Mobil

New Mitsubishi Triton Jalani Debut di Negeri Gajah Putih

Mitsubishi pernah memberikan kode kehadiran Triton terbaru melalui gambar siluet fascia depan di laman resminya. Kemarin (9/11), New Mitsubishi Triton akhirnya resmi diluncurkan di Thailand.

Autos.id – Jika Anda masih ingat, pada gambar siluet Triton terbaru yang pernah ada di laman resmi Mitsubishi, pasti Anda melihat kalau wajah double cabin legendaris ini jadi tampak sangat mirip dengan Mitsubishi Pajero Sport, yang notabene memang memiliki basis yang sama dengan Triton.

Apa yang diperlihatkan Mitsubishi saat itu ternyata tidak berubah saat Triton terbaru resmi diluncurkan. Wajah Triton baru memang terlihat sangat mirip dengan Pajero Sport. Mitsubishi menyebut bahasa desain pada wajah Triton baru dan Pajero Sport dengan nama Dynamic Shield.

Sejak dulu, Mitsubishi Triton dikenal sebagai sebuah double cabin yang tangguh di medan off-road. Untuk menjaga tradisi itu, Mitsubishi membekali Triton baru dengan sederet fitur off-road canggih seperti  Super Select 4WD yang dapat dipilih untuk memperkuat traksi di berbagai permukaan jalan.

Lalu ada Easy Select 4WD yang memindahkan mode pengemudian di permukaan jalan yang berbeda-beda. Keduanya menggunakan mode off road baru dengan seting gravel, lumpur, salju, pasir dan batu. Mode off road mengatur tenaga mesin, transmisi dan rem.

Wajah New Mitsubishi Triton jadi sangat mirip dengan Pajero Sport

Bukan cuma fitur off-road, New Mitsubishi Triton juga mempunyai banyak fitur keselamatan canggih yang pastinya mampu meningkatkan keamanan saat berkendara. Menariknya lagi, fitur keamanan yang dimiliki New Mitsubishi Triton ini adalah yang jamak ditemui di mobil-mobil kelas atas. Hal itu pastinya mampu memudarkan rasa dan kesan mobil barang pada Triton Baru.

Beberapa fitur keselamatan yang ada pada New Mitsubishi Triton antara lain adalah Front Collision Mitigation (FCM), yang dapat mencegah tabrakan depan dengan kontrol pengereman. Kerja rem terkoneksi dengan kamera dan sistem radar laser untuk mendeteksi mobil dan pejalan kaki di depan. Mobil akan mengurangi kecepatan saat hendak terlibat tabrakan.

Kemudian ada Blind Spot Warning (with Lane Change Assist), yaitu peringatan akan adanya area blind spot yang juga memberi info saat pindah lajur. Selanjutnya ada Rear Cross Traffic Alert (RCTA) untuk memantau kondisi lalu lintas di belakang dan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).

Sebenarnya UMS masih satu rangkaian dengan FCM. Bedanya UMS menghindarkan pengemudi berakselerasi secara tiba-tiba jika ada halangan di depan seperti saat macet. Multi-Around Monitor, layar monitor memberi informasi gambar situasi di sekeliling mobil. Tak ketinggalan Parking Sensors menyediakan peringatan berupa suara dan gambar apakah ada halangan di sekitar mobil saat parkir.

Tampilan belakang New Mitsubishi Triton

Beralih ke sektor dapur pacu, New Mitsubishi Triton mempunyai pilihan mesin diesel dan bensin. Mesin dieselnya mempunyai kode 4N15-type 2.4 L MIVEC turbo diesel. Mesin ini berkapasitas 2.400 cc berteknologi MIVEC Turbo Diesel dengan rasio kompresi 1:15,5.

Untuk pasar Thailand, dibekali dengan rasio kompresi yang lebih rendah, yakni sekitar 1:14,9. Mitsubishi mengklaim mesin ini punya bobot yang lebih ringan karena memakai blok mesin aluminium. Mesin ini diklaim mempunyai tenaga sebesar 178 dk pada putaran 3.500 rpm dan torsi 430 Nm di 2.500 rpm.

Selain tenaga besar, dieselnya diklaim bersih dengan berkurangnya asap dan gas NOx. Untuk pasar Thailand, New Mitsubishi Triton dibekali dengan Auto Stop & Go (AS&G). Teknologi ini dapat membuat mesin mati secara otomatis saat berada di lampu lampu merah.

Mesin bensin yang dipakai New Mitsubishi Triton berkapasitas 2.400 cc dengan kode 4G64. Yang baru dari varian mesin bensin ini adalah transmisi otomatis enam percepatan dengan mode sport. Pilihan transmisi ini menggantikan yang lima percepatan supaya perpindahan gigi bisa lebih halus. Mitsubishi juga mempertahankan pilihan transmisi manual lima atau enam percepatan pada New Triton.

Baca juga: Silakan Nilai, Beginilah Wujud Mitsubishi Delica Terbaru

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top