Modifikasi

Modifikasi Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold : Bodinya Dibentuk dengan Pahatan

Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold merupakan modifikasi yang didatangkan langsung dari Jepang. Dan teknik modifikasi pada sport car ini dilakukan dengan cara memahat sekujur bodinya.

Tangerang, Autos.id – Selain mobil baru, GAIKINDO Indonesia International Autos Show (GIIAS) 2017 juga diisi dengan mobil modifikasi. Satu diantaranya adalah Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold. Yang istiewa dari mobil ini adalah, unitnya dimodifikasi dengan teknik pahatan.

Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold langsung dibawa dari Jepang oleh Osaka Automesse. Kabarnya mobil ini termasuk sebagai mobil dengan teknik modifikasi paling rumit di dunia. Karena sekujur bodi sports car ini dilakukan teknik engraving (pemahatan).

“Untuk mendapatkan hasil yang sekarang, setidaknya dilakukan tiga teknik spesial oleh seniman spesialis metal engraving Rohan Izawa. Masing-masing adalah engraving technique, 3D masking technique, serta metal paint technique”

Untuk mendapatkan hasil yang sekarang, setidaknya dilakukan tiga teknik spesial oleh seniman spesialis metal engraving Rohan Izawa. Masing-masing adalah engraving technique, 3D masking technique, serta metal paint technique. Langkah-langkah tersebut belum termasuk proses upgrade mesin, dan penambahan aksesori oleh KUHL Racing.

Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold

Sedikit bocoran tentang proses pengerjaan Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold yakni pertama-tama dipasang wide body GT-R Ver.2. Lalu dimulailah proses pemahatan. Caranya adalah Izawa-san menggambar sketsa di atas permukaan bodi yang sudah dicat primer. Yang harus diperhatikan adalah tingkat kesimetrisan sketsa antara bagian kanan dan kiri bodi, biar enak dilihat.

Setelah sketsa jadi, Izawa-san menggunakan mesin berpisau khusus, memahat permukaan bodi sesuai sketsa. Biar hasilnya rapi, kuncinya adalah kesabaran dan step by step. Pemahatan juga memakai bor khusus untuk menciptakan efek lingkaran.

Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold

Untuk bagian bodi yang tak mengalami teknik pahat, dilakukan 3D masking technique. Untuk menimbulkan kesan tiga dimensi mengimbangi bagain bodi yang dipahat, maka bantuan masking tapes amat diperlukan. Izawa-san menempel masking tapes dengan tingkat kejelian luar biasa. Pola yang dipilih adalah rhomboid (jajaran genjang). Setelah itu baru bodi dicat kembali dengan surfacer (primer) beberapa layer, lantas masking tapes dibuka setelah cat kering. Sehingga bagian yang tak tertutup masking tapes, akan lebih tebal.

Yang menarik, proses berikutnya adalah silver metal painting dengan jenis cat penemuan Izawa-san sendiri. Sekurangnya ia menghabiskan waktu 10 tahun untuk menemukan formulasinya. Cat silver metal yang ia ciptakan bukanlah krom, tetapi punya daya kilap seperti besi. Padahal cat ini pengaplikasiannya bisa dilakukan pada semua jenis material permukaan bodi, dengan proses seperti cat biasa.

Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold

Untuk hasil maksimal, tiap body parts yang dicat dengan cat silver metal ciptaannya, harus dikeringkan dalam suhu 80 derajat Celcius delama 8 jam. Dan itu harus dilakukan berulang sebanyak empat kali untuk parts yang sama.

Lalu masuk ke dalam pengecatan gold metal painting. Proses ini membuat mobil memiliki warna emas dengan tekstur metallic. Yang dipakai adalah cat gold candy, namun karena efek cat silver metal sebelumnya, membuat gold-nya terlihat kuat dan bersinar.

Urusan bodi selesai, maka berikutnya adalah tugas KUHL Racing meracik performanya. Untuk mencapai target 800 hp, maka turbo replacement mutlak dijabani. Penggantinya adalah KUHL Racing Turbine Kit, dengan turbo Garret GTX3076R twin-scroll, intercooler, dan exhaust system yang panjangnya 10 meter!

Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold

Dengan semua ubahan rumit yang dilakukan pada sekujur tubuh Nissan GT-R R35 KUHL Racing Gold, tak heran kalau mobil ini juga menjadi bintang di SEMA Show, AS, juga di Automechanica di Dubai.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top