Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Mercedes Benz Gullwing dengan Alloy Langka Ini Bisa Menjadi Mobil Termahal!

Sudah lebih dari enam tahun sejak Mercedes-Benz Gullwing versi 300SL tahun 1955 berbodi logam alloy ditawarkan di pelelangan secara publik dan hampir 10 tahun sejak satu mobil tersebut terjual.  Namun, hal itu akan berubah segera.

Autos.id  –  Mercedes Benz tipe ini hadir di pelelangan, karena  mobil Gullwings  berbahan aluminium ke-13 dari hanya 24 mobil yang diproduksi pada tahun ’55 akan di Lelang.  Transaksi akan dilaksanakan di rumah lelang Arizona RM Sotheby, Amerika Serikat pada 27 Januari. Namun jelas, mobil ini tidak akan murah.

Rumah lelang ini menyebut  mobil lelang ini sebagai “spesimen unik dan tak tertandingi dengan asal-usul yang menarik,”  Selain itu, mobil ini emiliki perkiraan prapenjualan $7 juta hingga $9 juta. Jika dijual dengan harga yang mendekati kisaran itu, itu akan menjadi Mercedes Benz 300SL Gullwing dengan body allow paling mahal yang pernah dijual.

“Karena kelangkaan dan persaingannya, nilai aluminium Gullwing hampir lima kali lipat dari yang berbadan baja. Sementara 300SL standar sebenarnya cukup umum di antara mobil klasik tujuh digit. Gullwing aluminium adalah salah satu mobil produksi paling langka dari semuanya. Dari penampilan mungkin terlihat sama dengan 300SL berbodi baja. Tetapi dia punya kelas yang berbeda dalam hal nilai,” ungkap editor lelang Hagerty, Andrew Newton.

Harga dan Fitur

Gullwing berbahan alloy adalah Mercedes-Benz paling berharga kedua dalam Katalog Harga Hagerty setelah versi 540K. Sekedar informasi 300SL berbadan baja 1955 memiliki harga sebesar 1,4 juta dollar amerika (Rp 20 miliar). Sementara versi alloy dalam kondisi terawat memiliki nilai rata-rata 6,7 juta dollar amerika (Rp 95 miliar). Rekor harga yang dibayarkan untuk sebuah aluminium 1955 Mercedes-Benz 300SL adalah $4,62M (Rp 66 miliar) di Lelang Scottsdale Gooding & Company 2012. Itu juga contoh terakhir yang terjual.

Secara historis, Gullwing  berbahan dasar alloy adalah gagasan dari kepala teknik Mercedes-Benz Dr. Fritz Nallinger, yang mengusulkan 300SL khusus untuk orang dengan hobi balap. Melengkapi Gullwing dengan panel bodi aluminium dan jendela kabin plexiglass, bobot keseluruhan mobil berkurang 209 pon.  Sehingga, membuatnya kompetitif melawan mobil-mobil balap seperti Aston-Martin DB3S, Maserati A6GCS, dan Ferrari 750 Monza dan 250 GT.

Mobil yang dilelang di Arizona dikirim dari ke Casablanca, Maroko dari agen Mercedes-Benz Joseph Weckerlé. Mobil ini masih mempertahankan mesin balap NSL 3,0 liter yang serasi dengan angka dan bodi aslinya. Karena bodi Gullwings yang terkenal tipis, ringan, dan mudah penyok, hampir semua mobil jenis ini telah dipoles ulang. Namun, model yang dilelang ini paling beruntung, karena restorasi tahun 1975 oleh Paul Russell & Company hanya mencatat perbaikan tegangan aluminium di dalam ruang mesin.

Mengenakan corak pabrikan yang benar dari Silver Grey Metallic (DB 180) di atas kain gabardine biru dengan vinil biru (L1). Mobil ini memiliki fitur pabrik yang diinginkan seperti suspensi sport, gandar belakang 3,42 berkecepatan tinggi, speedometer metrik yang ditingkatkan, perut buncit, dan Roda kemudi. Sebelumya, mobil ini dimiliki selama 32 tahun oleh Hyatt Cheek, presiden nasional Gullwing Group dan MBCA.

Langka

Karena sangat langka, “yang satu ini pasti akan menarik perhatian para kolektor Mercedes,” kata Newton, pemilik lelang. Sangat jarang mobil 300SL Gullwing dengan bahan alloy dilelang. Sehingga, ini bisa menjadi kesempatan sekali seumur hidup untuk memiliki mobil langka ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Last updated on 17 Januari, 2022 Sebuah konsep baru perjalanan darat dengan menghadirkan rancangan teknologi baru untuk diproduksi Stuttgart, Autos.id  –  Jangkauan dan efisensi...

Mobil

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia masih mempertahankan posisi puncak di antara luxury brand otomotif lain di dalam negeri pada tahun 2021 lalu. Jakarta, Autos.id –...

Mobil

Menurut Mercedes Benz, jarak dan efisiensi adalah dua hal yang akan menentukan era mobil listrik. Hal ini tidak heran karena jarak dan tinggi pengeluaran...

Berita Otomotif

Last updated on 12 Januari, 2022 Mengikuti keinginan keluarga Virgil, Mercedes-Benz merasa terhormat untuk memaparkan Project MAYBACH: sebuah kolaborasi pertunjukan mobil listrik yang dirancang...