Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Membandingkan Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155 Connected

Ukuran Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 Connected yang beda tipis
Ukuran Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 Connected yang beda tipis

Intip perbandingan Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 Connected dari segi performa mesin, desain, fitur keamanan andalan dua pabrikan otomotif Jepang.

Jakarta, Autos.id  –  Sejak beberapa tahun yang lalu, pasar otomotif segmen motor matic diramaikan dengan terobosan terbaru matic berukuran tambun. Hingga tahun ini, sudah banyak brand otomotif berbondong-bondong mengeluarkan inovasinya, termasuk kehadiran Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 Connected. Keduanya menjadi varian motor matic besar dengan banyak peminat di Indonesia. Namun, sebenarnya apa keunggulan dari  Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 Connected yang membuat mereka diminati banyak pengendara Indonesia? Bagaimana hasil duel kedua motor matic pabrikan Jepang ini?

Simak perbandingan selengkapnya antara Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 Connected dari segi performa mesin, desain, fitur keamanan andalannya.

Mesin

Dari segi mesin sudah cukup terlihat perbedaannya, namun juga punya kemiripan. Keduanya mengedepankan penggunaan mesin yang membuat motor memiliki konsumsi bakar irit namun efisien. Untuk Honda PCX 160, mesin yang digunakan memiliki tipe 160cc 4-valve, 4-stroke, eSP+ PGM-FI. Mesin tersebut membuat motor mampu bertenaga 16 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Mesin tangguh Honda PCX 160

Mesin tangguh Honda PCX 160

Baca juga: AHM Luncurkan All New Honda PCX, Termasuk Varian Electric

Sedangkan Yamaha Nmax 155 Connected dibekali mesin tipe 155cc 4-stroke, SOHC dengan Blue Core dan VV. Alhasil motor ini mampu berakselerasi dengan tenaga 15,3 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Kedua motor memiliki tangki bensin yang diletakkan di antara setir dan jok motor, namun dengan kapasitas yang berbeda. Kapasitas tangki Honda PCX 160 lebih besar daripada Yamaha Nmax 155 Connected, yaitu sekitar 8,1L. Sedangkan tangki bensin Yamaha Nmax 155 Connected memiliki ukuran 7,1L. 

Mesin Blue Core dan VV

Mesin Blue Core dan VV Yamaha

Desain

Antara Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155 Connected memiliki ukuran dimensi motor yang hampir sama. Honda PCX 160 berukuran 1.936 x 742 x 1.108 mm dengan wheelbase 1.313 mm. Sedangkan Yamaha Nmax 155 Connected 1.935 x 740 x 1.160 mm dengan wheelbase 1.340 mm. 

Baik Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155 Connected sudah dipasangi LED Headlight dan Taillight elegan untuk pencahayaan lebih terang. Lalu, dengan ukuran motor lebih besar dari motor matic biasanya, ukuran ban PCX 160 lebih besar dengan desain cast wheel baru. Honda PCX 160 terbaru tersedia dalam warna:

  • Marvelous Matte Gray (tipe CBS) 
  • Majestic Matte Red (tipe CBS dan ABS)
  • Wonderful White (tipe CBS dan ABS)
  • Glorious Matte Black (tipe CBS)
  • Royal Matte Blue (tipe ABS)
  • Brilliant Black (tipe ABS)

Baca juga: Yamaha Perkenalkan Varian Terbaru All New NMAX 155 Connected

All New NMAX 155

Honda PCX 160

Berbeda halnya dengan Yamaha Nmax 155 Connected karena motor ini memiliki variasi warna yang lebih sedikit ketimbang Honda PCX 160, yaitu:

  • Matte Black (signature color)
  • Prestige Silver
  • Matte Red

Fitur keamanan

Khusus varian terbaru 2021, Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155 Connected sama-sama memiliki fitur keamanan pilihan terbaik di kelasnya. Terobosan terbaru PCX 160 adalah adanya sistem Selectable Torque Control untuk menyeimbangkan kerja putaran roda belakang untuk menghindari slip.

Sistem Selectable Torque Control Honda PCX 160 

Sistem Selectable Torque Control Honda PCX 160

Lalu, PCX terbaru memiliki sistem pengereman depan yang menggunakan teknologi Combined Brake System dengan Anti-Lock Brake System. Namun, sistem pengereman belakangnya menggunakan cakram hidrolik.

Di sisi lain, Yamaha Nmax 155 Connected memiliki sistem rem depan dan belakang bertipe sama dengan Hydraulic Single Disc Brake. Motor matic ini juga memiliki fitur yang berguna mencegah resiko ban belakang selip, namanya Traction Control System. Ditambah dengan adanya performa keamanan ban yang semakin maksimal dengan adanya dual-channel Anti-lock Braking System.

Baca juga: Indikasi Rem ABS Pada Motor Yang Sedang Bekerja

Fitur keamanan berteknologi kekinian Yamaha NMAX 155 Connected

Fitur keamanan berteknologi kekinian Yamaha NMAX 155 Connected

Fitur kenyamanan dan teknologi pendukung

Sebagai motor era generasi Z, keduanya mendapat fitur kenyamanan berteknologi tinggi untuk menjamin pengendara dapat berkendara dengan nyaman. Pada Honda PCX 160 terdapat USB power charger 5V, 2.1A dan New Full Digital Panel Meter. Layar panel yang terletak di dasbor motor berfungsi untuk menampilkan informasi seputar:

  • Smart Key indicator
  • Oil Change Indicator
  • Battery Indicator
  • Idling Stop Indicator
  • Trip Meter
  • Fuel Consumption Indicator
  • Jam Digital
  • ABS Indicator
New Full Digital Panel Meter Honda PCX 160

New Full Digital Panel Meter Honda PCX 160

Baca juga: Komparasi Skutik 125 Cc: Vespa LX Vs Benelli Panarea 2021

Jangan puas dulu karena Honda PCX 160 juga memiliki fitur teknologi Honda Smart Key System berupa remote. Sistem keyless itu terintegrasi dengan immobilizer, sistem keamanan Anti Theft Alarm, dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi motor di tempat parkir. Ada juga bagasi motor berkapasitas 30L yang dilengkapi seat stopper untuk memudahkan pengendara ketika membawa banyak barang. Selain itu, pijakan kaki pengendara lebih luas sehingga lebih nyaman saat berkendara.

Sekarang beralih ke Yamaha Nmax 155 Connected. Supaya lebih irit bahan bakar, motor ini memiliki fitur stop/start system agar motor mematikan mesin secara otomatis saat berhenti. Tak mau kalah dengan PCX 160, motor matic ini juga punya sistem Smart Keyless dengan immobilizer dan Answer Back System.

Teknologi Communication Control Unit (CCU) Yamaha NMAX 155 Connected

Teknologi Communication Control Unit (CCU) Yamaha NMAX 155 Connected

Yamaha Nmax 155 Connected cukup spesial karena menjadi motor buatan Indonesia yang mengadopsi teknologi Communication Control Unit (CCU). Fitur teknologi ini memungkinkan pengendara dapat mengetahui informasi seputar motor yang terkoneksi ke smartphone melalui aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect). Pengendara dapat mengetahui informasi lokasi parkir motor, indikator oli mesin dan aki, konsumsi bensin, dan notifikasi telepon dan pesan. Sebagai motor matic berukuran besar, Yamaha Nmax 155 Connected memiliki bagasi luas yang bahkan mampu menampung helm full-face berukuran XL.

Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 Connected

Persaingan harga motor matic besar Honda dan Yamaha

Yamaha Nmax untuk Jepang

Dengan berbagai keistimewaan dan performa terbaiknya, penawaran harga dari masing-masing produsen juga termasuk wajar. Honda PCX 160 terbaru memiliki harga Rp 30,8 juta. Sedangkan Yamaha Nmax 155 Connected memiliki harga yang lebih mahal, yaitu sekitar Rp 34,3 juta. Nah, jika Anda harus memilih dari keduanya, kira-kira akan lebih ‘untung’ pilih yang mana?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Sejak diluncurkan minggu lalu, WMS selaku dealer resmi Honda memberikan promo-promo menarik untuk All New Honda PCX 160 Jakarta, Autos.id  – ‘Personal Comfort Saloon’,...

Komunitas

Pembagian hand sanitizer ini dilakukan di seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga ke Papua Jakarta, Autos.id  –  Aksi kemanusiaan di tengah menjalarnya virus corona...

Berita Otomotif

Menjelajahi Medan hingga Danau Toba adalah kado istimewa diulang tahun ke-2 bagi Journalist Max Community.Touring ini semakin membuat member semakin solid. Medan, Autos.id –...