Connect with us

Hi, what are you looking for?

Modifikasi

Mengenal BMW R90S dan Keunggulan Yang Menarik

Fenomena mengenai motor BMW R90S sudah menjadi ruang kehormatan dalam ajang bergengsi Isle of Man TT di tahun 2016

Autos.id  –  Disana, BMW Motorrad menampilkan sportbike BMW R90S dengan memenangkan kelas 1.000 cc  sejak lama yaitu pada tahun 1976. Waktu itu, BMW R90S dikendarai oleh pembalap Helmut Dahne ketika dia berusia 71 tahun. Acara ini menjadi hal yang penting bagi BMW Motorrad. Hal ini dikarenakan itulah pertama kalinya, mereka memenangkan balapan jalan raya tertua dan berbahaya di dunia pada tahun 1976.

Sedangkan, produksi BMW R90S sudah ada sejak 1973 yang digunakan Helmut sebagai produk pertama dengan genre superbike. Faktanya, Helmut adalah seorang mekanik sehingga mereka mengubah R90S.

Kreasi Menarik dalam BMW R90S sehingga Terlihat Berbeda 

Modifikasi menjadi sportbike standar yang dihadirkan dengan fairing minimal, pijakan kaki di mundurkan, memperbaiki jok pendek dan mesin boxer. Sedangkan, daya yang ditingkatkan menjadi 76 daya kuda  dengan model standar 67 daya kuda sehingga kecepatan tertinggi dapat mencapai 200 km/jam.

R90S dibuat lebih ringan 30 kg daripada versi jalan raya. Selain penggunaan pegas lebih empuk, dan juga mesin yang sedikit dimodifikasi. Tak lupa penampilan dengan gaya elegan Helmut sendiri, baju balap merah dengan garis-garis putih yang mencolok yang menjadi brand.

BMW R90s

Saat mencoba untuk latihan, walaupun sempat mengalami kesulitan teknis, ketika rekan setim yang baru direkrut Otto Butenoat. Ceritanya, intake manifold meleset ke kanan karena longgar namun dapat dipecahkan dengan mengelem kedua komponen dan diganti dengan bracket mounting karburator yang lebih fleksibel. Helmut dan Otto memenangkan kejuaraan di kelas 1.000 cc produksi.

Perkembangan Mendalam Dari BMW R90S Dibandingkan Sebelumnya

Beemer retro merupakan sesuatu yang menampilkan desain yang keren, keandalan anti peluru dengan kinerja sehalus sutra. Namun berjalannya waktu, House of Munich sudah memproduksi lusinan mesin salah satu yang bisa kita temukan adalah R90S. Bukan hanya itu ada varian menarik yang merubah BMW 1974.

Model ini diciptakan oleh powerplant boxer-twin 898cc dengan pendingin udara yang dilengkapi karburator Dell’Orto ganda dan dua katup per kepala silinder. Tapi ada cerita tentang pabrik berlawanan secara horizontal dengan membanggakan diri melalui rasio kompresi yang sehat kurang cocok dari 9,5:1. Sedangkan pada 7.000 rpm, pabrik ini sudah menghasilkan hingga 67 hp dengan output torsi 56 pound-feet (76 Nm) yang disuplai pada sekitar 5.500 putaran.

Sedangkan pada transmisi lima kecepatan, kemampuan ini dilakukan untuk mengarahkan gaya ke roda belakang melalui final drive poros dengan menghasilkan kecepatan tertinggi 124 mph (200 kph). The R90S mampu mempercepat dari nol sampai 62 mph (0-100 kpj) dalam 4,8 detik, untuk menyelesaikan sprint seperempat mil dalam 13,3 kutu.

BMW R90s 1975

Sedangkan untuk merawat sepeda dengan kaca depan baru dan lapisan cat baru, maka kita perlu melanjutkan dalam membangun kembali roda menggunakan jari-jari baja tahan karat. Kemudian, pelek diselimuti sepasang ban Metzeler dengan cengkeraman yang cukup di aspal. Rem mengalami perubahan menyeluruh, sedangkan peredam kejut asli diganti  alternatif Ikon modern.

Mesin dua silinder dikirim ke mekanik untuk perbaikan menyeluruh, sehingga menyimpulkan peningkatan kinerja. Hal ini membuat tawaran tertinggi untuk ’74 MY R90S dinilai hanya $3.000, kemudian ia mengirimkan tawaran dengan mengunjungi situs web BaT( Bring A Trailer )

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Last updated on 26 April, 2021Setelah akhir tahun lalu BMW Motorrad Indonesia resmi menghadirkan BMW R 18, kali ini giliran varian R18 Classic diboyong...

Komunitas

Zoleka Social Act, merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meringankan masyarakat yang terdampak Covid-19. Diikuti oleh Founder Zoleka, Irene Ridjab dan tim....

Komunitas

Last updated on 11 Agustus, 2020Karawang, Autos.id  –  Bertajuk “Sharing Happiness”, Zoleka sebuah brand lokal untuk produk riding gear yang berdiri tiga tahun silam...

Tips

Buat kamu yang pajak kendaraannya habis di tengah pandemi corona, enggak perlu khawatir. Bayar pajak kendaraan bisa dilakukan secara online, kok. Soalnya seperti yang...