Connect with us

Hi, what are you looking for?

Modifikasi

Modifikasi Ban Skutik Pertimbangkan Hal Ini

Modifikasi ban skutik dnegan tapak lebih lebar tentu akan membuat motor terlihat lebih berotot. Namun perhatikan pula spesifikasi pelek.

Jakarta, Autos.id – Modifikasi roda dua paling sederhana yakni mengganti ban standar dengan ukuran tapak ban yang lebih lebar. Perubahan ini sering dilakukan untuk pemilik motor skutik agar tampilannya lebih berotot.

Namun penggantian ban skutik ini kerap mengabaikan aspek keselamatan karena ban merupakan peranti paling vital yang digunakan motor untuk menapak pada jalan hingga mempengaruhi keseimbangan dari motor itu sendiri.

“Ban dan velg yang disarankan para pakar untuk motor skutik yakni velg berukuran lebar 14 inci untuk depan dan 16 inci untuk belakang”

Untuk itu, jika ingin melakukan modifikasi ban skutik yang lebar untuk pelek standar maka ukuran pelek dan ban perlu diperhatikan agar motor tetap stabil dan tidak oleng saat dipacu.

Ban Skutik

Perhatikan Ukuran Pelek dan Ban

Ban dan pelek yang disarankan para pakar untuk motor skutik yakni pelek berukuran lebar 14 inci untuk depan dan 16 inci untuk belakang. Sementara ukuran ban yang dipakai yakni ukuran 80/80 hingga 90/80 untuk roda depan, dan ukuran ban 100/80 hingga 110/80 untuk ukuran ban roda belakang.

Selain itu, perlu diperhatikan kompon ban yang akan digunakan karena tidak semua ban akan memiliki karet kompon dengan kualitas yang baik. Terlebih setiap ukuran ban dari berbagai merk yang memiliki lebar yang berbeda-beda dan tidak selalu sama.

Modifikasi Honda Beat FI pelek 14 inci dan Mio Soul GT pelek 14 inci merupakan paling pas yang bisa menggunakan pelek dan ban seperti yang disarankan para pakar diatas. Untuk itu bila melakukan modifikasi pada ban, perlu memperhatikan velg dan ban yang mendukung kesetabilan tunggan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Modifikasi

Fenomena mengenai motor BMW R90S sudah menjadi ruang kehormatan dalam ajang bergengsi Isle of Man TT di tahun 2016 Autos.id  –  Disana, BMW Motorrad...

Motor

Last updated on 14 November, 2021 Jakarta, Autos.id – Tak sedikit para pengendara motor pasti pernah mengalami ban kempis atau bocor karena terkena benda...

Tips

Last updated on 30 Januari, 2019 Ada bermacam alasan kenapa orang memutuskan untuk ganti ban motor. Mulai dari karena usia pakai ban lama sudah...

Berita Otomotif

Kendaraan bermotor yang ramah lingkungan dan hemat energi sudah menjadi kebutuhan di masa mendatang. Riset mengenai hal tersebut sudah dilakukan tidak hanya dari pihak...