Connect with us

Hi, what are you looking for?

Modifikasi

Mengintip Tren Modifikasi Mobil Tahun 1990-an

tren modifikasi mobil tahun 90an

Last updated on 3 Juni, 2024

Selalu ada hal menarik dan khas dari tren modifikasi mobil keluaran tahun ’90-an.

Autos.id – Mobil produksi tahun 1990-an memiliki pesona klasik yang tak tergantikan. Menurut sumber tentang trend modifikasi mobil, bisa dibilang mobil-mobil tahun ini tren modifikasinya tidak pernah mati. Meskipun mungkin dianggap sebagai “mobil tua” oleh beberapa orang, mobil-mobil ini memiliki sejumlah kelebihan yang membuat mereka tetap relevan dan diinginkan hingga saat ini.

Kenapa Mobil Tahun ’90-an Masih Jadi Tren Dalam Dunia Modifikasi?

Memang bila dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran terbaru, mobil tahun ’90-an lebih sering dijadikan “bahan” modifikasi. Alasannya adalah mobil keluaran tahun itu memilili lebih banyak kelebihan untuk dimodif. Berikut adalah beberapa kelebihan mobil 90-an yang membuat mereka tetap menarik:

simak artikel menarik lain tentang modif cumi darat

1. Konstruksi yang Kokoh

Mobil 90-an dibangun dengan konstruksi yang solid dan tahan lama. Baja dan bahan lain yang digunakan pada masa itu memberikan keandalan dan ketahanan yang baik terhadap keausan dan benturan. Keandalan ini berkontribusi pada umur panjang, sehingga tren modifikasi mobil tahun 90-an masih terus ada.

simak artikel menarik lain tentang mobil sport tahun 90an

2. Kemudahan Pemeliharaan

Mobil-mobil 90-an dirancang dengan kemudahan pemeliharaan sebagai prioritas. Kebanyakan suku cadang dan komponen masih tersedia di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, desain yang lebih sederhana dan kurangnya kompleksitas teknologi memudahkan perbaikan dan pemeliharaan mobil secara umum. Ini adalah kelebihan besar bagi pemilik mobil yang ingin melakukan perawatan rutin dan perbaikan sendiri.

3. Desain Klasik yang Atraktif

Mobil-mobil 90-an menawarkan desain yang klasik dan menarik. Mereka memiliki elemen-elemen desain yang khas, seperti sudut yang tegas, garis-garis yang tegas, dan bentuk yang aerodinamis. Desain ini memberikan pesona retro yang diminati banyak orang hingga saat ini. Mobil-mobil ini sering menjadi daya tarik bagi penggemar mobil klasik atau kolektor yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan mobil bersejarah.

4. Fitur-fitur Standar yang Terbilang Lengkap

Meskipun mungkin tidak seterang atau sekompleks fitur-fitur pada mobil modern saat ini, mobil-mobil 90an memiliki fitur-fitur standar yang dianggap canggih pada masanya. Fitur-fitur seperti power steering, power windows, central locking, AC, dan radio CD player sudah umum ditemui pada mobil-mobil tahun 90an.

Beberapa model bahkan dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan seperti airbag dan rem cakram. Meskipun tergolong sederhana, fitur-fitur ini masih memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Sebelum Modifikasi Mobil, Pemula Wajib Ikuti Tips Ini

Deretan Mobil Tahun ’90-an yang Jadi Tren Modifikasi

Di era 1990-an, terdapat beberapa mobil yang sering dimodifikasi oleh para penggemar mobil. Berikut ini adalah beberapa contoh mobil tahun 90-an yang populer untuk dimodifikasi:

Modifikasi Honda Civic generasi ke-4.

Modifikasi Honda Civic generasi ke-4. (Sumber: Kompas)

1. Honda Civic

Honda Civic generasi ke-4 (1992-1995) dan generasi ke-5 (1996-2000) sangat populer di kalangan modifikator. Mobil Honda ini memiliki platform yang solid, serta tersedia dalam berbagai model seperti hatchback dan sedan. Civic ini sering dimodifikasi dengan penggantian mesin, pembaruan eksterior, perubahan suspensi, dan peningkatan performa.

Modifikasi Toyota Supra generasi ke-4.

Modifikasi Toyota Supra generasi ke-4. (Sumber: AutonetMagz)

2. Toyota Supra

Toyota Supra generasi ke-4 (1993-2002) adalah salah satu mobil ikonik tahun ’90-an. Di Indonesia memang jarang orang memiliki Toyota Supra, tapi di luar negeri cukup banyak orang yang memiliki dan memodifikasi mobil sport dari Toyota ini.

Mobil ini memiliki potensi besar dalam hal modifikasi performa. Mobil ini dibekali dapur pacu mesin 2JZ yang sangat terkenal. Banyak pemilik Supra melakukan upgrade pada mesinnya, seperti memasang turbocharger, intercooler, dan sistem bahan bakar yang lebih baik. Selain itu, perubahan pada bodi dan interior juga sering dilakukan.

Modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution.

Modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution. (Sumber: Pinterest)

3. Mitsubishi Lancer Evolution

Lancer Evolution atau sering disebut “Evo” adalah mobil rally yang juga menjadi favorit para modifikator. Generasi ke-3 (1995-1999) dan ke-4 (1996-2001) Evo sangat populer di kalangan mereka yang suka bermain dengan performa mobil. Evo sering dimodifikasi dengan peningkatan tenaga mesin, sistem suspensi yang lebih baik, dan peningkatan aerodinamika. Mobil Mitsubishi ini juga menjadi salah satu yang terlaris pada masanya.

Toyota Starlet.

Toyota Starlet. (Sumber: Cintamobil)

4. Toyota Starlet

Bagian bodi yang memiliki status NOS (New Old Stock) menjadi ciri khas. Seperti lampu depan genuine part NOS, lampu sein genuine part NOS, kombinasi lampu rem belakang genuine NOS, bahkan bumper belakang juga dalam kondisi NOS.

Selanjutnya, seluruh bodi Toyota Starlet dihapus total dan dicat ulang dengan warna silver metalik. Tidak hanya itu, seluruh bodi juga mendapatkan lapisan clear coat permanen dengan tampilan semi wetlook.

Kemudian untuk velg, Toyota Starlet menggunakan velg Brabus Monoblock III yang juga dikenal sebagai Monti dengan ukuran 17×8 inci. Kemudian velg Monti tersebut dipasangkan dengan ban Toyo Proxes 205/40R17.

Baca juga: 10 Head Unit Android Terbaik 2023

Toyota Great Corolla.

Toyota Great Corolla. (Sumber: HSR Wheel)

5. Toyota Great Corolla

Toyota Great Corolla menjadi salah satu mobil yang cukup populer dengan gaya modifikasi South Style. Dalam hal velg, pilih velg yang dikenal sebagai Alpha ‘Robot’, yang sebenarnya dirancang untuk mobil Eropa seperti Mercedes-Benz. Velg ini memiliki ukuran 18×8 inci dan PCD-nya adalah 5×112, sedangkan Toyota Great Corolla memiliki PCD 4×100, sehingga perlu dilakukan proses bubut.

Untuk sistem suspensi, menggunakan shockbreaker original Greco. Bagian depan tetap menggunakan shockbreaker aslinya, sedangkan bagian belakang menggunakan yang berasal dari Absolute Corona.

Grill Toyota Great Corolla dipasangkan dengan versi yang dilengkapi dengan foglamp Hella. Untuk bagian kabin, jok Recaro LX-B dipasang pada interior Toyota Great Corolla, lengkap dengan dumper headrest Recaro asli. Selain itu, stir Nardi juga sudah dipasang bersama dengan headunit Alpine 9887. Sebagai tambahan, equalizer ‘stik kobra’ Otani turut digunakan.

Mitsubishi Galant 'Hiu'.

Mitsubishi Galant ‘Hiu’. (Sumber: otomotifnet)

6. Mitsubishi Galant ‘Hiu’

Mitsubishi Galant adalah sedan klasik yang terkenal dengan kecepatan yang tinggi. Seperti Lancer yang sering digunakan dalam balapan, Galant juga memiliki semangat reli di dalamnya.

Karena sering digunakan dalam reli, baik Lancer maupun Galant mengalami modifikasi agar terlihat lebih keren saat digunakan. Galant hadir sebagai pengganti Eterna yang sukses dan pensiun pada tahun 1993.

Dalam hal modifikasi, mobil yang satu ini melibatkan penggunaan bumper depan dan belakang yang lebih agresif, samping rok, dan spoiler atap. Selain itu, mengganti velg standar dengan velg yang lebih besar. Kemudian juga, suspensi yang lebih rendah (lowering) dapat digunakan untuk memberikan tampilan yang lebih agresif.

Baca juga: Daftar Kontes Modifikasi Terkenal di Dunia, Nomor 1 Ada di Indonesia

Akesoris Modifikasi yang Populer di Tahun ’90-an

Anak-anak gaul tahun 1990-an pasti akrab dengan dunia modifikasi mobil. Mereka memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai aksesoris yang bisa meningkatkan tampilan dan kinerja kendaraan mereka. Beberapa aksesoris yang sangat populer pada masa itu adalah:

Ujung knalpot Remus.

Ujung knalpot Remus. (Sumber: Aliexpress)

1. Ujung Knalpot Remus dengan Logo Kepala Serigala

Modifikasi bagian knalpot mobil menjadi salah satu tren yang paling booming saat itu. Knalpot Remus dengan logo kepala serigala menjadi salah satu aksesoris yang diidamkan oleh anak-anak gaul di tahun 1990-an. Aksesoris ini tidak hanya memberikan tampilan yang keren, tetapi juga memberikan suara knalpot yang sporty dan mempesona.

2. Kaca Film Sparta Anti-Gores

Kaca film Sparta anti-gores sangat diminati karena memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UV dan panas matahari. Selain itu, kaca film ini juga tahan terhadap goresan, sehingga menjaga tampilan jendela mobil tetap bersih dan jernih.

Velg mobil Antera.

Velg mobil Antera. (Sumber: Carousell)

3. Velg Mobil Antera atau Alpina

Tren modifikasi velg mobil juga tidak kalah marak. Velg mobil Antera atau Alpina menjadi tren di kalangan anak-anak gaul tahun 1990-an. Velg ini terkenal dengan desain yang elegan dan sporty, serta memberikan kesan mewah pada mobil.

Baca juga: Tips Membeli Velg Asli Tapi Bekas yang Aman

Velg mobil Alpina.

Velg mobil Alpina. (Sumber: Tokopedia)

4. Steer Racing dan Injakan Pedal Momo

Steer racing dan injakan pedal Momo memberikan nuansa balap yang memikat. Dengan material yang berkualitas dan desain yang ergonomis, aksesoris ini meningkatkan kenyamanan dan kontrol saat mengemudi.

Steer Racing Momo.

Steer Racing Momo. (Sumber: Bukalapak)

5. Sayap di Bagasi Belakang dan Spoiler Depan Belakang

Ini bagian dari modifikasi mobil yang sangat sering diterapkan, terutama untuk mobil sedan. Sayap di bagasi belakang dan spoiler depan belakang menjadi pilihan favorit anak-anak gaul yang ingin memberikan sentuhan aerodinamis pada mobil mereka. Selain menambah tampilan yang sporty dan keren, aksesoris ini juga memberikan peningkatan downforce untuk stabilitas mobil saat berkendara.

Jok Recaro.

Jok Recaro. (Sumber: Otomania)

6. Jok Recaro

Jok Recaro merupakan pilihan yang populer untuk meningkatkan kenyamanan dan estetika interior mobil. Dengan kualitas yang tinggi dan desain yang menawan, jok Recaro memberikan penampilan yang elegan dan penopang yang nyaman saat mengemudi.

Baca juga: Cara Bersihkan Jok Kulit pada Mobil

Sound system Rockford Fosgate.

Sound system Rockford Fosgate. (Sumber: Shopee)

7. Sound system Rockford Fosgate, Speaker JBL, dan Tape Kenwood atau Alpine

Sound system menjadi salah satu aksesoris yang paling penting bagi anak-anak gaul di tahun 1990-an. Merek seperti Rockford Fosgate, JBL, Kenwood, dan Alpine menjadi favorit untuk meningkatkan pengalaman audio di dalam mobil. Speaker berkualitas tinggi dan sistem tape yang canggih memberikan suara yang jernih dan detail yang memuaskan.

Baca juga: Kenapa Disebut Cumi-cumi Darat? Apa Efeknya Pada Mesin Diesel?

 

 

Sumber: Blackxperience.com & Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!