Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Membangkitkan Nostalgia Toyota Corolla DX Dengan Nafas Gazzo Racing

Membangkitkan Nostalgia Toyota Corolla DX Dengan Nafas Gazzo Racing

Ilustrator render dari Filipina, Andrw Guerreiro baru-baru ini membuat sebuah ilustrasi render dari Toyota Coroola DX yang sempat populer ditahun 80an untuk dibangkitkan kembali dengan nafas Gazzo Racing.

Autos.id – Tidak bisa dipungkiri memang, bahwa tren desain-desain yang mengarah ke retro atau klasik sedang banyak diminati. Pasti anda gak akan lupa dengan Suzuki Jimny JB74 yang desainnya sendiri mengikuti desain Jimny SJ410 yang sangat populer diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Makanya gak heran bahwa yang ingin memiliki Jimny terbaru ini sangat besar hingga menimbulkan inden yang cukup panjang yaitu 4 tahun.

Bahkan ada sebuah mobil Toyota ikonik dimasa lalu yang ingin coba dibangkitkan . Salah satu model mobil ikonik yang coba dibangkitkan lagi yaitu Toyota Corolla DX atau yang dinegara lain lebih dikenal sebagai Toyota Corolla E70 yang merupakan kode body Corolla generasi ini.

Jadi baru-baru ini, seperti yang dilansir Top Gear Philippines, salah satu illustrator dinegara tersebut, Andrew Guerrero membuat sebuah render gambar atau ilustrasi digital bila Toyota Corolla ini dibuat reinkarnasinya. Dalam ilustrasinya tersebut, Andrew memperlihatkan render digital karyanya dengan label Toyora Neo E70 Gazzo Racing atau GR70.

Membangkitkan Nostalgia Toyota Corolla DX Dengan Nafas Gazzo Racing

Dalam hasil render digital yang dibuat Andrew ini seolah memperlihatkan bagaimana jadinya apabila Toyota CorollaDX atau E70 ini dibangkitkan kembali dengan sentuhan modern serta kental sekali dengan nuansa Gazzo Racing yang merupakan divisi balap Toyota terbaru saat ini. Sedan yang sangat populer ditahun 80an ini masih tetap mempertahankan desain mengotak ala desain diera tersebut dengan menampilkan beberapa unsur modern didalamnya.

Gabungan Desain Retro dan Modern

Dimulai dari bagian ekstreiornya, terutama dibagian depan serta belakangnya masih tetap mempertahankan desain lampu mengotak seperti di Corolla DX yang aslinya. Yang membedakan adalah penggunaan lampu LED yang jelas membuat menaikan sedikit citra yang lebih modern dari soal teknologi lampunya tersebut.

Bila berbicara mengenai dimensi mobil ini, bila dibandingkan dengan versi aslinya ditahun 80an, versi render digital yang dibuat oleh Andrew ini sedikit lebih besar. Dimesni panjang mobil ini adalah 4.400 mm, lebar 1.394 mm, dengan wheelbase 2.641 mm. Penggunaan velg 17 inch yangd ibalut dengan ban berukuran 215/45 R17 membuat ciri khas modern yang digabungkan konsep retro ini jadi lebih terasa lagi.

Bila berbicara mengenai desain interior mobil ini, memang tidak diperlihatkan secara gamblang. Tapi yang bisa ditampilkan adalah bagiamana penggunaan dashboard original di Corolla DX dengan menyelipkan unsur-unsur modern juga ingin ditonjolkan. Ditambah lagi karena ini menggunakan spek Gazzo Racing, maka dibuat jadi jauh lebih sporty yang dibalut dalam konsep retro.

 

Membangkitkan Nostalgia Toyota Corolla DX Dengan Nafas Gazzo Racing

Platfrom TNGA dan Mesin Gazzo Racing

Andrew Guerreiro sendiri ingin tetap mempertahankan ciri khas Corolla DX yang original. Yaitu tetap menggunakan platform penggerak roda belakang yang digaubungkan dengan platform Toyota kekinian, yaitu Toyota New Global Architecture atau TNGA yang lebih rigid dengan pengendalian yang lebih sporty. Penggunaan suspense independent MacPherson didiepan serta multilink dibagian belakang akan memberi rasa sporty pada mobil ini.

Penggunaan mesin GR akan semakin tearsa dimobil ini. Dibekali dengan mesin, mobil ini memiliki 2 piliha mesin. Yang pertama adalah mesin NA berbasis M20A-FKS berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga 195 PS dan torsi 210 NM, serta mesin dengan kode A25A-FKS dengan kapasitas 2.5000 dengan tenaga hingga 227 Ps dan torsi 252 NM. Kedua mesin ini menggunakan transmisi manual 6 speed manual serta 6 speed otomatis dengan paddle shift. Akan cukup menarik kalau Toyota benar-benar ingin membangkitkan Toyota Corolla DX ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga