Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Oli Palsu Bikin Motor Rusak & Dompet Jebol, Ini Solusinya!

Last updated on 5 Juni, 2023

Bukan berita hoax! Oli palsu banyak dijual secara online dari Kota Tangerang dengan harga lebih murah 50 persen ketimbang harga oli resmi. Berita ini sempat viral di pertengahan bulan April 2023

Jakarta, Autos.id  –  Kabarnya, produksi oli palsu sudah dihentikan pihak Kementerian Perdagangan. Namun banyak pelumas yang sudah terlanjur terjual dan jelas ini bisa membahayakan pengguna sepeda motor sebagai konsumen. Pelumas motor palsu jika terlanjur digunakan bisa menimbulkan korosif pada kendaraan. Korosif adalah sifat suatu subtantsi yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau memperoleh dampak negatif yang merusak. Dan kerusakan tersebut biasanya terjadi dengan cepat dan sulit diminimalisasi.

Bagi pengguna yang telanjur memakai pelumas palsu, langkah cerdas satu-satunya penanganan yang bisa dilakukan adalah melakukan turun mesin atau overhaul.

Mesin yang sudah terkena oli palsu biasanya dipastikan akan tersumbat, karena  bentukan oli akan berubah menggumpal di dalam. Efek berantai negatifnya adalah akan membuat semua komponen yang bergerak di dalam mesin jadi nyangkut, bahkan aus.

Setelah mesin diturunkan, langkah selanjutya adalah menguras mesin motor dengan pelumas khusus. Karena ada kemungkinan komponen-komponen bagian dalam mesin masih bisa diselamatkan setelah menguras mesin.

Motor yang menggunakan oli palsu,, harus dilakukan turun mesin

Tetapi, biasanya berdasarkan pengalaman, motor kalau telanjur kena oli palsu pasti akan mengalami kerusakaan fatal pada komponen yang vital. Antara lain, bearing  jadi aus, piston berubah lecet, dan seal rusak.

Lebih parah lagi, biaya penanganan motor yang terkena oli palsu dijamin tidak  pernah sedikit. Dan, minimal bisa menyedot isi dompet sekitar Rp 2 jutaan, tergantung dari jenis motor. Biasanya biaya untuk motor kopling jauh lebih mahal daripada motor matik.

Yang lebih buruk lagi adalah, meski servis sudah dilakukan, tidak ada jaminan  seratus persen, performa motor akan kembali prima. Jadi, sudah tahu keburukan dari oli palsu, kan? Sebaiknya, selalu gunakan oli asli. Jika harganya lebih mahal sedikit sangat wajar. Karena oli asli tidak beresiko merusakan motor. Dan tidak bikin kantong jebol lebih dalam.

Karena itu lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, dan tentu dengan pilihan oli asli  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Baca juga: Inilah Perbedaan Antara Oli Sintetis dan Oli Semi Sintetis

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 11 Juli, 2024 Jakarta, Autos.id  –  Pekan Raya Jakarta yang saat ini masih berlangsung (12 Juni – 14 Juli 2024), PT...

Tips

Tangerang, Autos.id – Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memanaskan mesin motor injeksi sebelum digunakan? 10 menit, 15 menit, atau justru tidak perlu dipanaskan?...

Tips

Jakarta, Autos.id — Pengereman yang tepat termasuk upaya #Cari_Aman saat naik motor. Namun, jari tangan stand by (bersiap) di tuas rem depan justru meningkatkan...

Motor

Last updated on 16 Mei, 2024 Tangerang, Autos.id – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menggelar sertifikasi puluhan guru...

error: Content is protected !!