Connect with us

Hi, what are you looking for?

Modifikasi

Prototipe Langka BMW M8 E31 dengan Mesin V12 Akhirnya Dipamerkan

BMW meluncurkan jajaran M8 yang sudah sedikit mengalami facelift pada akhir Januari dan memulai debut publiknya akhir pekan lalu di Amelia Concours d’Elegance 2022.

Autos.id  –  Sebagai bentuk nostalgia, BMW juga membawa prototipe M8 E31 yang dipakai di awal 1990-an. Murni hanya pernah dipakai satu kali, mobil dengan tampilan seperti varian 850 CSi tersebut mengemas 640 tenaga kuda. Performa tersebut bahkan lebih besar dari M5 CS alias mobil produksi BMW paling kuat yang pernah ada.

Prototipe itu ditemukan pada tahun 2010 setelah dirahasiakan selama 20 tahun, dan hampir tidak pernah terlihat di tempat terbuka sejak saat itu.

Mengenakan warna merah yang mengesankan, mobil tersebut menyembunyikan mesin V12 yang diperbesar dengan perpindahan 6,0 liter sedangkan 850 CSi yang biasa hanya memiliki kapasitas 5,6 liter dengan kekuatan 265 tenaga kuda lebih sedikit.

Spesifikasi Paling Top

Ada lebih banyak hal unik pada M8 daripada mesin yang disedot secara alami karena prototip ini juga menggunakan banyak plastik ringan yang diperkuat kaca. Pipa asupan seluruhnya terbuat dari serat karbon. Menariknya, jari-jari roda memiliki penutup serat karbon, tetapi velg 17 inci itu sendiri terbuat dari logam paduan (alloy). Informasi menarik lainnya, spatbor belakang yang lebih lebar dari biasanya menampung radiator dengan selang yang memanjang ke atap, yang berarti pengemudi dapat mendengar cairan pendingin mengalir di atas kepala.

Bagian dalam sepenuhnya dibalut Alcantara, interiornya juga mengalami beberapa perubahan sejak BMW melakukan banyak modifikasi besar. Dasbor kehilangan switchgear khas 850 CSi untuk memberi ruang bagi tiga tombol dan kontrol iklim manual. Selain itu, kursi belakang dihapus sementara kursi depan ditingkatkan menjadi kursi bucket dengan sabuk pengaman. Dan mobil tersebut juga masih memiliki gearbox manual enam kecepatan.

30 tahun kemudian, prototipe M8 E31 tersebut masih menjadi salah satu mobil dengan penyedot alami tercepat di luar sana, yang mampu mencapai lebih dari 186 mph (300 km/jam). BMW sendiri sudah mencoba menjalankan kembali mobil ini beberapa tahun yang lalu dan pengemudi dalam uji coba tersebut mengatakan mesin V12 yang perkasa ini sangat mentah dan mekanis. Namun, mobil ini pasti menyenangkan untuk dikendarai mengingat adanya torsi 650 Nm (478 pound/kaki) ke roda belakang di dalam mobil yang beratnya kurang dari 1.450 kilogram (3.197 pon).

Untuk melihat secara langung spesifikasi dan peforma dari prototype mobil tersebut, Anda bisa langsung meluncur di Youtube BMWBLOG. Dalam video tersebut, Anda akan dibimbing oleh Ben Voss dari BMW Classic.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Awal bulan Juli 2022 lalu, BMW Indonesia menghadirkan produk X4 terbarunya Jakarta, Autos.id  –  Awal bulan ini, para penggemar BMW di Indonesia pastinya sangat...

Aksesoris

Autos.id – Wunderlic merilis dudukan CamRacks yuntuk menahan GoPro Anda dengan aman dengan di khususkan bagi sepeda motor jenis BMW. Banyak dari kita menikmati mengendarai...

Aksesoris

Wunderlich perkenalkan pelindung pannier baru yang kedua untuk sepeda motor BMW R 18 B dan R 18 Transcontinental. Autos.id – Spesialis aftermarket Jerman Wunderlich tampaknya sudah...

BMW

BMW meluncurkan sedan listrik berperforma tinggi terbaru. Autos.id – Mobil BMW i4 M50 adalah model kedua dalam jajaran i4, bergabung dengan BMW i4 eDrive40...