Modifikasi

Decal Water Printing Bikin Desain Motor Lebih Eksklusif

Decal Water Printing

Decal Water Printing merupakan teknik pengecatan bodi motor maupun helm yang mirip decal cutting sticker namun menggunakan media air.

Jakarta, Autos.id – Dunia otomotif selalu dipenuhi dengan ide kreatif yang menciptakan marketnya sendiri. Imam Syaroni, pemilik bengkel Ronita Digital Printing misalnya yang menciptakan pemasangan stiker dengan teknik Decal Water Printing yang membuat motor dan helm menjadi lebih unik dan ekslusif.

Roni mengungkapkan teknik Decal Water Printing merupakan teknik pemindahan gambar dari digital ke bodi motor atau helm dengan media air dingin sehingga menempel dan menyatu dengan bodi motor atau helm tersebut.

“Kita memindahkan teknik yang dilakukan di pabrik decal yang biasa melakukan teknik yang sama untuk helm”

“Kita memindahkan teknik yang dilakukan di pabrik decal yang biasa melakukan teknik yang sama untuk helm.  Kita mencoba menghadirkan custom dengan pola berbeda dalam dunia otomotif,” kata pria yang akrab disapa Roni ini pada wartawan di IIMS JIEXPO, Kemayoran Jakarta Pusat.

Decal Water Printing

Terinspirasi dari Decal Pada Helm

Custom versi pabrik ini, menurutnya lebih efisien dalam sisi waktu pengerjaan dan harga jika dibandingkan dengan airbrush. Meski airbrush mungkin tahan lebih lama dibandingkan dengan Water Decal Printing. Namun pola digital yang disematkan pada objek seperti motor atau helm bisa bertahan dua hingga tiga tahun.

Proses Decal Water Printing, jelas Roni terdiri dari beberapa tahap diantanya desain pola, memindahkan gambar pola ke media stiker kemudian menggunakan air untuk membuat reaksi pada stiker lalu ditempel pada objek, setelah itu dilakukan verish.

Roni menambahkan dibandingkan dengan penempelan stiker, Decal Water Printing lebih rapi, presisi dan stikernya tidak bergeser meski terkena panas. “Jadi kalau tempel stiker kan lama kena panas lemnya bisa memuai dan polanya bergeser. Kalau Decal Water Printing polanya tidak akan bergeser,” terangnya.

Harga pembuatan Decal Water Printing bervariasi dipatok sesuai dengan tingkat kesulitan desain dan objek. Untuk motor sport full body harga pemasangan Rp 5,5 juta, Motor bebek Rp 3,5 juta, Helm dikisaran Rp 650 hingga Rp 1,5 juta.

Di bengkel Ronita Digital Printing, yang berlokasi di Jl Raya Buaran Viktor-BSD Gang Mawar No 121, Serpong, Kota Tangerang Selatan, sejumlah motor dan helm pembalap nasional ternama sudah pernah digarap seperti motor Yamaha R15 milik Rey Ratukore dan helm Wisnu Aji .

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top