Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Honda NSR250, Motor 2-Stroke Langka Buruan Para Kolektor

Honda NSR250
Honda NSR250

Last updated on 21 November, 2021

Honda NSR250 pernah berjaya pada masanya sebagai legenda motor balap kejuaraan Moto2 yang kini menjadi buruan kolektor otomotif.

Autos.id Honda NSR250 pertama diperkenalkan ke khalayak luas pada tahun 1985, dua tahun setelah kemunculan legenda lainnya, MVX250, pada tahun 1983.  NSR250 mengambil semua komponen terbaik dari MVX dan kemudian melangkah lebih jauh dalam usahanya untuk menjadi desain terdepan untuk motor 2-cylinder dan 2-stroke. Secara keseluruhan, Honda NSR250 memiliki lima generasi berbeda yang tetap diproduksi hingga 1999.

Untuk generasi 2000-an pasti tak tahu banyak tentang motor legendaris dari Honda ini. Maka dari itu, mari kita lihat kembali seperti apa wujud dan performa karya repetisi balap 2-stroke terhebat yang pernah ada pada masanya.

Performa Mesin Untuk Tenaga Handal

Tenaga maksimal 45 hp pada 8.000-10.500 rpm dihasilkan oleh mesin 249cc 90 derajat V-twin 2-stroke. Dan juga berkat mesin tersebut, top speed NSR250 di atas kertas adalah 209 km/jam. Mesin tersebut menampung beberapa teknologi paling mutakhir pada saat itu dengan sistem ATAC (Automatically-controlled, Torque Amplification Chamber) Honda. Lapisan nikasil digunakan pada bagian silinder motor untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan ketahanan aus.

Berkendara dengan Honda NSR250

Berkendara dengan Honda NSR250

Baca juga: Honda CBR250RR Kini Tampil Baru

Satu-satunya masalah sebenarnya dari motor legenda ini adalah ia berperilaku seperti motor trek dalam pengiriman dayanya. Oleh karena itu, Honda NSR250 bukan motor yang cocok untuk dikendarai di jalan raya. Kecuali tentu saja jalanan dan track pegunungan yang luas, berliku, dan sebagian besar kosong.

Sasis aluminium dan swingarm menghiasi NSR250 menjadikan komponen mesin motor dapat seringan mungkin. Rem dapat dioperasikan dengan baik dan memberikan daya henti yang diperlukan selayaknya kehandalan berkendara mode balap. Pemasangan suspensi tangguh membuat motor ini dapat berakselerasi di jalan yang kasar dan medan yang sulit sehingga menjadi kegiatan berkendara yang menyenangkan.

Desain Generasi Pertama Honda NSR250

Motor ini dirillis pertama kali pada tahun 1985 bersamaan dengan versi NSR250 F yang merupakan versi naked bike. Desain NSR250 langsung dari RS250R dengan paket stiker sponsor opsional yang tersedia untuk memenangkan balapan di GP. Setiap bagian dari mesin mengalirkan perwakilan balapan dan itu adalah mesin gaya GP yang terlihat bagus. Sekilas info, RS250R adalah motor balap yang dikendarai Freddie Spencer untuk memenangkan kejuaraan 250 dan 500 World GP.

Evolusi Varian Honda NSR250 Dari Masa ke Masa

Honda NSR250R dan Honda NSR250F (1985 – 1986)

Honda NSR250R adalah varian NSR pertama yang diproduksi dengan frame dan swingarm aluminium yang tidak umum digunakan motor komersial saat itu. Setelah didesain dengan gaya RS250, motor ini langsung diburu pecinta motor balap yang menyukai mesin sport Jepang, terutama dengan output tenaga 45 hp. Dengan Honda NSR250, banyak pengendara merasa seperti meniru pahlawan pembalap GP favorit mereka.

Honda NSR250R

Honda NSR250R

Sedangkan untuk varian NSR250F identik sebagai naked bike yang masih mirip seperti varian R. Hanya saja terdapat perbedaan desain pada penggunaan velg Astralight atau swingarm yang berbeda. Alhasil, varian F tidak sepopuler R dan itulah sebabnya hingga hari ini sangat jarang ditemukan varian F dimanapun karena tidak diproduksi sebanyak varian R.

Baca juga: AHM Luncurkan Honda CBR600RR

Honda NSR250 MC16

MC16 dirilis pada tahun 1987 yang dibekali mesin baru karena Honda melakukan perombakan besar-besaran dari varian asli NSR250R. Semenjak Honda NSR memenangkan balapan, MC16 menjadi replika yang tepat dari motor balap pabrik. MC16 sangat ringan dan dapat melaju kencang, dengan penanganan yang fantastis dan kekuatan akselerasi yang luar biasa.

Honda MC16

Honda MC16

Awalnya MC16 dirilis dengan varian warna Fighting Red. Namun, pada tahun 1987, Honda menambah varian motor dalam warna balap Biru dan Putih. Selain itu, mesin motor dimiringkan ke depan sejauh 20 derajat untuk meningkatkan keseimbangan dan menurunkan pusat gravitasi. Mesin motor balap tersebut juga dipasang dengan kokoh ke dalam bingkai baru yang lebih ringan dan kaku sesuai dengan standar motor balap GP. Desain MC16 semakin agresif dan sistem RC Valve menggantikan sistem ATAC dari desain aslinya.

Baca juga: AHM Mulai Jual Honda CBR1000RR-R Fireblade Di Indonesia

Honda NSR250 MC18 1+2

Pada tahun 1988, Honda kembali mendesain ulang NSR250 dengan tidak memberikan elemen desain milik MC16. Roda, bodywork, sistem pengapian, dan pembuangan semuanya dirombak dan setiap komponen direvisi untuk mesin baru. MC18 menjadi motor pertama di dunia yang menampilkan sistem carb yang dikendalikan oleh komputer. Pada dasarnya, MC18 dapat disetel ke kondisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan model sebelumnya.

Varian MC18 memiliki frame baru dengan subframe yang dapat dilepas-pasang. Alhasil, MC18 menjadi motor yang cukup mampu memenangkan balapan langsung. Versi SP mengikuti MC18 dan satu-satunya perubahan yang diberikan adalah velg magnesium dan skema cat race-rep dan decals sponsor.

Honda MC18

Honda MC18

Pada tahun 1989, MC18 dirombak untuk menghadirkan generasi kedua. Beberapa perubahan desain dilakukan, meliputi kaca depan yang lebih ramping dan lebih aerodinamis dan jok yang lebih terpahat. Tekknologi paling canggih yang disematkan pada MC18 generasi kedua adalah pemasangan 3D PGM. Unit pengapian ini menyertakan peta pengapian yang membuat peningkatan keandalan dan performa jalan raya.

Unit PGM mengontrol manajemen carb, waktu pengapian, dan pengoperasian RC Valve. Pada akhir tahun 1989, versi SP dirilis dengan kopling kering yang didasarkan pada desain tim balap Ajinomoto Terra. Honda NSR250 SP memiliki kopling multi-arah yang fully adjustable. Alhasil, motor ini mampu melepaskan tenaga hingga 70 hp.

Baca juga: Lima Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Honda CBR500R 2018

Honda NSR250R MC21

MC21 dirilis pada tahun 1999 dan merupakan salah satu varian NSR250 terfavorit yang pernah ada. Motor ini dilengkapi terobosan terbaru 2-stroke dengan fitur-fitur baru yang mempermudah pengemudi berkendara. PGM 3D sekarang berada di generasi ketiga dan bahkan lebih cangguh secara teknis untuk meningkatkan performa motor hingga kemampuan maksimalnya. MC21 menampilkan pengapian 3D yang sebenarnya dan peta yang berbeda untuk setiap silinder. NSR250R MC21 menjadi sepeda motor balap 2-stroke terlaris nomor satu di Jepang.

MC21 dibuat sesuai dengan motor yang digunakan pembalap Luca Cadalora untuk bisa dikendarai di jalan raya. Pada saat itu, hanya 2.500 unit dari versi SP yang dirilis dalam warna Cabin Racing merah, putih, perak dan emas. Pada tahun 1991 Honda rilis versi SE pertama (Edisi Super) yang menjadi faktor kesenjangan antara versi R dan SP. Setelah itu, pada tahun 1992, Honda kembali merilis 1500 model SP livery Rothmans baru dan 900 model SP Commemorative Edition terbatas pada tahun 1993.

Honda NSR250 SP MC21 Rothmans Livery

Honda NSR250 SP MC21 Rothmans Livery

Honda NSR250 MC28

MC28 adalah edisi terakhir dari Honda NSR250 dan menjadi pembaruan utama varian NSR yang dirilis pada tahun 1993. MC28 memiliki beberapa penambahan fitur, diantaranya dibagian swingarm belakang Pro-Arm yang pertama kali dicoba dan terlihat di Honda RC30. Pada tahun 1994, 1500 unit varian SP dirilis dalam warna Rothmans, diikuti oleh sekitar 1500 unit dalam warna HRC pada tahun 1995. Pada tahun 1996, model R dihentikan dan serangkaian 1000 unit model SP dalam warna Repsol diproduksi untuk merayakan Mick Doohan memenangkan gelar GP.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Ada banyak cara yang dilakukan oleh produsen kendaraan supaya produknya bisa tetap menjadi yang terlaris di kelasnya. Melakukan penyegaran atau facelift adalah salah satu...

Berita Otomotif

CB150 dan CBR150 masih menjadi backbone penjualan motor sport Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, setelah itu disusul penjualan CRF150. Jakarta, Autos.id – PT...

Berita Otomotif

Last updated on 30 Mei, 2023 Honda CB150R Streetfire mampu menjadi motor sport paling laris Honda periode Februari 2018. Sementara BeAT series masih menjadi...

Berita Otomotif

Honda CBR1000RR Fireblade SP hadir sebagai hasil inovasi Honda menuju pada pasar motor llistrik. Motor ini menggunakan sumber tenaga dari baterai ion lithium India,...

error: Content is protected !!