Motor

Baut longgar, BMW Motorrad Tarik 3 Ribuan Motor RNineT

Ribuan motor BMW RNineT ditarik akibat kerusakan pada baut swingarm yang sangat rentan terhadap kecelakaan. BMW akan segera menggantinya dengan baut baru.

Amerika, Autos.id – BMW Motorrad di Amerika Serikat mengalami masalah dengan salah satu model sport yakni BMW RNineT. Untuk itu, semua model initerpakss harus ditarik dari konsumen.

Motorcycle, Jumat (1/8) mengungkapkan kurang lebih 3.368 unit motor BMW RNineT yang akan mengalami penarikan. Semua motor ini terlibat kerusakan pada baut dibagian pin Pivot Swing arm sehingga dapat menimbulkan massalah serius pada saat berkendara.

Menurut dokumen NHTA (National Highway Traffic Association) Amerika yang menjadi Lembaga pengawasan kendaraan roda dua, baut yang menghubungkan pin pivot swingarm disisi kanan motor yang berhubungan dengan frame tidak terkancing dengan baik dan dapat longgar sesewaktu sehingga bisa menimbulkan kecelakaan.

“Menurut dokumen NHTA (National Highway Traffic Association) Amerika yang menjadi Lembaga pengawasan kendaraan roda dua, baut yang menghubungkan pin pivot swingarm disisi kanan motor yang berhubungan dengan frame tidak terkancing dengan baik dan dapat longgar sesewaktu sehingga bisa menimbulkan kecelakaan”

Baut Swingarm BMW RNineT longgar

Terkait masalah baut swingarm ini RNineT, BMW Motorrad mengungkapkan kesalahan terjadi saat proses produksi yang dilakukan oleh pemasok perangkat tersebut yakni Walter Automobiltecnik, dimana proses pemotongan chamfer pada frame tidak sesuai dengan spesifikasi. Hal ini menyebabkan baut tidak mengancing dengan kuat.

Selain bissa menyebabkan ecelakaan jika swingarm terlepas, massalah ini juga ssangat mengganggu pemotor karena bunyi derik yang sangat jelas saat motor mulai melaju. Untuk itu, BMW Mottorad akan segera menarik semua unit yang terdampak untuk segera dilakukan perbaikan pada semua unit BMW RNineT.

Masalah ini sebenarnya bukan baru terjadi di Amerika, karena laporannya justru pertama kali terdengar dari Turki tahun 2016. Saat itu BMW RNineT langsung mendapat pantauan serius dari produsen. Kemudia BMW langsung melakukan pemeriksaan baut pin pivot pada stok internal BMW. Kajian itu menemukan masalah yang sama sehingga langsung ditindaklanjuti.

BMW Mottrorad telah menyiapkan baut dengan spesifikasi yang cocok untuk spesifikasi swingarm BMW RNineT, sehingga konsumen tidak mengalami masalah dan ganntuan saat mengendarainya.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top