada motor Anda adalah konsumsi BBM yang menjadi lebih boros. Sistem pembakaran yang bercampur dengan oli berkualitas buruk tentu memberikan dampak konsumsi BBM yang lebih boros.

Terlebih dengan harga BBM yang sedang tinggi-tingginya, membuat memilih oli motor yang tepat adalah pilihan yang bijak. Sehingga penting memilih oli yang berkualitas di tempat yang sudah terpercaya menjadi kunci utama agar hal tersebut tidak terjadi kepada Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga