Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Mazda 2 Terbaru Resmi Meluncur, Menjadi Kembaran Toyota Yaris

Mazda 2 Terbaru Resmi Meluncur, Sekarang Menjadi Kembaran Toyota Yaris

New Mazda 2 yang diluncurkan menggunakan basis dari Toyota Yaris terbaru versi global saat ini baru diperkenalkan untuk pasar Eropa.

Autos.id – Bila berbicara mengenai compact hatchback yang paling fun to drive, Mazda 2 merupakan jawabannya. Dengan mesin SkyActive yang memiliki performa yang bagus untuk kelasnya serta bentuk yang sporty membuat Mazda 2 bisa mengganggu beberapa pemain kondang seperti Honda Jazz atau Toyota Yaris. Tapi generasi terbaru Mazda 2 ini membuat anda akan terheran-heran.

Karena Mazda 2 generasi terbaru kali ini bukan buatan Mazda sepenuhnya. Karena generasi terbaru Mazda 2 ini merupakan kembaran atau sharing platform dengan Toyota Yaris versi global.

Kerjasama Toyota dan Mazda

Bagi beberapa orang, mungkin belum banyak yang tahu kalau sebelum kerjasama Mazda 2 dan Toyota Yaris, kedua brand ini pernah melakukan kerjasama. Karena dipasar Amerika, Toyota pernah merebadge Mazda 2 dengan nama Yaris. Kali ini giliran Mazda yang merebadge Mazda 2 mereka dengan satu basis dengan Toyota Yaris terbaru yang sudah mengusung platform TNGA atau Toyota New Global Architecture.

 

Mazda 2 Terbaru Resmi Meluncur, Sekarang Menjadi Kembaran Toyota Yaris

Dilihat secara sekilas bahwa dari eksterior baik dari depan, samping, maupun belakang hampir tidak ada bedanya dengan Toyota Yaris. Dan yang perlu dicermati bahwa Yaris generasi terbaru yang muncul dipasar global berbeda dengan versi Asia Tenggara dan Tiongkok yang masih menggunakan platform lama yaitu XP150. Kode body Yaris terbaru dengan platform TNGA tersebut adalah XP210.

Perbedaan yang benar-benar terasa dari bagian ekesterior adalah jelas dari penggunaan emblem serta logo Mazda. Serta beberapa detail-detail kecil yang tidak terlalu kentara perbedaanya dengan Yaris. Beralih kebagian interior, dahsboad Yaris juga masih digunakan dimana perbedaan yang terasa hanya pada emblem distir yang menggunakan logo Mazda.

 

Menggunakan Mesin Hybrid

Karena Mazda 2 terbaru ini menggunakan platform TNGA dari Toyota, maka Mazda 2 terbaru ini mempunyai pilihan mesin hybrid dari Toyota yang menggunakan mesin 1.500 cc, 3 silinder dengan bantuan motor listrik. Dari mesin standarnya menghasilkan tenaga 91 hp ditambah dengan bantan motor listrik 79 hp. Bila digabungkan maka tenaga yang dihasilkan mencapai 114 Hp.

Dari klaim Toyota sendiri, penggunaan mesin 1.500 cc, 3 silinder hybrid ini menghasilkan performa 0 hingga 100 km/jam dalam 9,7 detik. Tetapi yang paling menakjubkan pastinya adalah konsumsi bbm-nya. Menurut klaim Toyota, bahwa mesin hybrid tersebut bisa memiliki konsumsi bbm mencapai 23 hingga 25 km/liter.

Digenerasi Mazda 2 yang sekarang masih beredar dan menggunakan platform SkyActive, bisa dibilang merupakan mobil yang memiliki performa salah satu yang terbaik ditunjang dengan konsumsi BBM yang bagus. Tetapi dengan menggunakan platform Hybrid ini, akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit lagi. Menarik ditunggu apakah Mazda 2 berbasis Yaris ini juga akan hadir di Jepang atau pasar Asia Tenggara?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Toyota GR Yaris adalah salah satu hatchback paling hot yang pernah dibuat. Mobil ini dibuat mengikuti persyaratan untuk mobil rally WRC. Autos.id  –  Mobil...

Komunitas

Berakhirnya kepengurusan nasional 2020-2022, TYCI menunjuk Regi Ezra Putra sebagai Ketua Umum baru periode 2022 – 2024 Jakarta, Autos.id – Kemarin (Minggu, 19/12) di...

Berita Otomotif

Rencananya versi sedan dari Toyota Yaris dipasar India akan distop produksinya. Kabarnya akan digantikan oleh rebadge dari Suzuki Ciaz dengan nama Toyota Belta dimana...

Balap

Haridarma Manoppo berhasil mengantarkan Toyota Team Indonesia (TTI) kembali tampil sebagai juara balap touring nasional di kelas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1600 MAX....