Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Penyebab Mobil Overheat, Cek 3 Komponen Ini

Kondisi mesin yang mengalami overheat seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil. Terlebih lagi jika masalah overheat ini terjadi pada saat sedang melakukan perjalanan jauh.

Gejala overheat ini banyak penyebabnya, tetapi penyebab utama mengapa mesin mobil overheat antara lain seperti mobil yang jarang melakukan perawatan, kondisi cuaca, atau usia mobil yang sudah terlalu tua.

Tenaga mobil yang tidak responsif lagi, suara aneh pada mesin, dan yang paling sering, indikator panas mesin yang bergerak naik sangat cepat merupakan beberapa sinyal dari mobil yang mengalami overheat. Jika mobil sudah mengalami gejala ini, sebaiknya segera menepikan kendaraan lalu matikan mobil agar suhu mesin turun.

Jika kondisi overheat ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka mesin mobil akan mengalami kerusakan dan yang paling parahnya, mobil bisa terbakar.

Oleh karena itu, untuk mengetahui mengapa mesin mobil bisa overheat dalam waktu singkat, perhatikan 3 komponen berikut yang menyebabkan mobil cepat sekali mengalami overheat:

1. Cairan radiator

Jika mesin mobil cepat sekali mengalami overheat, cairan radiator bisa jadi adalah penyebabnya. Selalu pastikan cairan radiator berada di volume optimalnya, tidak berkurang ataupun berlebih. Jangan lupa, perhatikan selang radiator apakah dalam kondisi baik. Selain itu, perhatikan juga bagaimana keadaan overflow tank.

2. Thermostat

Thermostat punya fungsi yang krusial agar mobil tidak cepat mengalami overheat, yaitu untuk menjaga suhu mesin agar optimal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika thermostat mengalami masalah, seperti tidak mau membuka atau tersangkut, maka hanya sedikit cairan radiator yang terdistribusi. Cairan radiator yang tidak terdistribusi dengan baik ini jadi penyebab mesin mobil cepat mengalami overheat.

3. Kipas mesin

Kipas mesin sendiri berfungsi untuk mendinginkan mesin dengan cara menghisap udara dari luar melalui radiator untuk mendinginkan cairan radiator. Jika kipas mesin ini mati, maka radiator akan cepat panas karena tidak adanya pasokan udara yang melewati radiator. Apabila mobil cepat sekali mengalami overheat ketika sedang berada di jalan yang macet, bisa dipastikan bahwa kipas mesin mengalami masalah.

Baca juga: Tips Mencegah Overheat Pada Rem Cakram Motor

Jika ketiga komponen di atas sudah mengalami masalah. sebaiknya bawa mobil ke bengkel terdekat agar gejala overheat ini tidak terjadi lagi. Selain mengurangi performa dari mobil dan bisa merusak mesin, overheat juga bisa menimbulkan kebakaran pada mobil. Jadi, selalu cek ketiga komponen ini ketika mobil cepat sekali mengalami overheat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Menjadi sorotan dalam sepekan terakhir karena pernyataan kontroversial, Cristiano Ronaldo malah beli mobil baru. Autos.id – Masih jadi sorotan publik sepak bola dengan pernyataan...

Mobil

Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar baterai mobil listrik tidak boros saat digunakan Setiap jenis kendaraan pastinya membutuhkan sumber energi untuk bisa berfungsi...

Berita Otomotif

Suzuki membuat gebrakan dengan meluncurkan mobil MPV baru dengan harga sangat murah. Autos.id – Suzuki Eeco yang merupakan mobil MPV terbaru besutan Maruti Suzuki...

Berita Otomotif

Lexus dan Adidas melakukan kolaborasi yang menghasilkan mobil edisi spesial Wakanda. Autos.id – Lexus yang merupakan produsen mobil asal Jepang melakukan kolaborasi dengan salah...