Modifikasi

Kenalkan ! 6 Aliran Modifikasi Motor

Ada berbagai macam aliran modifikasi motor yang sedang trend saat ini. Semua punya ciri khas sendiri-sendiri, namun sesuaikan modifikasi yang ada dengan karakter tunggangan masing-masing.

Jakarta, Autos.id – Sekarang ini sudah banyak motor yang berkeliaran di jalan-jalan telah disentuh berbeda dengan cara modifikasi. Dan modelnya pun beragam, dari mulai motor matik, sampai big bike alias motor gede (moge).

Modifikasi dari sepeda motor dari kondisi standard menjadi lebih menarik dan menyesuaikan selera sering juga disebut custom. Untuk memodifikasi motor itu sendiri, banyak sekali aliran atau jenis yang dapat dipilih. Kadang kita sampai bingung menentukan motor kita mau di modifikasi seperti apa.

Disini Autos.id akan memberikan setidaknya enam aliran modifikasi motor :

Bobber

Dari segi namanya, mungkin Kawan Autos asing dengan namanya, tetapi ternyata modifikasi aliran Bobber lebih dahulu lahir daripada Chopper. Aliran Bobber mempunyai prinsip yang sama dengan Chopper, yaitu memotong beberapa bagian, namun perbedaannya ada pada aliran Bobber tetap mempertahankan chasis standar. Ciri utama modifikasi aliran Bobber terdapat pada bagian roda yang cenderung menggunakan profil ban gendut baik untuk depan maupun belakang.

Chopper

Istilah Chopper pertama kali keluar pada tahun 1960-an di Amerika Serikat karena trend dari film “Easy Riders” yang menampakkan motor Harley Davidson tipe Pan Head. Modifikasi chopper secara umum bisa dikenali dari bentuk sudut kemudi (stang) yang agak menjulur ke depan, desain tangki bahan bakar yang minimalis, roda belakang lebih besar daripada depan, suspensi belakang rigid.

Hotrod

Aliran Hotrod biasanya diterapkan oleh para pecinta muscle car. Big block, mobil klasik dengan mesin yang bertenaga, biasanya diadu di lintasan drag. Untuk komunitas biker sendiri modifikasi Hotrod biasanya menampilkan cat yang gahar, kebanyakan hitam doff dengan aksen merah atau putih.

Cafe Racer

Aliran modifikasi CafeRacer sudah dikenal sejak tahun 1950-an di Inggris, dan mulai merambah Indonesia medio 2011. Modifikasi ini mengadopsi tampilan dari motor balap klasik, dengan menggunakan stang tipe jepit, jok yang rendah dengan buntut yang melengkung ke atas, tanki bahan bakar yang minimalis.

Jap Style

Aliran modifikasi Jap Style merupakan salah satu gaya modifikasi asli Jepang yang dipengaruhi motor sport keluaran tahun 1970-an. Dengan gaya klasik, membuat banyak penikmat motor yang memodifikasi motornya menggunakan aliran ini, karena aliran ini cenderung nyaman untuk dikemudikan dijalanan. Menggunakan ban besar dan lebar, tangki bahan bakar yang mengecil, jok yang lebih kecil dan posisinya lebih rendah dari tangki bahan bakar. Motor aliran Jap style menggunakan stang model semi hanger dan lampu depan yang kecil.

Thailook Style

Thailook Style merupakan aliran modifikasi motor yang berkiblat ke negara Gajah Putih. Sudah banyak yang menerapkan Thailook pada motor tunggangan, dikarenakan aksesoris penunjang yang mudah didapatkan, sehingga mudah untuk merombak motor ke modeThailand ini. Ciri utama Thailook ini ada pada sektor kaki-kaki, umumnya menggantikan velg standar dengan ukuran 16-17 inci, gaya yang simple, trendy, eye catching.

Dari modifikasi di atas, mana yang menarik minat Kawan Autos?

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top