Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Nissan Livina Produksi Indonesia Resmi Meluncur Di Filipina

Nissan Livina Buatan Indonesia Resmi Meluncur Di Filipina

Nissan Livina yang baru saja diperkenalkan merupakan unit rakitan Indonesia yang memiliki basis tampilan serta varian yang mirip dengan yang ada di tanah air.

Autos.id – Nissan Livina bisa dibilang merupakan sebuah Low MPV yang sebenarnya cukup potensial. Terlebih di generasi terbarunya mengambil basis dari Mitsubishi Xpander yang juga diklaim sebagai salah satu LMPV terbaik. Namun memang sayangnya popularitasnya kalah mentereng dengan saudara tuanya tersebut. Meskipun begitu, Nissan Philippines Inc (NPI) baru saja meluncurkan Livina “Made In Indonesia” tersebut di negara tersebut.

Bahkan varian atau trim yang dijual Nissan Filipina pada Livina ini hadir dengan trim atau varian yang sama persis dengan yang dijual di Indonesia.

Nissan Livina Buatan Indonesia Resmi Meluncur Di Filipina

Nissan Livina Made In Indonesia

Seperti yang dilansir oleh Autoindustriya.com, Nissan Livina yang diperkenalkan di Filipina ini bisa dibilang masih memiliki wujud yang sama persis dengan yang ada di Indonesia. Bahkan nama “Grand” yang sebelumnya juga pernah digunakan untuk nama Grand Livina kini juga dihilangkan untuk lebih menguatkan citra nama Livina itu sendiri seperti yang diutarakan Manuel Hoyos selaku Presiden Nissan Philippines Inc (NPI).

Secara tampilan, Nissan Livina masih memiliki tampilan yang sama persis dengan Nissan Livina spek Indonesia. Nissan Filipina sendiri menghadirkan Livina terbaru ini juga dalam 4 varian berbeda yaitu E MT, EL AT, VE AT, dan VL AT. Bahkan perbedaan tampilan dari setiap varian ini juga sama persis dengan yang ada dengan versi Indonesia.

Untuk varian E masih menggunakan velg kaleng 15 inch sedangkan varian EL menggunakan velg alloy yang juga berukuran 15 inch. Sedangkan untuk varian VE dan VL sudah menggunakan velg dual tone berukuran 16 inch. Perbedaan utama antara VE dan VL yaitu adanya lapisan chrome di spion dan handle pintu khusus varian VL. Sedangkan varian VE masih menggunakan handle pintu dan spion sewarna body seperti di varian E dan EL.

Nissan Livina Buatan Indonesia Resmi Meluncur Di Filipina

Lalu sama seperti dengan yang dijual di Indonesia, Nissan Livina versi Filipina juga masih dilengkapi dengan lampu LED DRL yang ada pada alis atas mobil. Sedangkan cluster tengah dan bawah depan mobil masih berupa reflector halogen standard. Serta lampu belakang atau stop lamp mobil ini yang masih mempertahankan ciri khas V yang cukup unik dengan lampu LED. Nissan juga tetap mempertahankan grill V Motion Grill khas Nissan yang masih sama dengan versi Indonesia.

Berlanjut ke bagian interior, hampir tidak ada yang berubah dengan versi Indonesia kecuali kini menggunakan konfigurasi stir kiri dibandingkan stir kanan seperti yang digunakan di Indonesia. Perlu diperhatikan bahwa karena Nissan Livina belum mengalami Facelift maka dashboard yang digunakan masih sama persis dashboard Mitsubishi Xpander sebelum Facelift.

Lalu berbicara mengenai fitur seperti fitur safety, Nissan Livina paling tidak sudah dilengkapi dengan 2 Airbag, rem ABS, EBD, BA, VDC atau Traction dan Stability Control, Hill Start Assist, Kamera mundur sudah menjadi fitur safety standard. Untuk fitur lainnya yang hadir pada mobil ini seperti Head Unit OEM yang sudah support Apple CarPlay dan Android Auto, 6 speaker, serta untuk varian tertingginya sudah menggunakan jok kulit dan Keyless Entry lengkap dengan Engine Start Stop.

Nissan Livina Buatan Indonesia Resmi Meluncur Di Filipina

Berbicara mengenai mesin, Nissan Livina spek Filipinan ini masih dibekali dengan mesin 1.500 cc, 4 silinder berkode 4A91. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 104 Ps dan torsi 141 Nm, berpenggerak roda depan dengan pilihan transmis manual 5 speed dan otomotis 4 speed konvensional yang masih sama mengingat Nissan Livina sendiri belum melakukan Facelift seperti Mitsubishi Xpander yang setelah Facelift sudah menggunakan transmisi CVT.

Untuk harga sendiri, Nissan Livina dijual mulai dari harga 1.029.000 Peso atau setara Rp 268 jutaan untuk varian terendah E MT hingga 1.209.000 Peso atau setara Rp 315 jutaan untuk varian tertinggi VL AT. Bila dibandingkan dengan Nissan Livian versi Indonesia, di tanah air mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp 257,4 juta untuk varian terendah EL MT yang menggantikan posisi E MT sebagai varian terendah di Indonesia hingga Rp 301 juta untuk varian VL AT.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga